7 Tempat Wisata Budaya di Indonesia yang Mendunia

WisataMenarik.Com, 7 Tempat Wisata Budaya di Indonesia yang Mendunia – Sudah sewajarnya jika Negara dengan beragam budaya seperti Indonesia mempunyai banyak tempat wisata budaya. Jika kita telusuri, mungkin tidak akan terhitung berapa banyak wisata budaya yang ada. Namun, dari sekian banyak, ada 7 tempat wisata budaya di Indonesia yang dirasa paling popular dan dikenal dunia.

Ada beberapa alasan mengapa beberapa objek wisata budaya tersebut dikenal dunia. Pertama, karena memang objek wisatanya berada di daerah yang telah sangat dikenal. Kedua, karena sejarahnya yang memang mempesona para wisatawan khususnya yang menyukai sejarah dan kebudayaan. Tentu masih banyak alasan lainnya yang mendasari terkenalnya tempat wisata berikut ini.

7 Tempat Wisata Budaya di Indonesia yang Mendunia

7 Tempat Wisata Budaya di Indonesia yang Mendunia

7 Tempat Wisata Budaya di Indonesia yang Mendunia

1. Candi Borobudur

Siapa yang tidak mengenal tempat wisata yang satu ini? Situs wisata budaya yang satu ini dirasa yang paling sering dimasukkan dalam paket tour wisata domestik. Ternyata, selain terkenal di masyarakat Indonesia sendiri, situs wisata ini juga amat dikenal di luar negeri. Tepatnya, Candi Borobudur ini terletak di Desa Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia.

Candi dengan bentuk stupa ini dipercaya telah dibangun oleh para penganut Agama Buddha Mahayana pada sekitar abad ke-8 masehi. Candi ini tentu merupakan mahakarya besar dan membuktikan betapa hebatnya teknik arsitektur dan estetika seni yang diwariskan kepada tanah air. Bangunan ini juga telah diakui sebagai Situs Warisan Dunia Unesco.

Candi Borobudur

Candi Borobudur

Bangunan ini pun telah dinobatkan sebagai candi Buddha terbesar di dunia. Sebagian dari orang-orang yang datang pun bisa jadi bertujuan untuk menggunakan Candi Borobudur sebagai tempat ziarah keagamaan. Terutama pada hari-hari besar keagamaan seperti Waisak dan Trisuci.

2. Candi Prambanan

Candi Prambanan

Candi Prambanan

Tidak hanya Borobudur, Indonesia punya candi-candi lainnya yang tidak kalah bersejarah. Candi Prambanan yang terletak di Kecamatan Prambanan, Sleman dan Kecamatan Prambanan, Klaten, Jogyakarta ini sering juga disebut sebagai Candi Loro Jonggrang. Candi ini diperkirakan telah dibangun sejak abad ke-9 masehi.

Candi ini juga termasuk ke dalam Situs Warisan Dunia Unesco. Tidak kalah dengan candi sebelumnya. Candi ini juga ditengarai sebagai candi termegah di Asia Tenggara sekaligus sebagai Candi Hindu terbesar di Negara kita. Wajar saja jika tempat wisata ini kemudian dibanjiri oleh wisatawan asing.

3. Pura Luhur Uluwatu

Pulau Bali tidak pernah absen dari berbagai list wisata di Indonesia. Jika Anda mau berwisata modern, Bali punya. Suka bermain di Water Park, Bali juga punya. Wisata edukasi pun dijajal oleh Bali, belum lagi pantainya yang sangat menawan dan mempesona. Nah, masalah wisata budaya, Bali pun masih menunjukkan taringnya.

Pura Luhur Uluwatu

Pura Luhur Uluwatu

Pura Luhur Uluwatu ini terletak di ujung barat daya Pulau Bali. Tepatnya berada di atas anjungan batu karang yang bisa dikatakan terjal dan tinggi. Anjungan ini juga menjorok ke laut. Pura ini merupakan Pura Sad Kayangan yang dikenal umat Hindu sebagai penyangga dari 9 mata angin.

