6 tempat wisata di Bandung yang harus anda datangi bersama keluarga

Bandung memang memiliki cerita yang berbeda. Udara dingin selalu menjadi ciri khas kota yang memiliki sebutan Paris Van Java. Kota ini juga dikenal dengan sebutan kota mode dengan industri fashion yang semakin berkembang. Ada banyak pilihan outlet pakaian hingga sepatu dengan dukungan merek lokal. Selain itu, Bandung juga menyimpan berbagai tempat wisata yang sangat menarik. Bahkan, anda akan merasa menyesal bila tidak mengunjungi beberapa pilihan tempat wisata di Banding. Menariknya, destinasi yang menjadi favorit di Bandung ini juga cukup mudah untuk dijangkau. Sehingga anda bisa mengunjungi berbagai tempat wisata itu bersama keluarga.

Pilihan tempat wisata di Bandung biasanya terdiri dari wisata alam dan edukasi. Masing-masing dari tempat yang menawarkan suasana berbeda ini bisa dikunjungi bila anda memiliki waktu yang cukup banyak selama berada di Bandung. Apalagi ada juga tempat wisata yang memberikan akses mudah dengan tidak memungut biaya.

tempat wisata di Bandung

Ada 6 tempat wisata di Bandung yang bisa menjadi pertimbangan bagi anda untuk dikunjungi bersama keluarga, seperti:

  1. Gunung Tangkuban Perahu

Ini adalah salah satu tempat wisata di Bandung yang wajib anda kunjungi bersama keluarga. Lokasi Gunung Tangkuban Perahu berada di wilayah Cikole, Lembang. Untuk mengunjungi tempat ini anda akan menempuh jarak sekitar 30 km dari pusat kota Bandung. Tempat wisata ini menawarkan suasana gunung kawah yang sangat indah. Lokasinya yang berada di dataran tinggi juga akan mempengaruhi suhu udara. Hal ini yang membuat anda harus menyiapkan perlengkapan tambahan seperti jaket atau baju hangat selama berada di sana. Bahkan, suatu waktu suhu udara di lokasi ini bisa mencapai 2 derajat celcius. Untuk mengunjungi tempat ini anda akan dikenakan biaya masuk 20 ribu per orang untuk wisatawan lokal dan sekitar 200 ribu untuk wisatawan asing.

 

  1. Trans Studio Bandung

Rekomendasi tempat wisata di Bandung lainnya yang bisa anda kunjungi bersama keluarga adalah Trans Studio Bandung. Ini adalah wahana indoor paling besar di seluruh wilayah Indonesia. Ada banyak pilihan wahana yang bisa dinikmati bersama keluarga. Bahkan, anda bisa membutuhkan waktu seharian untuk bermain di wahana itu. Trans Studio Bandung memiliki sekitar 23 wahana indoor. Beberapa pilihan wahana yang bisa anda gunakan untuk bermain seperti Yamaha Racing Coaster, Arena Teater, Giant Swing dan masih banyak lainnya.

Tempat ini juga terintegrasi dengan Mall dan Hotel Trans Studio. Sehingga anda bisa dengan mudah menjangkau tempat ini bila menginap di hotel itu. Trans Studio Bandung menerapkan tarif yang berbeda dengan pilihan hari. Pada hari Senin hingga Kamis pengunjung akan dikenakan biaya 180 ribu, Jumat anda akan dikenakan biaya 200 ribu dan pada akhir pekan seperti Sabtu dan Minggu tarifnya adalah 280 ribu.

 

  1. Kawah Putih Bandung Selatan

Waktu libur bersama keluarga bisa anda luangkan untuk mengunjungi wisata alam. Pilihan lain dari tempat wisata di Bandung yang bisa dikunjungi adalah Kawah Putih. Tempat ini memiliki lokasi di Cidiwey, Bandung Selatan. Bila anda berangkat dari pusat kota Bandung maka jarak tempuhnya sekitar 50 km. Tempat wisata ini memiliki suhu udara yang cukup dingin karena berada di ketinggian sekitar 1400 meter diatas permukaan laut.

