Pesona Gunung Bromo Objek Wisata Eksotis dan Menantang

WisataMenarik.Com, Pesona Gunung Bromo Objek Wisata Eksotis dan Menantang – Gunung Bromo merupakan salah satu gunung terindah di Indonesia yang menjulang tinggi di langit Jawa Timur. Secara fisik, gunung Bromo memang tidak sebesar gunung-gunung lain di Jawa Timur, seperti Gunung Semeru, Gunung Arjuno, Gunung Argopuro dan Gunung Raung. Tapi, untuk pesonanya jangan diragukan lagi. Keindahan Gunung Bromo tidak hanya menggema di Indonesia saja, tapi sudah mendunia.

Gunung Bromo juga merupakan salah satu gunung berapi aktif yang ada di Indonesia yang termasuk dalam kawasan TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Sumeru). Letaknya mencakup 4 kawasan kabupaten di provinsi Jawa Timur. Yakni meliputi kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Malang dan Kabupaten Pasuruan. Gunung Bromo mempunyai ketinggian mencapai 2392 mdpl, dengan puncak setinggi itu keindahan alam yang disaksikan dari atas puncak sudah mutlak sangat indah. Apalagi Gunung Bromo juga terkenal sebagai spot menyaksikan moment matahari terbit (sunset) terbaik di Jawa Timur.

Sejarah nama Gunung “Bromo”

Nama gunung “Bromo” sendiri berasal dari bahasa sansakerta yang berarti “Brahma” yaitu salah satu nama dewa menurut keyakinan agama Hindu. Agama Hindu sendiri merupakan keyakinan yang masih banyak dianut oleh masyarakat kawasan Gunung Bromo. Gunung Bromo masih dipercaya sebagai gunung suci oleh masyarakat Hindu. Masyarakt Hindu di sana biasa menyebutnya dengan nama Gunung Brahma, sedangkan orang jawa menyebutnya Gunung Bromo. Kurang lebih seperti itulah asal-usul nama Gunung Bromo.

Sebagai salah satu destinasi wisata andalan di Jawa Timur, Gunung Bromo terbilang cukup populer. Banyak yang menyebut bahwa Gunung bromo juga merupakan iconnya Jawa Timur. Memang pantas jika disebut seperti itu, pasalnya keindahan mulai dari titik awal pendakian sampai titik puncak menghadirkan panorama yang luar biasa indah. Ditambah lagi dengan fasilitas yang sangat memadai demi memudahkan wisatawan, juga menjadi salah satu alasan banyak wisata terkagum-kagum dengan keindahan dan Pesona Gunung Bromo saat berwisata di disana.

Jeep sarana transportasi ke Gunung Bromo

Jeep sarana transportasi ke Gunung Bromo

Aktivitas Menarik di Tempat Wisata Gunung Bromo

View Point

Untuk menyaksikan dan menikamati secara langsung Pesona Gunung Bromo, wisatawan  biasanya akan menuju View Point terlebih dahulu. View Point merupakan tempat yang telah disediakan untuk menyaksikan segala keindahan sekeliling Gunung Bromo dari ketinggian. Ada 5 view point yang tersedia di sana, mulai dari Penanjakan 1, Seruni Point, Bukit Kingkong, Bukit Cinta dan Puncak B29.

Padang Savana (Bukit Teletubbies)

Salah satu tempat indah yang sangat sayang jika dilewatkan begitu saja oleh para pendaki Gunung Bromo adalah padang savana bak bukit teletubbis berikut ini.

Padang Savana (Bukit Teletubbies)

Padang Savana (Bukit Teletubbies)

Padang savana (rumput) seluas sekitar 10 Km ini bisa Anda jumpai di sebelah selatan kawah gunung Bromo, tepatnya di kawasan Jemplang. Suasana nyaman dan sejuk akan Anda dapati saat berada ditempat ini.

Penanjakan Gunung Bromo

Penanjakan Gunung Bromo merupakan view point unggulan pertama di gunung bromo. Sunrise yang sangat indah di Gunung Bromo dapat Anda saksikan dengan nyata apabila Anda berada di lokasi Penanjakan ini pada waktu yang tepat. Untuk dapat menyaksikan moment ini, disarankan memulai tour pada dini hari sekitar pukul 03.00 WIB.

Pesona Gunung Bromo - Penanjakan

Menunggu Sunrise di Penanjakan Viewpoint 1

Perjalanan bisa dimulai dari penginapan yang Anda tempati di kawasan gunung bromo. Wisatawan biasanya menggunakan jasa sewa motor atau menumpangi jeep untuk diantarkan sampai ke lokasi-lokasi menarik di Gunung bromo dan dapat menikmati Pesona Gunung Bromo.

