Destinasi Wisata Tapak Tuan Tapa Aceh Selatan

Destinasi Wisata Tapak Tuan Tapa Aceh Selatan – Aceh Selatan merupakan kabupaten yang terkenal dengan wisata yang melegendan dan juga sangat menarik untuk kita kunjungi. Salah satu legenda yang terkenal adalah legenda seorang pertapa sakti yang bernama Tuan Tapa yang sekarang dijadikan nama ibukota Aceh Selatan yaitu Kota Tapak Tuan dan juga sebagai situs yang dipercaya sebagai bekas pijakan Tuan Tapa yang terkenal dengan Tapak Tuan Tapa.

Wisata Tapak Tuan Tapa ini menjadi wisata yang sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun asing yang penasaran dan ingin melihat jejak kaki raksasa yang berada di pinggir pantai tersebut. Namun kebenaran dari legenda ini masih diragukan, meskipun begitu wisata ini tetap saja menarik untuk dikunjungi. Wisata Tapak Tuan Tapa ini berlokasi di Gampong Pasar, Kecamatan Tapak Tuan, Aceh Selatan. Anda harus menempuh jarak sekitar 1,5 km, jika ingin menuju Wisata Tapak Tuan Tapa.

Legenda Tapak Tuan Tapa

Wisata Tapak Tuan Tapa

Legenda dari Wisata Tapak Tuan Tapa adalah diceritakan hiduplah dua ekor naga yang berasal dari Negara Cina, dimana kedua naga tersebut tidak mempunyai anak. Ketika naga tersebut menemukan sebuah bayi manusia yang terapung di laut, naga tersebut sangat senang. Bayi tersebut ditemukan di lautan sebab kapal kedua orang tuanya hancur diterjang badai, oleh sebab itu bayi tersebut diasuh dan dirawat oleh kedua naga tersebut sampai tumbuh dewasa menjadi wanita cantik yang terkenal dengan sebutan Putri Naga.

Putri Naga tersebut menyadari bahwa dia bukan anak dari kedua naga tersebut, sampai akhirnya Putri Naga tersebut berulang kali meminta izin ke kedua naga tersebut untuk pergi mencari kedua orang tuanya namun tidak pernah diizinkan sebab kedua naga tersebut takut jika Putri naga pergi meninggalkan mereka.

Suatu hari, kedua naga tersebut hendak pergi ke suatu tempat untuk waktu yang cukup lama, karena tidak ingin menyianyikan waktu tersebut, Putri Naga pun nekat untuk pergi keluar dari goa tempat tinggalnya tanpa sepengetahuan kedua naga tersebut. Sampai akhirnya Putri Naga bertemu dengan pangeran di sekitar pesisir pantai dan pangeranpun jatuh hati kepadanya. Karena ingin mencari kedua orang tuanya, akhirnya Putri Naga tersebut ikut pergi bersama pangeran tersebut menggunakan kapal.

Wisata Tapak Tuan Tapa

Karena Naga Betina tersebut merasa tidak enak hati akhirnya ia memutuskan untu kembali ke goa tempat tinggalnya, dan firasatnya memang benar, Putri Naga tersebut tidak berada di goa. Hal ini menyebabkan naga tersebut marah dan pergi untuk mencari Putri Nagadi setiap kapal yang berada di pinggir pantai tersebut. Sampai akhirnya naga tersebut menemukan kapal yang membawa putrinya pergi, dan disitulah naga tersebut marah dan merusak kapal tersebut.

Awak kapal ketakutan dan berteriak hingga akhirnya mengusik pertapaan Tuan Tapa. Akhirnya Tuan Tapa pun keluar dari persemediannya dan berubah menjadi raksasa. Tuan Tapa pun bertolak ke puncak gunung sebelum akhirnya melompat ke lautan untuk melawan naga tersebut. Akibat lompatan itu, Tuan Tapa tersebut berpijak pada sebuah batu yang menyebabkan meninggalkan jejak manusia dengan ukuran yang besar.

Tuan Tapa pun akhirnya berhasil membunuh kedua naga tersebut menggunkan tongkat saktinya hingga tubuh naga tersebut hancur. Naga betina yang melihat kejadian tersebut akhirnya lari karena ketakutan. Sang putri tersebut akhirnya kembali pada kedua orang tuanya. Sampai akhirnya legenda ini dikaitkan dengan beberapa lokasi wisata yang seperti batu berbentuk kopiah dan juga tongkat yang dipercaya sebagai peninggalan milik Tuan Tapa.

