Jelajah Bukit Ongakan, Merasakan Pengalaman Panorama Bak Syurga

WisataMenarik.Com, Jelajah Bukit Ongakan, Merasakan Pengalaman Panorama Bak Syurga – Hai, kali ini akan ada pembahasan mengenai Bukit Ongakan yang punya banyak panorama bak syurga, yang tak lain bertujuan untuk memberikan anda rekomendasi apabila anda ingin berkunjung ke tempat wisata yang istimewa. Lalu, seperti apakah keindahan tempat wisata ini? Informasi selengkapnya, seperti berikut ini.

Keindahan Bukit Ongakan

Indonesia memang memiliki segudang tempat wisata mulai dari pegunungan, pantai, taman, danau, sungai, laut, dan bukit. Dan itu semua ada di setiap masing-masing daerah negara Indonesia. Salah satu tempat wisata di Indonesia yang sedang trend dan viral saat ini adalah Bukit Ongakan yang berada di sekitar lereng Gunung Kelud, Kediri.

Bukit yang biasa disebut dengan bukit kura-kura ini, tercipta setelah terjadinya erupsi di sekitar gunung Kelud Kediri. Alhasil, bekas erupsi tersebut malah menimbulkan keindahan bak syurga duniawi. Berada pada ketinggian 860 meter di bawah permukaan laut, membuat tempat ini memiliki udara yang sangat sejuk dan alami.

Anda akan merasakan udara yang beda dari udara di Jakarta. Sejuk namun tidak terlalu dingin. Bukit ongakan memiliki banyak tempat yang bisa dijadikan untuk spot berfoto yang nantinya foto-foto tersebut akan sangat bagus sekali jika anda upload di media social anda.

Bukit Ongakan

Bukit Ongakan menawarkan panorama keindahan alam dari atas bukit nan indah dan menyegarkan

Bukit ini menawarkan panorama keindahan alam dari atas bukit, di mana anda akan melihat pemandangan hijau sejauh mata memandang, tebing-tebing bak di film Jurassic Park, ada juga gazebo, gardu pandang, pohon cinta, serta area pegunungan yang ada di sekitar tempat wisata ini yang membuat pemandangan menjadi asri.

Tapi salah satu yang menjadi spot favorit para wisatawan disini adalah air terjun Gajah Mungkur. Air terjun gajah Mungkur ini punya track sepanjang kurang lebih 27 meter yang menurunkan air secara deras dari atas ke bawah yang mana air itu akan menyiprat hingga radius berjarak 6 sampai 7 meter.

Jika anda menyempatkan diri untuk berendam atau mandi di air terjun Gajah Mungkur ini, maka anda akan merasakan sensasi kesegaran yang tiada tara bak mandi di sungai-sungai dalam surga. Air terjun Gajah Mungkur diapit oleh dua dinding tebing putih dengan permukaan tebing yang memberi kesan retak-retak seperti di dunia perfilman yang tak kalah bagusnya apabila anda jadikan spot untuk berfoto.

Di sekeliling air terjun juga ditumbuhi oleh pepohonan bak hutan belantara yang akan menambahkan kesan lebih alami dan lebih asri. Kemudian, ada juga pohon cinta yang menjadi ikon spot foto di tempat wisata ini. Di puncak bukit terdapat sebuah spot yang menjadi tempat favorit para wisatawan. Spot tersebut dinamakan pohon cinta.

Di atas sini anda akan melihat dengan jelas gunung Kawi dan gunung Butak dari kejauhan akan terlihat seperti lukisan-lukisan dalam museum. Seluruh pemandangan yang ada di sekitar bukit ini bisa anda saksikan jika anda sudah mencapai puncak atau berada di pohon cinta ini.

Walaupun namanya pohon cinta, jangan khawatir untuk datang dan berkunjung ke pohon cinta ini. Tidak ada yang melarang pohon cinta ini untuk dikunjungi orang yang belum punya pasangan.

Spot Lainnya

Bukan tempat wisata namanya apa bila hanya ada satu atau dua spot keindahan di dalamnya. Begitupun dengan Bukit Ongakan ini. Kalau tadi ada ulasan mengenai betapa indahnya air terjun Gajah Mungkur dan pohon cinta yang menjadi salah satu dari sekian banyaknya spot iconic yang ada di bukit ini, maka sekarang giliran hutan pinus yang akan menjadi bahan ulasan yang juga cukup menarik untuk dibahas pada artikel ini.

