Serunya Bersantai di Pantai Akkarena Makassar

WisataMenarik.Com, Serunya Bersantai di Pantai Akkarena MakassarMakassar sebagai salah satu kota di Indonesia yang memiliki banyak destinasi wisata, yang selalu ramai dan banyak dikunjungi turis lokal maupun mancanegara. Hal ini dikarenakan Makassar yang memang kaya akan wisata kuliner lezat, nikmat, dan sangat beranekaragam sehingga membuat turis dan warga Makassar sendiri nyaman. Tetapi selain kulinernya, ada tempat wisata yang harus kamu kunjungi di Makassar, khususnya daerah pantainya.

Sebenarnya di kota Makassar, jika para wisatawan ingin datang ke pantai, hal yang langsung ada di pikiran masyarakat dan turis adalah pantai Losari, karena memang merupakan destinasi wisata yang iconik karena letaknya, kuliner di sekitarnya, dan masjid terapungnya. Tetapi ada pantai lain yang cukup terkenal karena keindahannya, yaitu pantai Akkarena.

Pantai Akkarena di Makassar

Pantai Akkarena di Makassar

Pantai akkarena cukup disukai masyarakat, dikarenakan pemandangannya yang indah dan ekosistem lautan yang terawat sehingga orang-orang tertarik untuk datang. Karena itu pantai ini seringkali didatangi oleh satu keluarga, karena memang tempatnya yang cocok untuk bersantai bersama keluarga.

wisata Pantai Akkarena Makassar

wisata Pantai Akkarena Makassar

Salah satu hal yang membuat pantai Akkarena sangat ramai dikunjungi, terutama pada sore hari adalah karena pantai ini dapat menjadi spot yang indah dan sangat cocok untuk melihat matahari terbenam di daerah Sulawesi Selatan. Keindahan matahari terbenam dapat dinikmati bersama keluarga terdekat sambil merasakan hidangan khas Makassar seperti pisang epe.

Nongkrong di Pantai Akkarena

Nongkrong di Pantai Akkarena

Para pengunjung yang datang dapat menikmati matahari terbenam di dermaga panjang 150 m dan dengan lebar 5m, dan merupakan tempat sandaran bagi kapal wisata. Meskipun begitu, dermaga ini tidak begitu ramai saat pagi dan siang hari dikarenakan fungsi utamanya sebagai sandaran kapal wisata pantai Akkarena dan akan sangat ramai saat menjelang matahari terbenam. Suasana matahari terbenam akan lebih terasa karena hiasan lampu hias yang merupakan fasilitas dari pantai Akkarena. Tempat ini juga akan sangat cocok bagi para fotografer yang ingin mengabadikan momen indah dari matahari tenggelam dan pengunjung yang datang.

Sunset di Pantai Akkarena

Sunset di Pantai Akkarena

Selain itu, pada sore hari baik pada saat waktu libur maupun hari kerja biasa pantai akkarena selalu dipenuhi orang-orang Makassar. Hal ini dikarenakan pantai akkarena yang selalu menjadi tempat melepas penat sehabis pulang kerja, ataupun menghilangkan stress selagi melihat pemandangan panorama yang indah. Pantai Akkarena juga tidak jarang menjadi lokasi upacara melasti yang merupakan penyucian diri bagi umat Hindu, yang berada di daerah Makassar, Sulawesi Selatan.

Menikmati Sunset di Pantai Akkarena

Menikmati Sunset di Pantai Akkarena

Meskipun pantai Akkarena tidak sepopuler pantai Losari yang merupakan icon wisata kota Makssar, pantai ini masih cukup sering dikunjungi oleh wisatawan. Lokasi yang sangat strategis membuat para turis ingin menghabiskan waktu di Pantai Akkarena, yang lokasinya dekat dengan pusat kota Makassar dan tempat wisata lain seperti Masjid Apung ataupun benteng Fort Rotterdam. Lokasinya sendiri berada dekat pantai losari dan mall trans studio Makassar, tepatnya berada di jalan Metro Tanjung Bunga Makassar, jika menggunakan kendaraan berkisar 10 menit dari pusat kota.

Bernama Asli Tanjung Bunga

Dulunya, pantai Akkarena dinamakan Tanjung Bunga dan berada di antara Tanjung Bayang dan Merdeka, yang merupakan pesona wisata kebanggaan kota Makassar. Tetapi nama Tanjung bunga ini diubah karena kepemilikannya yang diambil alih menjadi pantai Akkarena oleh perusahaan kontraktor asal Sulawesi Selatan. Tetapi dikarenakan perusahaan kontraktor ini mengambil alih, pantai ini mendapat penambahan fasilitas yang membuat Pantai Akkarena menjadi tempat wisata yang ingin dikunjungi orang-orang.

