Wisata Pantai Losari Makassar yang Indah dan Sulit Terlupakan

WisataMenarik.Com, Wisata Pantai Losari Makassar yang Indah dan Sulit Terlupakan – Indonesia memang kaya akan destinasi wisata yang akan selalu penuh pada saat liburan atau high season diisi oleh warga lokal atau turis manca Negara sekalipun. Karena daerah Indonesia yang strategis dan terdiri dari banyaknya pulau atau laut eksotis, Indonesia seperti tidak akan kehabisan tempat wisata. Destinasi wisata yang cukup terkenal seperti Bali, Nusa Dua, Raja Ampat, gunung bromo dan lain-lain.

Indonesia yang wilayahnya terdiri dari ribuan pulau, tentu dikelilingi oleh banyak laut yang mengitari pulau-pulau. Dari sekian banyaknya laut dan pantai yang ada di Indonesia, pantai losari Makassar adalah salah satu pantai yang wajib dikunjungi. Pantai ini sangat indah, dan letaknya yang berada sebelah barat Kota Makassar atau di jalan penghibur, sehingga sangat strategis bagi para turis yang berada di Kota Makassar dan sekitarnya. Karena lokasinya yang cukup strategis ini, masyarakat Makassar juga berusaha membangun peninapan dan fasilitas lainnya di sekitar pantai, agar para wisatawan dapat nyaman untuk tinggal di kawasan Pantai. Penginapan yang ada disekitar pantai juga terbilang cukup murah, dan sangat cocok bagi para backpacker. Selain itu, perlu diketahui jika kawasan pantai losari ini dapat dicapai dari kota menggunakan masyarakat umum, dan bagi para wisatawan yang ingin masuk ke pantai ini tidak akan dipungut biaya, jika para wisatawan membawa kendaraan pribadi, hanya biaya parker saja yang akan dipungut.

Pantai Losari dilihat dari drone

Pantai Losari dilihat dari drone

Pantai Losari Makassar Sebagai Destinasi Wisata yang Harus Kamu Kunjungi

Tidak hanya karena tempatnya yang terlihat indah dan bersih, pantai ini merupakan sarana berkumpul dan tempat hiburan bagi warga Makassar untuk berlibur atau sekedar menghilangkan stress dan lelah. Karena alasan tersebut, pantai ini hampir tidak pernah sepi, selalu ramai baik dari pagi hari sampai malam hari. Waktu yang paling ramai dari Pantai Losari sekitar pukul 3 sore sampai 9 malam, untuk menkmati matahari tenggelam dan hidangan laut enak dan murah. Meskipun Pantai Losari Makassar ini terbilang daerah wisata outdoor lokal, tetapi pantai ini menyediakan fasilitas internet hotspot gratis, tidak perlu login atau membeli produk terlebih dahulu sehingga dapat dirasakan oleh semua orang.

Malam di Pantai Losari dari Drone

Malam di Pantai Losari dari Drone

Tujuan dari orang-orang kota datang ke pantai, biasanya adalah untuk melihat matahari terbit atau terbenam. Pantai Losari dapat menjadi tempat wisata yang cocok, karena pantai ini adalah spot yang cocok untuk melihat matahari terbenam dengan cuaca yang tidak terlalu panas. Memang alasan beberapa orang tidak terlalu suka datang ke pantai adalah karena hawanya yang terbilang panas, tetapi pantai losari tidak demikian, sehingga orang-orang akan nyaman berlama-lama disini terutama fotografer lokal atau turis. Tidak sedikit fotografer yang ingin mengabadikan momen-momen indah di pantai losari Makassar. Selain itu, saat matahari terbit juga pantai losari dapat menjadi spot yang tepat untuk mengabadikan momennya, terutama karena pantainya yang cukup bersih dan terawat.

Menikmati Sunset di Losari

Menikmati Sunset di Losari

 

Pantai Losari di Malam Hari

Pantai Losari di Malam Hari

 

Menikmati Malam di Pantai Losari

Menikmati Malam di Pantai Losari

Sebenarnya Pantai Losari sudah dikenal sebagai spot melihat terbenamnya matahari sejak dulu, sehingga pada sore hari pantai akan penuh dengan wisatawan. Pantai ini dulu dikenal sebagai meja dan warung terpanjang di dunia karena tenda-tenda warung yang berhubungan satu sama lain sepanjang 1km yang berada di sepanjang pantai. Tetapi sekarang tenda warung tersebut sudah dipindahkan ke sekitar pantai Losari, agar tidak mengotori daerah sekitar pantai.

