Destinasi Wisata Jambo Hatta Aceh Selatan

Aceh Selatan merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Aceh. sesuai dengan namanya, Aceh Selatan berlokasi di daerah selatan Aceh. Aceh Selatan berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Oleh sebab itu iklim di daerah Aceh selatan cukup panas. Meskipun begitu, Aceh Selatan selalu jarang dilanda kekeringan. Aceh sSelatan terletak di perbatasan dengan Aceh Barat Daya, dan di sebelah Barat dan disebelah timur, Aceh Selatan juga berbatasan langsung dengan Kota Madya Subulussalam dan juga Aceh Singkil.

Wisata Jambo Hatta

Kabupaten Aceh selatan adalah wilayah yang berada dipesisir yang begitu banyak menyimpan pemandangan yang indah dan juga mempesona. Pemandangan tersebut lah yang menjadi obyek wisata. Pesisir barat-selatan Aceh memang sudah terkenal mempunyai pemandangan yang sangat indah. Deretan pegunungan dan laut Hindia yang membentang luas dapat memanjakan mata anda, ditambah lagi jika waktu sore telah tiba, pemandangan sunset memikat semua mata yang memandang ke arah yang sama.

Sejarah Wisata Jambo Hatta

Ada satu spot yang terkenal yang berada di lintas utama adalah Wisata Jambo Hatta, dimana dahulu Mohammad Hatta pernah melepas penat ditempat tersebut. Wisata Jambo Hatta merupakan sebuah gubuk kecil yang berada di atas bukit dimana letaknya sekitar 8 km dari Tapaktuan yang merupakan ibukota Aceh Selatan. Dari atas bukit ini anda bisa melihat teluk yang berada dibawahnya. Tebing yang terjal, gunung batu yang dipangkas untuk jalur jalan yang meliuk dan menggantung.

 Sejarah Wisata Jambo Hatta

Tempat ini disebut dengan jambo dikarenakan bentuknya yang berupa gubuk. Meskipun berlokasi di atas bukit, namun jambo tersebut tetap dibagun mirip dengan rumah panggung dan mempunyai sejumlah anak tangga yang harus dinaiki untuk memasuki jambo tersebut.

Motif yang menyerupai dengan anjungan yang membuat masyarakat menyebutnya dengan gubuk. Atap jambo berbentuk sudut yang umumnya rumah di Aceh. Disekitarnya, mulai dari tulang-tulang penyangganya terbuat dari sepinggang ada ukuran yang merupakan khas bagunan Aceh. Gubuk tersebut secara umum dibuat dari kayu. Beberapa bagian nampak terlihat sudah kopek, seiirng dengan umurnya yang sudah tua.

Wisata Jambo Hatta ini merupakan tempat dimana wakil presiden RI, Drs. Mohammad Hatta, beristirahat ketika menempuh perjalanan berkeliling di Aceh pada tahun 1953, untuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa. Wisata Jambo Hatta ini yang menjadi saksi sejarah ketika Dr. Mohammad Hatta berkunjung ke Aceh Selatan dimasa awal-awal Indonesia telah merdeka. Kedatangan plokamator RI ini langsung menuju ke Aceh Selatan tanpa melalui ibukota Provinsi.

Panorama persinggahan yang merupakan sejarah dari kunjungan Mohammad Hatta ini adalah sebah puncak gunung di Aceh Selatan yang berlokasi di sisi jalan Negara antar Singkil dan Tapaktuan. Lebih tepatnya berada di Desa Lhok Ruekam, Kec. Tapaktuan yang dapat ditempuh dengan perjalanan kurang dari 20 menit.

Kedatangan Mohammad Hatta tersebut disambut sangat meriah oleh warga masyarakat Aceh Selatan, dimana pada waktu itu Muhammad Hatta sempat makan bersama dengan masyarakat yang ada di pinggir Gunung Pudung Desa Ruak Kec. Kluet Utara, hingga sekitar 40 ekor kerbau disembelih sampai akhirnya sungai menjadi berwarna merah dikarenakan 40 kerbau tersebut disembeli di pinggir sungai

Bukit antara dua gampong itulah plokamator RI beserta rombongannya singgah pertama kalinya. Maka dari itu didirikanlah sebuah sebuah gubuk yang terkenal dengan sebutan “Jambo Hatta” yang dulunya disebut dengan sebutan “ Panorama Hatta”. Wisata Jambo Hatta ini diapit oleh dua gampong yaitu Panjupian dan Lhok Reukam, Kec. Tapaktuan.

