Lengkapi Kegiatan Outdoor Anda dengan Wisata Gunung Sibayak

WisataMenarik.com, Lengkapi Kegiatan Outdoor Anda dengan Wisata Gunung SibayakGunung Sibayak dapat Anda kunjungi ketika berlibur ke Kabupaten Karo Sumatera Utara. Wisata yang satu ini tidak kalah populer dan wajib Anda kunjungi. Penasaran juga dengan wisata ini? Yuk simak artikel berikut ini yang akan membahas informasi lengkap mengenai Wisata Gunung Sibayak.

Mengenal Wisata Gunung Sibayak

Wisata Gunung Sibayak merupakan salah satu wisata alam berupa gunung yang ada di wilayah Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Wisata gunung ini sangat cocok untuk dibuat trek pendakian dikarenakan tidak perlu berhari – hari mendaki, Anda sudah dapat menikmati keindahan pemandangan dari puncak gunung. Tidak hanya nama gunung yang terkenal, gunung Sibayak tidak kalah megah dengan pegunungan lainnya. Panorama yang disajikan tersebar tiada henti di sepanjang trek pendakian menuju puncak gunung.

Wisata Gunung Sibayak, Jalur Pendakian

Ramainya Jalur Pendakian Gunung Sibayak, by http://www.safariku.com

Gunung Sibayak dikategorikan sebagai gunung berapi aktif dengan uap panasnya. Tidak hanya itu, letusan gunung ini cukup mengguncang bebatuan di puncak gunung. Kondisi bebatuan yang cukup tidak beraturan di atas gunung menjadi keunikan tersendiri yang dapat menarik minat wisata pengunjung yang memiliki adrenalin untuk mendaki ke puncak gunung. Pemandangan matahari terbit di puncak gunung pun akan membuat pengunjung kagum dan terperangah. Selain itu sinar matahari juga akan membuat Anda merasakan suasana hangat menggantikan hawa dingin yang menyelimuti Anda saat mendaki gunung.

Aliran air di sela – sela batuan Gunung Sibayak sangat menyegarkan. Banyak penduduk yang memanfaatkan sumber air tersebut sebagai air minum. Airnya sangat dingin dan jernih. Hal tersebut menjadi alasan utama sumber air di pegunungan ini menjadi salah satu sumber air untuk minuman kemasan yang bermerk “AQUA”. Dinginnya udara pegunungan dan gelapnya langit bertaburan bintang pun menciptakan suasana yang begitu mengagumkan.

Kawah yang ada di Gunung Sibayak ini juga tidak kalah menarik. Ditemukan batu cadas dan kawah belerang yang luasnya 200 m x 200 m dengan solfatara yang selalu menyemburkan uap panas. Anda dapat mengabadikan keindahan kawah dengan menuruni kawah. Kawasan landai di daerah pinggiran kawah biasanya dijadikan tempat untuk beristirahat melepas lelah dengan mendirikan bivak atau tenda.

Daya tarik wisata Gunung Sibayak

Tidak hanya memiliki banyak akses pendakian, wisata gunung Sibayak banyak menawarkan daya tarik yang dapat memuaskan liburan Anda. Berikut daya tariknya.

Puncak Takal Kuda

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, Takal Kuda yang berarti Kepala Kuda merupakan puncak tertinggi Gunung Sibayak, puncak gunung Sibayak ini menampilkan kecantikan Gunung Sinabung dan Kota Berastagi dari atas ketinggian. Tak perlu mendaki berlama – lama Anda sudah bisa tiba di puncak ketinggian dengan berjalan kaki sekitar 3 jam melalui jalan beraspal dan anak tangga.

Wisata Gunung Sibayak, Puncak takal Kuda

Puncak Gunung Sibayak, Takal Kuda, by https://www.superadventure.co.id

Kawah Aktif

Kawah yang ada di puncak Gunung Sibayak ini memiliki luas sekitar 40.000 m dengan kandungan solfatara yang tinggi dan mampu menyemburkan hawa panas terus – menerus. Kawah ini mengandung belerang berbatu cadas dan dikelilingi batuan lava andesit yang mebuat pesonanya kawah semakin indah, unik, dan eksotis.

Wisata Gunung Sibayak, Kawah Gunung Sibayak

Kawah Gunung Sibayak, by https://dolandolen.com

Pemandian Lau Sidebuk – debuk

Setelah Anda berhasil menaklukkan Gunung Sibayak Anda dapat berelaksasi di pemandian yang satu ini. Pemandian sumber air panas yang berasal dari kandungan belerang di Gunung Sibayak ini menjadi objek wisata andalan yang dikelola oleh Pemda setempat.

Wisata Gunung Sibayak, Lau Sidebuk-debuk

Pemandian Air Panas Lau Sidebuk-debuk, by http://www.metro24.co

Legenda “Suara Neraka”

Jika Anda mendaki ke Gunung Sibayak, Anda akan mendengar suara bergerumuh. Suara tersebut melegenda dengan nama “Suara Neraka”. Suara tersebut berasal dari suara angin yang berfrekuensi rendah dengan kandungan elektromagnetik. Gelombang ini dianggap bisa menyebabkan stress bahkan halusinasi.

Namun menurut warga setempat percaya bahwa suara tersebut berasal dari dua tangisan orang yang konon katanya ada seorang dukun sakti yang tinggal bersama dengan anak perempuannya di Gunung Sibayak. Tak lama kemudian putrinya tersebut meninggal karena sakit dan tak bisa diobati.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Gunung Sibayak

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan selama di Gunung Sibayak. Berikut pilihannya.