Tuan Tapa Pun akhirnya menghilang di sebuah tempat yang diyakini merupakan tempat peristirahatan Tuan Tapa. Tempat tersebut terletak di depan Masjid Tuo di Kelurahan Padang, Kec. Tapak Tuan, Aceh Selatan

Keindahan Wisata Tapak Tuan Tapa

Keunikan wisata ini menyebabkan wisatawan merasa penasaran dan banyak yang ingin melihat sendiri Tapak Tuan Tapa ini. Namun untuk bisa melihat tempat wisata tersebut dari dekat para wisatawan harus melewati perjalanan yang ekstra. Dari pintu masuk ke wisata tersebut, anda bisa menggunakan anak tangga dan juga sebuah bangunanan yang disekelilingnya diberi pembatas yang berguna untuk kesalamatan para wisatawan baik lokal maupun asing. Dari situla nantinya akan terlihat jelas jejak kaki berukuran raksasa yang berada tepat ditepi pantai.

Wisata Tapak Tuan Tapa

Seumpama ingin lebih dekat lagi, para wisatawan harus melalui jalan bebatuan yang licin, namun para wisatawan dihimbau agar wisatawan harus tetap hati-hati karena telah banyak korban yang tersapu ombak yang besar. Ukuran jejak kaki raksasa tersebut sekitar 6 m dengan lebar 2,5 m. Jejak kaki tersebut berada di atas batu karang yang nampak begitu mirip dengan jejak manusia.

Meskipun legenda ini belum bisa dipastikan kebenarannya, namun situs ini menjadi salah satu bukti bahwa cerita yang secara turun menurun itu memang ada. Wisata Tapak Tuan Tapa ini sudah mengalami pemugaran sehingga tidak lagi terlihat alami, karena permukaanya sudah dilapisi dengan semen. Meskipun begitu bentu asli situs tersebut tidak berubah.

Wisatawan pun bisa merasakan hembusan angin laut yang kencang dari atas tempat tersebut. Apabila anda sudah puas menikmati wisata Tapak Tuan Tapa, wisatawan juga bisa bertolak ke Makam Tuan Tapa yang terletak tidak jauh, dengan perjalanan sekitar 10 menit di depan Masjid Tuo.

Fasilitas Wisata Tapak Tuan Tapa

Wisata Tapak Tuan Tapa

Fasilitas yang ada di Wisata Tapak Tuan Tapa ini cukup lengkap. Disana terdapat parkiran yang cukup luas dan juga terdapat toilet umum. Bukan itu saja, disana juga terdapat mushola dan juga masjid disekitar lokasi wisata. Disepanjang pinggiran tempat wisata dilengkapi dengan pagar sebagai pembatas bagi wisatawan agar bisa lebih nyaman dan aman. Wisatawan juga bisa mencoba kuliner-kuliner yang ada disekitar tempat wisata.Terdapat kedai-kedai yang menjual kopi khas Aceh.

Disekitar tempat wisata Tapak Tuan Kuda ini juga menyediakan tempat duduk sederhana yang terbuat dari kayu, dimana tempat duduk ini menghadap ke laut, sehingga para wisatawan bisa menikmati keindahan hamparan lautan. Bagi wisatawan yang berasal dari luar daerah bisa menginap dan menyewa hotel atau penginapan yang berada di sekitar Wisata Tapak Tuan Tapa tersebut.

Spot Foto Di Wisata Tapak Tuan Tapa

Wisata Tapak Tuan Tapa

Jika berkunjung ke Wisata Tapak Tuan Tapa ini jangan lewatkan untuk mengabadikan momen indah dengan berfoto. Anda bisa foto di sebelah jejak kaki raksasa dan juga diatas bangunan khusus untuk wisatawan, namun para wisatawan tetap harus hati-hati ketika berpose, sebab ombak besar sering naik hingga ke bebatuan karang.

Anda bisa membawa kamera yang bagus agar foto yang dihasilkan maksimal, dan tentunya akan sangat menarik jika anda berpose dengan baground jejak kaki raksasa dan pemandangan laut dengan ombak yang ganas. Bukan itu saja, anda bisa berfoto diatas bebatuan karang yang berada disekitas jejak kaki tersebut, namun anda harus rela antri karena banyak wisatawn yang berkunjung ke Wisata Tapak Tuan Tapa .