Wisata Jambo Hatta ini masuk kedalam wilayang Gampong Lhok Reukam yang dulunya terkenal dengan sebutan “ketibang” atau bisa disebut dengan kepala tiga cabang. Dahulu memang ada kepala yang memiliki cabang tiga di Gampong Lhok Reukam yang sekarang entah kemana. Lhok Reukam merupakan gampong yang menyimpan pemandangan yang sangat indah dan cantik, yang berlokasi persisi di pinggir pantai dan atasnya terdapat bukit, dimana di bagian bukit tersebut terdapat jalan nasional.

Lokasi Wisata Jambo Hatta

Sejarah Wisata Jambo Hatta

Jika anda berada di lokasi wisata Jambo Hatta, kita anda memandang ke arah Lhok Reukam anda akan melihat lautan yang sangat luas dari mulai tengah sampai pecahan bui di tepi pantai, ditambah dengan perahu-perahu kecil milik nelayan yang menambah keindahan wisata Jambo Hatta ini. Barisan nyiur yang condong kelautan terlihat hijau dan juga rapi, sehingga menambah keindahan wisata Jambo Hatta.

Bukan hanya itu saja, ada sisi lain yang dapat kita nikmati dari wisata Jambo Hatta yaitu anda dapat melihat ke arah yang berlawanan, nantinya akan terlihat jalanan berbelok-belok di bukit Panjupian. Ketika mobil-mobil melewati jalan tersebut ditambah dengan hijaunya pepohonan yang rimbun dan juga indah dan juga warna birunya lautan yang berada di tempat tersebut akan nampak panorama yang indah seperti lukisan dan serasa benar asrinya.

Didalam sebuah dalgu Syen Lotan disentil mengenai keindahan laut Hindia di Aceh Selatan. Oleh sebab itu banyak masyarakat yang berkunjung kesana, untuk sejenak melepas penat sambil menikmati indahnya alam ini. Bahkan sekarang di wisata Jambo Hatta ini sudah terdapat kedai-kedai kecil yang menjual minuman maupun makanan ringan.

Keindahan Wisata Jambo Hatta

Keindahan Wisata Jambo Hatta

Menurut warga disana Mohammad Hatta singgah disana disebabkan karena keindahan dari tempat tersebut yang menjadi pemikat untuk datang kesana, bukan itu saja Muhammad Hatta sudah mengetahui jika di Aceh terdapat kandungan emas, oleh sebab itu saat ke Aceh, beliau beserta rombongannya langsung singgah ke Aceh Selatan.

Jika anda ingin melihat Kota Tapak tuan secara kesleuruhan, tempai inilah yang pali cocok yang dapat anda kunjungi. Anda bisa melihat dan menikmati indahnya Kota Naga dan juga melihat hamparan pengunungan yang sangat cantik dan juga memikat mata siapa saja yang melihatnya.

Wisata Jambo Hatta ini pun menjadi tempat wisata yang saat ini ramai dikunjungi oleh para pengunjung dan juga kafe. Jika anda melintas, anda dapat berkunjung untuk berteduh atau menikmati suasana yang asri dan indah di tempat tersbut. Sekarang bangunan tersebut sangat nyaman dan bersih untuk disinggahi. Tempat duduk yang disediakan juga sangat luas dan mempunyai pondok-pondok yang sangat nyaman yang dapat anda gunakan untuk menikmati secakir kopi dan keindahan alam yang luar biasa, Jika anda ingin menikmati dan memesan menu yang lainnya, anda juga bisa anda lakukan.

Fasilitas Wisata Jambo Hatta

Fasilitas Wisata Jambo Hatta

Di tempat wisata Jambo Hatta tersebut juga tersedia kamar mandi yang berlokasi dibelakang, yang dapat anda gunakan jika anda ingin buang air besar maupun buang air kecil. Bukan itu saja, ditempat ini telah disediakan mushola yang disediakan untuk pengunjung yang beragama Islam untuk menunaikan sholat.

Bukan itu saja, ketika anda berkunjung ke wisata Jambo Hatta ini, hendaknya ada mengabadikannya dalam bentuk foto. Anda dapat berfoto dengan baground yang indah yang ada di tempat tersebut. Agar hasil foto yang anda dapatkan maksimal hendaknya anda membawa camera yang bagus.