7 tempat wisata bahari di Sumatera Barat yang populer

Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi di pulau Sumatera yang juga menawarkan banyak tempat wisata menarik. Bahkan, di wilayah ini anda bisa menikmati banyak tempat wisata bahari yang sangat populer. Tidak hanya menawarkan pemandangan yang sangat menarik namun beberapa lokasi wisata itu juga cukup mudah untuk dijangkau. Ada juga beberapa lokasi yang memiliki jalanan sangat baik sehingga anda bisa menggunakan mobil bersama keluarga untuk mengunjungi tempat itu. Berbagai fasilitas di lokasi wisata ini juga akan membuat anda semakin nyaman. Di sekitar lokasi wisata itu juga terdapat hotel atau penginapan yang memudahkan anda untuk mengunjungi berbagai objek wisata.

tempat wisata bahari di Sumatera Barat

 

Anda jangan khawatir karena sebagian dari tempat wisata di Sumatera Barat ini masih terlihat alami dengan kondisi lingkungan yang cukup bersih. Hal ini juga yang bisa menjadi pertimbangan anda untuk mengunjungi 7 tempat wisata bahari di Sumatera Barat seperti:

  1. Pantai Caroline dengan pasir yang menakjubkan

Salah satu dari tempat wisata bahari di Sumatera Barat ini merupakan pantai yang sangat populer di Padang. Lokasi pantai ini berada di Teluk Bungus dengan jarak sekitar 25 km dari pusat kota Padang. Anda bisa menggunakan berbagai angkutan umum atau kendaraan pribadi untuk menjangkau tempat ini. Pantai ini memiliki pemandangan yang sangat indah dengan kondisi pasir yang cukup bersih. Selain itu, kadang-kadang anda juga akan melihat nelayan lokal menggunakan perahu untuk menangkap sebagian ikan.

Anda bisa menggunakan beberapa fasilitas umum yang tersedia di tempat ini. Bahkan, di sekitar lokasi pantai terdapat tempat menginap yang cukup ideal untuk digunakan bersama keluarga. Pemandangan pantai ini memang sangat menarik apalagi pada cuaca yang cerah. Di pinggir pantai ini terdapat beberapa pohon yang cukup rindang. Anda bisa beristirahat di bawah pepohonan itu sambil menikmati suara deburan ombak.

 

  1. Mengunjungi pulau Sikuai

Anda bisa juga menikmati tempat wisata bahari di Sumatera Barat dengan mengunjungi pulau Sikuai. Pulau ini terletak di sepanjang lokasi pandai Pandang. Untuk menjangkau tempat ini anda membutuhkan transportasi tambahan yaitu sebuah perahu. Di pulau ini terdapat banyak pohon kelapa yang sangat rindang dengan kondisi pasir putih yang juga bersih. Biasanya lokasi tempat wisata ini sering digunakan bagi para pasangan yang ingin menikmati bulan madu bersama. Pulau ini juga sangat jauh dari keramaian sehingga anda juga bisa menikmati suasana dengan sangat baik.

Anda membutuhkan waktu sekitar 35 menit menggunakan perahu untuk menjangkau tempat ini. Namun, disarankan untuk pergi ke pulau Sikuai dengan cuaca yang cukup cerah. Hal ini untuk menghindari ombak yang tidak bersahabat saat menaiki perahu. Jangan khawatir di sekitar pulau ini terdapat hotem berbintang yang bisa anda gunakan sebagai tempat menginap dengan kondisi yang sangat ideal.

 

  1. Menikmati pemandangan di pulau Cubadak

Tempat wisata bahari di Sumatera Barat yang terkenal lainnya adalah pulau Cubadak. Pulau ini sama dengan tempat wisata lain di Padang yang menawarkan pemandangan indah dan kondisi air laut yang cukup bersih. Pulau ini langsun dikelola oleh investor yang berasal dari Italia sehingga anda akan merasakan liburan yang berkualitas dengan berbagai sarana dan prasarana yang sangat baik. Ada banyak kegiatan yang bisa anda lakukan selama berada di pulau ini.

