7 Pantai di Indonesia yang Eksotis dan Mendunia

7 Pantai di Indonesia yang Eksotis dan Mendunia – Pantai masih menjadi pilihan utama banyak orang untuk berlibur. Lalu pertanyanya, kenapa harus pantai? Pertama, wisata pantai menyajikan panorama alam yang luar biasa indah. Kedua, pantai juga menawarkan berbagai macam kegiatan seru yang menyenangkan. Terlebih lagi, apabila Anda mengnjungi deretan pantai di Indonesia yang eksotis dan telah mendunia berikut ini. Dijamin penat dan stress akan rutinitas sehari-hari dapat menghilang dengan seketika.

Nah, untuk Anda yang akan berwisata ke pantai. Agar tidak salah pilih, berikut daftar 7 pantai eksotis di indonesia yang wajib Anda kunjungi.

  1. Pantai Ora
Pantai Ora

Pantai Ora

Pantai eksotis di indonesia yang pertama kami uraikan adalah Pantai Ora. Memiliki keindahan pantai yang bisa dibilang sempurna, pantai Ora atau Ora Beach sangat jarang terekspose sehingga masih terawat dengan baik. Pantai Ora berlokasi di ujung teluk Sawai, di Desa Saleman, Seram Utara, Maluku Tengah.

Karakteristik pantai ini berpasir putih lembut, airnya jernih dan bersih serta deburan ombaknya yang tidak begitu tinggi. Suasana di pantai ini sangat tenang. Tidak hanya di sepanjang siang hari, di malam harinya pun keindahan pantai ini juga sangat menakjubkan, menjadikan Pantai Ora salah satu pantai eksotis di indonesia.

Yang tak kalah menariknya adalah penginapan berupa resort-resort. Penginapan ini dibangun di atas pantai dengan bentuk rumah panggung.

  1. Pantai Nihiwatu
Pantai Nihiwatu

Pantai Nihiwatu

Terletak di Kota Waikububak Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Pantai Nihiwatu memiliki keindahan pantai yang eksotis yang sudah diakui dunia. Pantai Nihiwatu masuk dalam daftar urutan ke-17 pantai terbaik di dunia versi CNN World’s 100 Best Beaches In The World. Pantai cantik ini juga merupakan satu-satunya pantai di Indonesia yang masuk dalam 10 besar pantai terbaik di Asia.

Selain pasir putih, jernih dan bersihnya air laut serta akomodasi berstandar internasional. Pantai Nihiwatu juga terkenal akan kesempurnaan dan keganasan ombaknya. Ombak di Nihiwatu mendapat julukan Left God Wafes dan diklami sebagai salah satu ombak tercepat di dunia. Diakui oleh dunia sebagai salah satu Best Beaches in the World menjadikan Pantai Nihiwatu Kami tempatkan menjadi satu dari 7 Pantai di Indonesia yang Eksotis.

  1. Pantai Pink Pulau Komodo
Pantai Pink

Pantai Pink

Pantai di Indonesia yang Eksotis berikutnya adalah Pantai Pink di Pulau Komodo. Keindahan pantai dengan warna pasirnya berwarna hitam kecokelatan mungkin sudah sangat sering ditemui dan sudah biasa, pantai berpasir putih tentu sangat indah, tapi bagaimana dengan pantai pink (merah muda)? Pastinya luar biasa bukan, sangat eksotis pastinya. Fenomena pantai dengan pasir berwarna pink ini hanya ada 7 di dunia, dan salah satunya ada di Indonesia. Yakni di Nusa Tenggara Timur (NTT), di kawasan Taman Nasianal Komodo.

Disebut Pantai Pink karena pantai ini memang memliki hamparan pasir berwarna pink. Warna pasir pink dipantai ini berasal dari serpihan karang dan biota laut yang terbawa arus ke tepi pantai yang kemudian  menyatu dengan pasir  putih. Terlepas dari pesona pasirnya yang unik, Pantai Pink di Pulau Komodo ini juga merupakan salah satu spot diving dan snorkeling terbaik. Airnya sangat bersih dan jernih, aneka bioat laut cantik dan langka juga banyak ditemukan di sini.

Untuk menambah pengalaman yang tak terduga, tidak ada salahnya untuk menjelajah daratan sekitar dan bertemu dengan reptil purba penghuni terkenal pulau ini yakni Komodo.

