Menikmati Indahnya Pulau Komodo, mutiara Flores yang sudah mendunia

Menikmati Indahnya Pulau Komodo, Objek Wisata Nasional yang Mendunia – Siapa yang tak kenal objek wisata Pulau Komodo? Walaupun masih banyak yang belum pernah mengunjunginya, tapi setidaknya sudah sering mendengar nama objek wisata satu ini bukan? Bagaimana tidak, destinasi wisata andalan Nusa Tenggara Timur (NTT) ini tidak hanya terkenal di Indonesia saja tapi sudah tersohor ke berbagai penjuru dunia.

Pulau Komodo merupakan salah satu dari sekian banyak pulau di Kepulauan Nusa Tenggara yang menarik untuk dikunjungi. Apa saja daya tariknya? Lanjutkan membaca dan temukan jawaban bagaimana cara Menikmati Indahnya Pulau Komodo.

Daya Tarik Wisata Pulau Komodo yang Mendunia

Secara geografis, Pulau Komodo berada di Kepulauan Nusa Tenggara, berada di tengah-tengah antara pulau Flores dan Sumbawa. Tepatnya di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur dan berbatasan langsung dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Pulau Komodo termasuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo bersama lima pulau utama lainnya, yaitu Pulau Gili Motang, Pulau Padar, Pulau Rinca, Nusa Kode dan banyak pulau-pulau kecil lainnya. Pulau-pulau tersebut dikhususkan sebagai taman nasional untuk melindungi komodo dari kepunahan. Taman Nasional ini  dimaksudkan agar Komodo dan habitatnya dapat dilindungi dan dilestarikan sehingga generasi mendatang dapat Menikmati Indahnya Pulau Komodo.

Sesuai namanya, Pulau Komodo merupakan pulau yang menjadi habitat asli binatang langka komodo (sejenis kadal raksasa pemakan daging). Reptil sejenis kadal yang memliki nama ilimiah Varanus Komodoensis ini memiliki panjang badan mencapai 2 – 3 meter dengan berat 100 kg – 150 kg ke atas.

Komodo National Park

Komodo National Park

Di Pulau Komodo setidaknya terdapat 2.000 ekor komodo yang berkeliaran hidup di alam bebas. Tidak hanya di Pulau Komodo, di pulau sekitarnya yang juga termasuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo juga sering ditemui binatang komodo yang berkeliaran.

Komodo

Komodo

Karena keelokan alam serta karena reptil purba Komodo hanya bisa ditemui di Indonesia. Pulau Komodo dan pulau-pulau lainnya di kawasan Taman Nasional Pulau Komodo mendapat penghargaan sebagai salah satu warisan dunia. Penghargaan ini diberikan UNESCO (United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization) pada tahun 1986.

Penghargaan lainnya yang juga didapatakan Pulau Komodo adalah, penghargaan sebagai New Seven Wonders of Nature. Yakni penghargaan untuk tujuh tempat wisata alam terbaik di dunia. Pulau Komodo berhasil meraih voting tertinggi bersama enam tempat wisata lainnya. Yaitu, Teluk Halong, Sungai Bawah Tanah Princesa, Pulau Jeju, Hutan Amazon, Table Mountain dan Air Terjun Iguazu.

Daya tarik utama pulau ini adalah, pengunjung bisa secara nyata, secara langsung menyaksikan binatang komodo sedang istirahat, maupun sedang mengincar mangsanya. Sangat Penting untuk berkeliling bersama pemandu/pawang yang biasa disebut “Jagawana” oleh masyarakat sekitar untuk alasan keselamatan saat berwisata. Jagawana di Taman Nasional Pulau Komodo sudah terlatih dan berpengalaman, jadi pengunjung sangat disarankan untuk mematuhi segala intruksi dan larangan yang diberikan oleh pawang di sana.

Pawang Komodo

Wisatawan selalu didampingi Jagawana / Pawang Komodo

Saat menjelajah area di pulau komodo, selain bisa ditemani jagawana, jagawana di sana juga akan membekali setiap pengunjung dengan tokat yang ujungnya bercabang dua, tongkat tersebut terbuat dari satu jenis pohon khusus yang bisa digunakan sebagai senjata untuk melemahkan komodo yang apabila tiba-tiba akan mengejar atau menyerang. Ujung tongkat yang bercabang dua tadi digunakan untuk menekan leher komodo, maka dalam seketika komodo akan melemah dan berhenti menyerang.