Lautan Pasir (Pasir Berisik)

Belum ke Bromo rasanya apabila belum menyaksikan secara langsung fenomena pasir berbisik yang unik ini. Disebut pasir berbisik, karena apabila Anda mendekatkan telinga ke dekat pasir, maka akan terdengar suara pasir yang berbisik. Hamparan padang pasir di sini cukup luas, lekukan garis-garis yang terbentuk secara alami juga sangat indah.

Pasir Berbisik Gunung Bromo

Pasir Berbisik Gunung Bromo

Di tengah lokasi lautan pasir ini terdapat sebuah pura, pura ini biasa diajdikan tempat sembahyang masyarakat suku Tenger. Lokasi ini juga pernah dijadikan sebagai lokasi shooting film “Pasir Berbisik” yang dibintangi oleh artis cantik Dian Sastrowardoyo.

Pasir Berbisik Gunung Bromo

Dian Sastro dalam Film Pasir Berbisik

Kawah Gunung Bromo

Pemandangan menakjubkan kawah Gunung Bromo dengan garis tengah ± 800 juga sangat sayang untuk dilewatkan. Hanya dengan berjalan kaki ataupun menaiki kuda yang disewakan penduduk atau pengelola setempat,  dilanjutkan dengan menaiki  tangga sebanyak 250 anak tangga.

Tangga Menunju Kawah Gunung Bromo

Tangga Menunju Kawah Gunung Bromo

Pengunjung sudah dapat menyaksikan kemegahan lukisan alam kawah gunung Bromo, pemandangannya sangat elok,  jajaran pegunungan Tengger dan gunung Batok yang membentuk garis terjal di samping kawah gunung  dapat Anda saksikan dari atas sana.

Pesona Kawah Gunung Bromo

Pesona Kawah Gunung Bromo

Rute Menuju Tempat Wisata Gunung Bromo

Peta Wisata Gunung Bromo

Peta Wisata Gunung Bromo

Lokasi objek wisata gunung Bromo sangat strategis sehingga banyak jalur transportasi yang bisa Anda pilih.

  1. Malang – Kecamatan Tumpang – Desa Gubuk Klakah – Jemplang – Gunung Bromo
  2. Probolinggo – kecamatan Tongas – Kecamatan Lumbang – Kecamatan Sukapura – Desa Cemoro Lawang – Gunung Bromo
  3. Pasuruan – Warung Dowo – Tosari – Desa Wonokitri – Gunung Bromo

Harga Tiket Masuk Gunung Bromo

Berdasarkan informasi terbaru, harga tiket masuk kawasan gunung bromo.

Hari kerja (Weekday): Rp27.500,- wisatawan domestik. Dan Rp217.500,- wisatawan ancanegara.

Hari libur (weekend): Rp32.500,- wisatawan domestik Dan Rp317.500 wisatawan mancanegara.

Akomodasi Gunung Bromo

Objek wisata Gunung Bromo mempunyai fasilitas dengan akomodasi yang sangat memadai. Di sekitar gunung bromo sudah banyak hotel, penginapan, guesthouse murah, restoran dan kios-kios souvenir. Kamu ga perlu kuatir, di Bromo sekarang sudah seperti tempat wisata lain pada umumnya, fasilitas nya lumayanlah.

Tips Berwisata di Gunung Bromo

Agar perjalan wisata di Gunung Bromo berjalan asyik dan seru, ada beberapa tips wisata yang harus dieprhatikan. Berikut ulasannya.

Pilih waktu yang tepat

Waktu terbaik mengunjugi Bromo ialah pada musim kemarau, saat musim kemarau peluang menyaksikan sunrise yang sempurna semakin besar. Hanya saja, padang savana di sana terlihat layu karena kepanasan.

Pesiapkan Perlengkapan Pribadi dan Kondisi Fisik

Perlengkapan mendaki seperti jaket, sepatu, kaos kaki, tenda dan peralatan camping lainnya juga penting untuk disiapkan terlebih dahulu. Tapi bagi Anda yang tidak sempat atau males untuk menyiapkannya, jangan khawatir karena di daerah sekitar Bromo banyak terdapat penjual dan jasa sewa perlengkapan-perlengkapan mendaki.

Persiapkan Kondisi Fisik

Berwisata kemanapun, fisik yang prima sangat dibutuhkan. Terlebih lagi mendaki gunung, puncak gunung Bromo terkenal sangat dingin. Jadi siapkan betul-betul kondisi fisik.

Itulah tadi review singkat Pesona Gunung Bromo Objek Wisata Eksotis dan Menantang. Bagaimana, sudah bisa membayangkan keseruannya?

Happy Travelling!