Kondisi pantai yang sangat bersih akan memberikan kenyamanan saat anda melakukan snorkeling. Selain itu, anda juga bisa mengelilingi sebagian dari lokasi pulau ini dengan perahu. Pergi memancing di beberapa spot hingga menikmati pulau dengan menaiki motor boat.

 

  1. Mengunjungi pantai air manis Batu Malin Kundang

Wisata ini merupakan tempat yang menjadi bagian legenda dari Malin Kundang. Legenda ini menceritakan tentang anak durhaka yang tidak mau menganggap ibu kandungnya setelah dirinya sukses dan pulang ke kampong halaman. Sehingga sang ibu mengutuk anaknya menjadi batu. Legenda ini semakin membuat orang menjadi takjub karena di salah satu bagian pantai Air Manis terdapat sebuah patung batu yang menyerupai bentuk tubuh orang dewasa sedang berlutut.

Pantai ini berada di dekat pelabuhan Teluk Bayur yang cukup mudah untuk dijangkau. Namun, kondisi bebatuan di pinggir pantai cukup terjal karena ukuran yang besar. Anda bisa menikmati seluruh spot di pulau ini dengan berfoto atau hanya sekedar berjalan. Jangan khawatir, anda juga bisa menjadikan patung batu legenda itu sebagai objek foto yang menarik.

 

  1. Mencoba wisata pantai Nirwana

Salah satu tempat wisata menarik lainnya yang harus anda kunjungi bersama keluarga adalah Pantai Nirwana. Pantai ini memiliki ukuran yang sangat luas dibandingkan dengan pantai lainnya. Apalagi kondisi pasir yang sangat bersih akan memancarkan warna putih alami. Luas pantai yang sangat ideal ini menjadikan lokasi ini bisa menjadi tempat bermain bagi para anggota keluarga. Bahkan, kondisi ombak di pantai ini juga tidak terlalu besar. Sehingga anak-anak anda juga akan aman bila bermain air.

Untuk mengunjungi tempat ini sebaiknya hindari musim penghujan. Kadang-kadang angin di pantai ini cukup kencang sehingga membuat waktu bermain juga terganggung. Namun, kondisi air di pantai ini cukup bersih dan bisa menjadi latar belakang foto yang sangat menarik. Di sekitar dari lokasi pantai ini juga terdapat beberapa fasilitas umum yang bisa digunakan.

 

  1. Wisata pasir pantai Jambak

BIla anda memiliki waktu yang cukup banyak selama mengunjungi Padang cobalah mampir sejenak di Pantai Jambak. Pantai ini berada di Tabing dengan jarak sekitar 20 km dari pusat kota Padang. Untuk menjangkau pantai ini anda akan melewati jalan lintas Padang-Pariaman. Sehingga ini bisa menjadi salah satu pilihan objek wisata yang bisa dikunjungi bersama dengan rombongan yang cukup banyak.

Sama seperti pantai lainnya, anda akan menikmati pasir putih di pantai dengan ukuran yang cukup lebar. Selain itu, ada juga beberapa pepohonan yang cukup rindang dengan kondisi yang sangat baik. Sehingga anda bisa bermain atau menikmati semilir angin pantai yang tidak terlalu kencang. Kondisi air di pantai ini juga hampir sama dengan pantai lain di Sumatera Barat. Apalagi terdapat beberapa fasilitas umum yang mungkin anda butuhkan selama bermain di pantai itu.

 

  1. Bermain ombak di Pantai Padang

Ini adalah tempat wisata bahari di Sumatera Barat yang paling mudah untuk dikunjungi dari pusat kota Padang. Hingga kini pemerintah terus melakukan pembenahan terhadap Pantai Padang. Hal ini dibuktikan dengan terdapat berbagai akomodasi yang dibutuhkan seperti hotel dengan pelayanan berbintang. Pantai ini juga sudah mengalami perubahan dengan tampil lebih bersih. Di sekitar lokasi masuk ke pantai tedapat banyak bunga yang sangat indah.

Lokasi pantai ini berada di dekat Pasar Raya Padang dan jembatan Siti Nurbaya. Untuk menjangkaunya anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi. Jalanan menuju pantai ini juga cukup baik.