Pulau Komodo tidak hanya berisi binatang komodo, banyak binatang lain yang juga menghuni area pulau yang 70% areanya ini ditumbuhi padang rumput dan hutan sabana. Selain komodo, binatang lain yang kerap disaksikan di pulau ini seperti rusa, kuda, biawak, ular, spesies burung dan masih banyak lagi.

Trekking di Pulau Komodo

Trekking di Pulau Komodo

Trekking di Pulau Komodo

Cara asyik dan seru menikmati segala panorama Pulau Komodo ini bisa dilakukan dengan melakukan trekking. Trekking yang akan dilakukan adalah mendaki Gunung Ara setinggi 538 mdpl dan melewati Water Hole (tempat minum dan beristirahat komodo). Saat dilokasi water hole, pengunjung berkesampatan melihat banyak binatang-biantang komodo yang sedang minum atau berteduh di bawah pohon rindang disekitarnya.

Menyelam dan Snorkeling

Sorkeling di Pulau Komodo

Sorkeling di Pulau Komodo

Di Pulau Komodo, pengunjung tidak hanya dibuat takjub oleh pesona alam perbukitan dan padang rumput (savanna) yang dikelilingi oleh binatang purba komodo saja, tapi juga dibuat tehipnotis akan keindahan bentangan laut dengan hamparan pasir putihnya.

Keindahan alam bawah laut pulau komodo disebut juga sebagai salah satu lokasi menyelam terbaik di dunia. Di sini terdapat setidaknya 380 jenis terumbu karang, 70 jenis bunga karang, 10  jenis lumba-lumba, 6 spesies paus, penyu hijau, ikan pari serta ribuan biota laut lainnya. Ombak laut di pulau Komodo cukup tenang sehingga sangat cocok untuk diselami keindahannya, diving dan snorkeling adalah aktivitas favorit banyak pengunjung di sana untuk Menikmati Indahnya Pulau Komodo.

Transportasi Menuju Pulau Komodo

Pelabuhan Labuan Bajo

Pelabuhan Labuan Bajo

Ada tiga pilihan jalur transportasi yang bisa Anda pilih, melalui darat, udara dan laut.

Darat: Menaiki bus dari Denpasar menuju Labuan Bajo, bus akan menyebrang menggunakan kapal ferry. Sesampainnya di Labuan Bajo, perjalan dilanjutkan kembali menaiki kapal ferry menuju Pulau Komodo.

Udara: Menaiki pesawat dari Denpasar menuju Labuan Bajo, dilanjutkan menaik kapal ferry menuju Pulau Komodo.

Bandara Komodo Labuan Bajo

Bandara Komodo Labuan Bajo

Laut: Mulai dari Tanjung Benoa, Bali. Menuju Labuan Bajo dan dilanjutkan menaiki kapal ferry untk sampai ke Pulau Komodo.

Akomodasi

Selain bisa menginap di hotel yang tersedia di Labuan Bajo, wisatawan juga bisa menginap di homestay rumah penjaga atau ranger Pulau Komodo atau bisa juga di kapal sewaan. Selain untuk berkeliling, kapal sewaan di sini juga bisa digunakan sebagai penginapan. Sebagian kapal telah dilengkapi dengan  tempat tidur, paket makan dan toilet.

Untuk  harga dari setiap akomodasi tergantung dari fasilitas yang tersedia.

Tips Berwisata di Pulau Komodo

  • Sangat penting untuk selalu waspada saat berwisata di pulau komodo, binatang komodo memang tergolong predator yang sabar (bukan pemburu yang aktif). Tapi ingat, selalu waspada dan jaga jarak aman dari mereka. Pasalnya cukup dengan satu gigitannya saja, mangsa dapat terancam seketika. Selain itu sabetan ekornya juga sangat kuat.
  • Bagi wanita yang sedang menstruasi, wajib lapor agar pawang/ranger bisa memberi perhatian lebih. Hal ini dikarenakan komodo sensitif bau darah, bahkan hingga radius ratusan meter.
  • Tips yang ketiga ini, tidak wajib. Tapi sangat disarankan. Sebagai kenang-kenangan dan buat oleh-oleh keluarga di rumah, tidak ada salahnya untuk berbelanja cinderamata khas Pulau Komodo, cinderamata di sini sangat beragam dan hasilnya bagus-bagus. Hrganya juga terjangkau.

Nah, apakah kamu sudah pengen Menikmati Indahnya Pulau Komodo, objek wisata Nasional yang mendunia ini?… Let’s go there….

Happy Travelling !!