Kawah putih ini adalah sebuah kawasan yang memiliki pasir putih dan kawah dengan warna sama. Warna putih pada seluruh bagian dari lingkungan sekitar tempat ini berasal dari unsur belerang akibat letusan Gunung Patuha. Tempat ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan menarik. Beberapa spot di kawah ini memang sering digunakan untuk berfoto, melukis hingga berbagai aktifitas lainnya. Untuk masuk ke lokasi ini anda harus membayar biaya masuk sekitar 17 ribu untuk wisatawan lokal dan 50ribu untuk wisatawan asing.

 

  1. Curug Maribaya

Rekreasi wisata alam lain yang menarik perhatian adalah Taman Wisata Maribaya. Di lokasi ini terdapat air terjun yang sangat indah dengan sebuat Curug Maribaya. Air terjun ini berada di Kampung Cikondang yang termasuk di bagian Cibodas, Lembang. Anda bisa mengunjungi tempat ini dari pusat kota Bandung dengan berbagai moda transportasi. Mungkin anda bisa menggunakan mobil pribadi bersama keluarga karena sarana jalan di sekitar lokasi wisata ini juga cukup baik.

Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 15 meter. Aliran deras air terjun ini berasal dari Sungai Bandung barat. Pada musim kemaru biasanya air terjun ini terlihat sangat jernih. Namun, debit air yang turun biasanya lebih sedikit. Namun, anda disarankan untuk tidak mengunjungi air terjun ini pada musim hujan. Biasanya air terjun ini cukup kotor akibat lumpur yang masuk dari hulu sungai. Untuk menikmati air terjun Curug Maribaya ini anda harus mengeluarkan biaya sekitar        35 ribu rupiah per wisatawan.

 

  1. Gedung Sate Bandung

Tentu saja anda bisa menikmati sisi lain kota Bandung dengan mengunjungi beberapa tempat menarik di pusat kota. Salah satu tempat yang bisa anda kunjungi adalah Gedung Sate Bandung. Tempat ini adalah ikon dari kota Bandung. Bangunan bersejarah yang memiliki ukuran cukup besar ini selalu menjadi latar belakang foto dari banyak wisatawan yang mampir. Kolaborasi desain modern dan tradisional pada beberapa sisi bangunan akan memberikan kesan yang sangat berbeda. Bahkan, anda juga bisa menikmati alat peraga dengan teknologi terbaru.

Salah satu sudut dari gedung Sate Bandung adalah museum yang memiliki banyak alat peraga. Ada 3 bagian utama yang dimiliki oleh gedung ini yang terdiri dari Ari Pembuka yang bisa anda lihat pada saat memasuki, Area Utama yang memiliki banyak alat peraga, dan Wahana Bermain. Untuk mengunjungi museum di gedung ini anda akan dikenakan biaya sekitar 5 ribu rupiah per pengunjung. Sebaiknya anda datang ke tempat ini pada pagi atau siang hari untuk menikmati seluruh bagian sisi museum.

 

  1. Meseum Konferensi Asia Afrika

Pilihan lain dari tempat wisata edukasi yang bisa dinikmati bersama keluarga adalah Museum Konferensi Asia Afrika. Di gedung ini ada banyak pembelajaran penting yang bisa anda nikmati. Apalagi berbagai diorama hingga naskah dari sejarah pertemuan Konferensi Asia Afrika bisa anda lihat dengan sangat jelas. Museum ini berada di jalan Asia Afrika no 65 Bandung. Untuk mengakses lokasi dari tempat ini juga cukup mudah karena ada di pusat kota Bandung.

Berbagai dokumentasi, diorama, hingga dokumen rahasia terpampang di beberapa sudut ruangan. Anda bahkan bisa melihat banyak foto-foto yang merupakan bagian dari pertemuan di Konferensi Asia Afrika. Jangan khawatir karena pengelola museum ini memberikan kemudahan akses dengan tidak memungut biaya yang cukup mahal. Namun, anda juga harus menjaga kebersihan dan tidak mengeluarkan suara yang terlalu berisik saat mengunjungi tempat ini.