Berburu Matahari Terbit

Tak lengkap rasanya jika mendaki Gunung Sibayak tanpa menyaksikan langsung pesona matahari terbit dari Takal Kuda. Jika tak ingin menginap, Anda bisa memulai pendakian pada pukul 2 pagi dan setelah sampai dipuncak Anda bisa langsung menikmati pemandangan tersebut. apalagi jika udara cerah, pemandangan matahari terbit lebih lengkap dengan ditambahnya panorama lembah.

Wisata Gunung Sibayak, Sunrise

Sunrise Gunung Sibayak, by https://tripadvisor.com

Berkemah di kawah

Anda bisa mencoba berkemah di area kawah untuk merasakan sensasi yang cukup menantang. Kemunculan asap dan suara bergemuruh menjadi terksesan menyeramkan dan akan menjadi pengalaman yang tidak akan pernah Anda lupakan.

Wisata Gunung Sibayak, Kemah

Berkemah di Gunung Sibayak, by http://99indonesiatourism.blogspot.co.id

Menyantap jagung bakar

Tidak hanya memanjakan mata dengan indahnya pesona alam Gunung Sibayak, Anda dapat memanjakan perut dengan mencicipi jagung bakar di kawasan Penatapan yang berada disalah satu jalur pendakian. Tempat juga sangat populer sebagai tempat bakaran jagung di Sumatera Utara.

Mengikuti upacara Kemerdekaan Indonesia

Gunung Sibayak juga menjadi salah satu tempat langganan perayaan upacara Kemerdekaan Indonesia yaitu setiap tanggal 17 Agustus. Tidak hanya sekedar diadakan upacara bendera, perayaan kemerdekaan Indonesia disini juga diramaikan dengan lomba panjat pinang.

Lokasi Wisata Gunung Sibayak

Lokasi wisata Gunung Sibayak di Dataran Tinggi Karo dengan ketinggian yang dimiliki sekitar 2.094 m diatas permukaan laut. Puncak tertinggi dari gunung ini dinamakan Takal Kuda dengan titik koordinat puncak yaitu berada di 97°  30’ BT dan 4° 15’ LS. Nama tersebut berasal dari bahasa Karo yang artinya Kepala Kuda. Hutan yang berada disekitar Gunung Sibayak termasuk dalam wilayah Taman Hutan Raya TAHURA Bukit Barisan, Provinsi Sumatera Utara.

Rute dan akses menuju Wisata Gunung Sibayak

Anda dapat memulai rute perjalanan dari pusat Kota Medan. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum untuk menuju kawasan Gunung Sibayak dengan jarak tempuh sekitar 60 km. Anda bisa menuju Berastagi melalui Jalan Raya Sidikalang maupun Jalan Jamin Ginting. Jika Anda sudah tiba di pusat Kota Berastagi, Anda harus menempuh jarak 3 km lagi untuk sampai di kawasan Gunung Sibayak. Ada 3 jalur pendakian yang dapat Anda gunakan untuk menuju puncak Gunung Sibayak. Berikut penjelasannya.

Desa Semangat Gunung

Desa Semangat Gunung atau Desa Raja Berneh ini berada sekitar 7 km dari Jl. Raya Medan – Berastagi atau 15 km dari Kota Berastagi. Jalur pendakian ini memiliki kondisi jalan yang lumayan rapi sehingga dapat dilalui kendaraan roda empat. Oleh karena itu, jalur ini menjadi rute yang paling sering digunakan oleh pendaki, khususnya pendaki pemula.

Wisata Gunung Sibayak

Jalur Pendakian Gunung Sebayak, Desa Semangat Gunung

Setelah tiba di desa Semangat Gunung, Anda akan menemukan pos registrasi. Sebelum memulai pendakian, Anda harus membayar biaya retribusi sebesar Rp. 4.000 per orang. Setelah itu Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Pintu Rimba yang dapat ditempuh sekitar 20 menit dengan menggunakan motor. Nantinya disana akan ada penitipan motor dengan biaya sebesar Rp. 10.000 per motor dan penyewaan tenda.

Desa Jaranguda

Desa Jaranguda berada sekitar 3 km dari Kota Berastagi. Desa ini terletak di Kecamatan Simpang Empat, lebih tepatnya di dekat Pasar Buah Berastagi. Rute ini memiliki jalur yang lebih panjang dibandingkan dengan jalur Desa Semangat Gunung. Pendakian melalui jalur ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 2.5 jam.

Walaupun jalur cukup panjang, kondisi jalur ini sudah rapi dan beraspal hingga jarak 1 km sebelum puncak. Panorama yang ditawarkan dari jalur ini tak kalah indah. Anda bisa melihat hutan tropis yang dipenuhi dengan pepohonan yang tinggi. Jalur ini sangat populer di kalangan turis asing.

Wisata Gunung Sibayak, Desa Jaranguda

Desa Jaranguda Gunung sibayak, by https://ndetigan.com

Jalur 54

Jalur yang satu ini dianggap sebagai rute yang paling sulit dan menantang dan jalur ini sangat cocok untuk Anda yang sudah berpengalaman mendaki gunung. Kondisi jalan di jalur ini cukup terjal dan berbahaya sehingga pendakian bisa menghabiskan waktu sekitar 4 – 6 jam perjalanan.

Wisata Gunung Sibayak, jalur 54

Jalur 54, by https://pandanadventure.blogspot.co.id

Nama 54 digunakan karena lokasi jalur ini berada tepat di muka batu penanda jarak 54 km dari pusat kota Medan. Anda dapat menemukan jalur ini di Desa Doulu II yang berpatokan dengan kawasan Penatapan yang terkenal sebagai tempat bakar jagung di tepi jalan raya.

Itulah beberapa informasi mengenai Destinasi Wisata Gunung Sibayak. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin berlibur ke wisata ini. Selamat berlibur. Happy traveling !!