Suasana Malam di Pantai Losari

Suasana Malam di Pantai Losari

Wisata Pantai Losari Makassar Juga Kaya Pilihan Kuliner

Pantai losari Makassar juga kaya akan kuliner lezat dan bermacam-macam yang selalu penuh akan wisatawan. Tetapi menu utama yang dicari oleh para wisatawan adalah pisang epe, yaitu pisang mentah digeprek yang nantinya dibakar dan disajikan dengan semacam kuah air gula merah yang diencerkan. Pisang epe sangat lezat dimakan selagi hangat, dan akan lebih nikmat lagi dimakan sambil menikmati tenggelamnya matahari. Selain pisang epe, terdapat juga makanan kuliner yang cukup legendaris yaitu Coto Makassar, yang sangat disukai warga Makassar. Terbuat dari jeroan sapi yang empuk karena direbus cukup lama, dan dibumbui dengan bumbu racikan khas yang akan membuat orang-orang yang mencobanya ketagihan.

Pisang Epe di pantai Losari

Pisang Epe di pantai Losari

 

Pantai Losari di Malam Hari

Pantai Losari di Malam Hari

Tidak hanya digunakan sebagai tempat wisata dan kuliner, pantai losari Makassar juga sering dipakai sebagai tempat olahraga terutama jogging. Berbeda dengan penatnya udara panas kota besar, orang-orang akan lebih nyaman jogging di pantai Losari karena udaranya yang sejuk dan anginya berhembus sepoi-sepoi yang membuat tubuh nyaman.

Suasana Malam di Pantai Losari

Suasana Malam di Pantai Losari

Perlu diketahui, pantai Losari ini tidak mempunyai Pasir seperti pantai lainnya, sehingga para wistawan tidak akan bisa bermain pasir. Selain itu, orang-orang tidak bisa berenang di tepi pantai Losari, hal ini dikarenakan, dari tepi pantai laut sudah sangat dalam berbahaya bagi orang-orang yang ingin berenang, hal ini juga dapat terlihat dari dibangunnya tanggul beton yang dibuat untuk menahan derasnya ombak, Selain itu, orang-orang juga sering memancing ikan di tepi tanggul beton. Tetapi, bagi para wisatawan yang ingin merasakan water sports pantai losari menyediakan wahana dan alat-alatnya seperti perahu, banana boat, dan sepeda air.

Salah satu bangunan iconic yang membuat Pantai Losari jadi unik dan menarik adalah dibangunnya pantai di kawasan pantai dengan 2 menara dan 2 kubah. Yang membedakan dengan masjid tepi pantai lainnya adalah karena masjid ini termasuk masjid terapung. Masjid ini bernama masjid amirul Mukminin, sudah menjadi salah satu ikon wisata religi Makassar dan Indonesia yang dibangun cukup kuat dan dapat menampung hingga 400 orang. Selain itu masjid ini juga cukup terkenal di kalangan turis manca Negara, terutama Asia Tenggara karena merupakan masjid terapung pertama di kawasan Asia Tenggara. Sehingga bagi para wisatawan muslim yang sedang berada di kawasan pantai dan ingin beribadah, tidak usah jauh-jauh mencari masjid. Orang-orang yang datang pasti akan nyaman datang ke masjid ini karena tempatnya yang bersih dan nyaman.

Masjid Terapung Amirul Mukminin

Masjid Terapung Amirul Mukminin

Bagi para wisatawan yang ingin datang ke Pantai Losari Makassar, ada rute yang dapat ditempuh jika menggunakan kendaraan pribadi.  Lokasi Pantai Losari yang strategis, dapat dengan mudah didatangi dari bandara Hassanudin, dengan waktu sekitar 50 menit. Selain itu, wisatawan yang melalui pelabuhan Soekarno Hatta juga dapat datang ke Pantai Losari dengan waktu sekitar 20 menit.

Selain itu, para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Losari juga seringkali mengunjungi Pulau Kayangan yang jaraknya tidak jauh dari Pantai Losari. Bagi para wisatawan yang ingin menikmati pantai penuh pasir putih, pulau kayangan dapat memberikan hal tersebut ditambah lagi dengan pemandangan alam pantai yang sangat indah. Untuk mengunjungi pulau kayangan harus menggunkaan perahu motor dengan waktu selama kira-kira 15 menit, pulau ini terbilang kecil karena besarnya yang kurang dari 1 hektar, tetapi dapat menjadi destinasi wisata dan pengalaman baru bagi para wisatawan yang ingin merasakan berwisata di pulau kecil.