Pura ini berlokasi di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Badung, Provinsi Bali. Pantai yang ada di bawahnya pun kerap kali ramai dikunjungi orang-orang yang suka berselancar alias surfing kelas dunia. Tidak hanya itu, lokasi tersebut pun kerap dijadikan sebagai penyelenggaraan even surfing berskala internasional. Ombak di pantai ini benar-benar cocok untuk berselancar.

4. Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot

Tempat wisata budaya di Bali bukan hanya satu tapi ada beberapa. Salah satu yang tidak kalah terkenal dibandingkan dengan Pura Luhur Uluwatu adalah Pura Tanah Lot. Pura ini terletak di Beraban, Kediri, Tabanan, kurang lebih 13 kilometer sebelah selatan kota Tananan, Bali. Ada dua buah pura di tempat ini.

Pura-pura tersebut terletak di atas batu besar yang merupakan pura laut dimana menjadi tempat pemuhaan dewa-dewa penyangga laut. Selain karena sejarah dan budayanya, tempat wisata ini juga terkenal dan ramai dikunjungi karena keindahan alam dan megahnya sunset. Terbayang dong, bagaimana hebatnya pemandangan petang hari dari atas batu ini.

5. Kapal Karam USS Liberty

Lagi-lagi Bali. Indonesia memang tidak bisa lepas dari pulau hebat yang satu ini. Selain terdapat Pura yang banyak dikagumi wisatawan, Bali juga punya wisata budaya Kapal Karam USS Liberty. Kapal ini merupakan kapal perang yang telah lama karam akibat perang Dunia II yang terjadi pada tahun 1942.

Kapal Karam USS Liberty

Kapal Karam USS Liberty

Bagi wisatawan yang suka menyelam, destinasi wisata yang satu ini sepertinya wajib Anda kunjungi. Perairan tempat tenggelamnya kapal ini juga memiliki pemandangan yang menakjubkan lengkap dengan aneka karang berwarna-warni.

6. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman

Sebagai Megara dengan mayoritas beragama Islam, wisata budaya yang berkaitan dengan  Islam tentu juga menjadi sorotan para wisatawan mancanegara. Salah satunya adalah masjid megah yang ada di Banda Aceh. Masjid ini dibangun oleh Sultan Iskandar Muda Mahkora Alam pada tahun 1022 M.

Sekilas, bangunan masjid ini mirip sekali dengan Taj Mahal yang terletak di India. Warga Indonesia pun tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri. Tempat sejarah yang ini juga memiliki nilai historis yang sangat tinggi dan mampu membuat para wisatawan terkagum-kagum akan keindahannya.

7. Istana Tirta Gangga

Terakhir, tempat wisata budaya di Indonesia yang mendunia ini masih diisi oleh salah satu tempat wisata yang ada di Bali. Ya, kali ini ada Istana Tirta Gangga yang merupakan bekas istana kerajaan zaman dahulu yang terletak di bagian timur, Pulau Bali. Istana ini tepatnya berlokasi kurang lebih 5 kilometer dari Karangasem dekat dengan Gunung Agung.

Istana ini bisa dikatakan sebagai Istana Air karena lokasinya yang memang dibangun di atas air. Sesampainya di tempat wisata yang satu ini, Anda akan menemui labirin kolan dan air mancur yang dikelilingi oleh taman. Tamannya pun rimbun dan tidak ketinggalan dihisasi pula oleh patung-patung yang indah dan bersejarah.

Istana Tirta Gangga

Istana Tirta Gangga

Jika dijabarkan, maka wisata budaya di Indonesia tidaklah cukup 7 saja. Para wisatawan  dari luar negeri pun mulai semakin penasaran dengan bangunan atau lokasi bersejarah lainnya yang ada di Indonesia. Kita yang berkebangsaan Indonesia ini rasanya punya hokum wajib untuk menengok sejarah dan menyadari betapa kayanya Negara ini.