Pembangunan yang dilakukan Pantai Akkarena berupa pembangunan lahas seluas 10 hektar dan fasilitas seperti Taman Bermain, Hotel, Cafe , lounge, restoran, wahan air, dan masih banyak lainnya. Karena pembangunan dari perusahaan kontraktor ini, area pantai yang awalnya berupa rawa dan pesisir laut dikembangkan menjadi fasilitas umum, perumahan, bangunan komersil dan non komersil, dan jalan raya.

Karena Tanjung bunga sekarang menjadi salah satu tempat wisata, ada perusahaan PT. Gowa Makassar Tourism Development yang menaunginya dan juga dikelola oleh Town Management Tanjung Bunga. Meskipun Pantai Akkarena merupakan pantai alami yang sudah ada sejak dahulu, untuk membuatnya menjadi tempat wisata yang baik dan ingin dikunjungi para wisatawan membutuhkan pemikiran dan modal yang tidak sedikit.

Hal ini dapat dilihat dari Tanjung bunga yang sebelum dinaungi dan dikelola perusahaan, terlihat kotor dan tidak terawat. Dulunya pantai ini tidak seramai sekarang, dikarenakan orang-orang yang tidak nyaman dengan kondisi pantai yang cukup kotor. Tetapi semenjak dibangun kawasan hunian dan area bisnis disekitarnya, pantai Akkarena menjadi salah satu tempat wisata yang cukup dibanggakan warga Makassar. Karena fasilitas dan tata kelola yang cukup banyak, serta reklamasi dan pengelolaan infrastruktur yang jauh lebih indah jika dibandingkan dengan pantai Losari, membuat pantai ini tidak kalah pengunjung dengan pantai Losari.

Harga Tiket Masuk Pantai Akkarena Makassar

Untuk memasuki pantai Akkarena akan dipungut biaya, yaitu 10.000 rupiah untuk orang dewasa dan 5.000 rupiah untuk anak-anak. Untuk memasuki pantai, ada dua akses pintu masuk dan keluar yang dijaga tugas sehingga pengelola dapat mengamati tiap pengunjung dan memastikan keamanan dari pantai. Tempat ini juga memiliki prosedur operasional dan pengamanan dengan standar yang baik sehingga tiap turis tidak perlu takut untuk datang. Untuk orang-orang yang datang membawa kendaraan pribadi, akan dipungut biaya parker sebesar 5.000 rupiah untuk sepeda motor dan 10.000 rupiah untuk mobil.  Ada tambahan biaya lainnya, jika para wistawan menggunakan fasilitas outdoor tambahan.

Wahana yang Ada di Pantai Akkarena

Wahana yang Ada di Pantai Akkarena

Wahana yang Ada di Pantai Akkarena

Memang pantai Akkarena dan Pantai Losari adalah spot melihat matahari terbenam terbaik, tetapi jika para wisatawan datang dari pagi hari ada berbagai wahan permainan yang disediakan untuk menghabiskan waktu sampai matahari terbenam. Wahana permainan seperti Jetsky dan banana boat dapat mulai digunakan dari siang samapi sore hari, terdapat juga area permianan anak-anak, area camping, dan lain-lain.

Wahana Dermaga Cinta di Pantai Akkarena

Wahana Dermaga Cinta di Pantai Akkarena

Tidak hanya itu, ada juga area wahana outbound, fly spot, waterfox yang disediakan tempat sewa ban. Bagi para pebisnis yang bosan dengan tempat pertemuan yang begitu-begitu saja, pantai Akkarena menyediakan ruang metting berkualitas dengan ukuran kecil dan besar sambil menikmati pemandangan panorama pantai atau panorama yang indah, terutama saat momen-momen matahari tenggelam, sehingga tentunya membuat para pebisnis lebih nyaman.

Wahana Bermain di Pantai Akkarena Makassar

Wahana Bermain di Pantai Akkarena Makassar

Dikarenakan pantai ini dikelola dengan baik, airnya cukup jernih sehingga para pengunjung yang datang dapat langsung berenang. Pantainya sendiri memiliki pasir berwarna hitam, dan terdapat fasilitas kamar mandi untuk membilas tubuh ataupun berganti pakaian. Terdapat juga fasilitas seperti restoran dan cafe bernuansa romantic yang berada di dekat taman, sehingga pengunjung dapat mengenyangkan perut sehabis berenang. Tidak jarang, pantai Akkarena mengadakan live music Jazz pada sore atau malam hari sehingga membuat pengalaman pengunjung yang datang lebih berkesan. Tetapi live music ini tidak selalu ada, jika anda penasaran, dapat menanyakan langsung ke manajemen cafe.