  1. Tomini Bay
Tomini Bay

Tomini Bay

Keindahan Pantai Tomini Bay tentu tidak perlu diragukan lagi. Kebersihan pantai yang terjaga dengan baik dan pemandangan biota laut yang masih alami menjadi pemandangan pantai indah yang sulit tertandingi, bahkan nyaris tak tertandingi di Sulawesi.

Jika Anda termasuk penggemar wisata pantai sejati, maka lawatan ke pantai Tomini bay tidak boleh dilewatkan, pantai ini Kami tempatkan sebagai salah satu dari Pantai di Indonesia yang Eksotis.

  1. Kepulaun Raja Ampat
Raja Ampat

Raja Ampat

Secara administratif gugusan pulau eksotis ini berada di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Kepualau Raja Ampat merupakan salah satu lokasi bahari terbaik di dunia. Pemandangan bawah laut di sana sungguh luar biasa indah. Salah satu bukti kepopuleran objek wisata Raja Ampat adalah dengan dibuatnya film dokumenter “Edis Paradise 3” oleh Avant Premiere. Film dokumneter tersebut menceritakan keindahan dan kekayaan alam bawah laut Raja Ampat.

  1. Pantai Jimbaran
Pantai Jimbaran

Pantai Jimbaran

Perpaduan rasa eksotis dan romantis akan Anda dapati apbila berwisata ke Pantai Jimbaran, Bali. Di siang hari, Pantai Jimbaran mungkin tidak seramai pantai terkenal lainnya di Bali. Tapi jangan salah, tunggu hingga menjelang sore hari. Maka Pantai Jimbaran akan mulai ramai dipadati banyak wisatawan.

Alasannya tidak lain tidak bukan adalah menantikan dan menyaksikan moment sunset yang begitu memukau. Saat sore hari, mulai banyak juga cafe dan resto seafood di sepanjang tepi pantai Jimbaran yang menjajakan aneka hidangan kuliner. Soal cita rasa, masakan di resto di sana dijamin sangat nikmat. Karena sebagian besar hidangan yang disediakan dimasak dengan cara dibakar, lalu disajikan bersama nasi, sambal, sayur plecing lengkap dengan minumannya es kelapa muda.

Wisata kuliner di pinggir pantai ini terbilang unik dan jarang ditemui di pantai-pantai lainnya. Sembari menanti detik-detik matahari terbenam, menikmati hidangan seafood merupakan kegiatan menyengkan nan romantis yang yang biasa dilakukan wisatawan. Selain itu, jika Anda beruntung. Saat malam hari, Anda juga berkesempatan menyaksikan live music yang diadakan cafe dan resto tertentu di Pantai Jimbaran.

Untuk Anda yang datang bersama orang yang spesial, menikmati sunset yang memukau sembari menikmati aneka kuliner di Pantai Jimbaran di tambah lagi pertunjukan musik di malam harinya pasti akan menjadi pengalaman yang sulit untuk dilupakan. Romantisme Pantai Jimbaran menjadikannya satu dari 7 Pantai di Indonesia yang Eksotis.

Pantai Jimbaran berlokasi di Desa Jimbaran, Kec. Kuta Selatan, Kabupaten Badung Bali. Lokasinya tidak berada jauh dari Bandara International Ngurah Rai.

  1. Pulau Kanawa
Pulau Kanawa

Pulau Kanawa

Berlokasi di daerah Flores, Nusa Tenggara Timur. Pulau kanawa masih termasuk dalam kawasan cagar alam Taman Nasional Pulau Komodo. Pulau Kanawa memiliki luas sekitar 35 Ha, pulau ini banyak diburu oleh para wisatawan asing maupun dalam negri untuk diselami setiap jengkal keindahannya.

Daya tarik utamanya adalah keindahan pantai dan kehidupan bawah lautnya yang sangat menawan. Pasir putih lembut, jernihnya air laut dengan gradasi warna biru kehijauan di sana disempurnakan dengan keindahan beragam biota laut yang sangat istemewa.Tanpa perlu diving ataupun snorkeling, keindahan bawah laut di pantai ini sudah bisa Anda saksikan dari atas permukaan air.

Di Pulau Kanawa juga terdapat bukit kecil yang bisa didaki, dari atas bukit itulah akan terlihat jelas seluruh bentangan keindahan Pulau Kanawa.

Indonesia sebagai negara yang sebagain besar wilayahnya perairan (maritim), tidak hanya memiliki 7 pantai di indonesia yang eksotis dan mendunia di atas. Tapi masih banyak lagi pantai lainnya yang keindahannya bisa disejajarkan.

Happy Travelling!