Di sepanjang jalan pada saat menyusuri bukit, anda akan melihat di sekitar kanan dan kiri jalan penuh dengan pohon-pohon Pinus yang sudah mati akibat erupsi gunung Kelud Kediri. pohon-pohon yang biasa orang bilang hutan pinus ini, kini menjadi daya tarik tersendiri di tempat wisata ini akibat terkena efek erupsi.

Bukit Ongakan

Di sepanjang jalan pada saat menyusuri bukit, anda akan melihat di sekitar kanan dan kiri jalan penuh dengan pohon-pohon Pinus yang sudah mati akibat erupsi gunung Kelud Kediri

Banyak dari pohon pinus tersebut yang tampak sudah tumbang dan botak, namun beberapa di antaranya masih ada yang tinggi, kokoh berdiri walau tanpa dahan. Di sekitar pohon pinus ini pun tidak ada rumput yang hidup. Pohon pinus ini walaupun akarnya masih menancap di tanah, tapi seperti benar-benar sudah mati.

Hutan pinus ini juga menjadi salah satu spot terpenting bagi para wisatawan yang gemar selfie atau berfoto ria yang nantinya hasil gambar yang dijepret di hutan pinus ini akan sangat bagus jika di share di media sosial. Mungkin orang-orang di media sosial yang melihat foto anda berada di hutan pinus yang mati ini tidak akan bisa menebak bahwa anda ternyata masih berada di daerah Indonesia.

Mereka akan menyangka anda sedang berada di luar negeri pada saat pemotretan. Selain itu, ada juga waduk yang bisa menjadi tempat untuk menikmati pemandangan abstrak bak syurga dunia. Dari waduk ini anda bisa melihat pemandangan hijau sejauh mata memandang serta sekeliling bukit yang nampak seperti hutan belantara yang belum pernah terjamah manusia.

Bukit ini juga punya fasilitas yang memadai seperti masjid untuk beribadah, warung-warung yang menyediakan berbagai macam makanan ringan maupun makanan berat, kopi, minuman hangat, maupun minuman dingin, tempat parkir kendaraan, kamar mandi umum, dan pos-pos untuk peristirahatan para wisatawan.

Kunjungi Bukit Ongakan Bersama Orang-orang Tercinta

Setelah membaca beberapa ulasan mengenai Bukit Ongakan ini dari awal tadi, sangatlah wajar apabila anda juga ingin berkunjung ke sini bersama orang-orang yang anda cintai terutama keluarga anda. Anda tidak perlu ragu mengajaknya ke tempat wisata ini.

Semua fasilitas yang anda butuhkan untuk berwisata, sudah disediakan disini. Anda cukup membayar Rp.3.000 untuk tiket masuk per orang, Rp.5000 jika menggunakan kendaraan bermotor, dan Rp.20.000 jika anda menggunakan kendaraan roda empat atau mobil. Kamar mandi umum pun sudah disediakan disini.

Jadi anda tidak akan kerepotan jika ingin ke kamar mandi karena disini menyediakan beberapa spot kamar mandi umum di setiap sudut bukit. Jika merasa lapar, ada banyak warung di kaki-kaki bukit yang menyediakan makanan berat seperti nasi dengan lauk pauk, mie, bakso, siomay, pempek, dan makanan lainnya yang termasuk dalam kategori makanan berat.

Gowes di Bukit Ongakan

Gowes di Bukit Ongakan

Jadi sebelum menyusuri berbagai macam sport keindahan yang ada di bukit ini, alangkah baiknya bila anda terlebih dahulu membeli makanan di warung yang ada di kaki-kaki bukit agar anda tidak perlu lagi bolak-balik jika ingin membeli makanan atau minuman ketika anda sudah berada di spot-spot iconic bukit ini.

Nah seperti itulah pembahasan mengenai Bukit Ongakan yang bisa jadi rekomendasi untuk anda kunjungi saat berwisata di daerah Kediri. Jangan lupa untuk share informasi ini kepada teman-teman anda di sosial media seperti Facebook, Twitter dan lain sebagainya. Karena siapa tahu mereka juga butuh informasi ini. Semoga informasinya bermanfaat dan selamat berwisata.