5 wisata alam di Bangka Belitung yang menakjubkan

Bangka Belitung merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terdiri dari beberapa pulau. Wilayah kepulauan provinsi ini terdiri dari pulau besar yaitu Bangka dan Belitung. Selain itu, terdapat juga ratusan pulau kecil lainnya yang berpenghuni atau tidak. Provinsi ini dahulu adalah salah satu wilayah penghasil timah yang sangat besar di Indonesia. Bahkan, pada masa pemerintahan Soekarno produksi tambang timah menjadi salah satu proyek strategis yang membantu perekonomian negara. Hal menarik lainnya di wilayah ini adalah kultur budaya yang cukup unik.

Sebagian besar penduduk di Bangka Belitung merupakan etnis Tionghoa. Hal ini yang membuat ada banyak klenteng di beberapa sudut kota atau lokasi. Selain dikenal dengan kultur masyarakat yang menarik, Bangka Belitung juga memiliki berbagai tempat wisata yang sangat menakjubkan. Salah satunya adalah wisata alam yang memang masih sangat asri. Wilayah kepulauan di tempat ini akan mempengaruhi objek wisata berbeda di tempat lainnya. Anda akan menemukan banyak pantai yang sangat indah dengan kondisi cukup bersih. Bahkan, untuk menjangkau beberapa tempat wisata itu tidak terlalu sulit karena struktur jalan utama yang bisa dilalui oleh beberapa kendaraan bermotor.

wisata alam di Bangka Belitung 2

Berikut ini ada 5 wisata alam di Bangka Belitung yang akan membuat waktu liburan anda semakin mengesankan, seperti:

  1. Menikmati keindahan di Pantai Tenggiri

Salah satu wisata alam di Bangka Belitung yang bisa anda kunjungi adalah Pantai Tenggiri. Pantai ini merupakan salah satu objek wisata alam yang menawarkan keindahan menakjubkan. Karakter dari ombak yang bisa anda nikmati di pantai ini cukup lembut. Bahkan, permukaan wilayah di pantai ini cenderung sangat lantai. Hal ini akan memberikan kemudah bagi anda untuk menelusuri beberapa sudut pantai bersama dengan keluarga. Kondisi pasir di wilayah pantai ini juga sangat bersih dengan ukuran yang tidak terlalu kecil atau besar. Ada beberapa batu karang dengan berbagai ukuran yang bisa menjadi background menarik untuk swafoto.

Lokasi pantai ini berjarak sekitar 40 km dari pusat kota di Bangka Belitung. Hal menarik lainnya yang bisa anda nikmati adalah saat anda berdiri di garis pantai terluar. Anda akan melihat dengan seksama keindahan dari Laut China Selatan. Pohon-pohon yang berada di sekitar pantai juga memberikan suasana yang sangat teduh. Selain menikmati keindahan dari pantai ini anda memiliki beberapa pilihan aktifitas yang bisa dilakukan. Beberapa diantaranya seperti menaiki banana boat, snorkeling dan lainnya.

  1. Snorkeling di Pulau Memperak

Bagi anda yang hobi snorkeling mungkin bisa menjadikan Pulai Memperak sebagai wisata alam di Bangka Belitung yang paling utama untuk dikunjungi. Pulau ini terletak di wilayah Belitung Timur dengan suguhan menarik terhadap kondisi pantai yang sangat mengesankan. Bahkan, di beberapa spot dari pantai ini kondisi air laut terlihat sangat bersih. Bahkan, anda juga bisa melihat secara langsung berbagai biota laut yang berada di kedalaman tertentu. Hal ini yang membuat lokasi pantai ini menjadi sangat eksotis untuk melakukan snorkeling.

Ada beberapa lokasi snorkeling terbaik yang bisa anda kunjungi. Beberapa diantaranya terdapat di bagian Timur, Barat dan Utara. Ada juga beberapa spot mengesankan yang memiliki terumbu karang asri dengan berbagai ukuran. Jangan khawatir karena lokasi pantai ini memiliki kondisi yang bersih dan pasir pantai yang cukup nyaman. Saran yang harus anda perhatikan adalah jangan lupa untuk menggunakan alas kaki saat melakukan snorkeling untuk menghindari gigitan bulu babi.

  1. Coba kunjungi Pantai Tikus

Meskipun pantai ini memiliki nama yang menggelikan namun tidak membuat kondisi wilayah itu terlihat kotor. Bahkan, pantai ini termasuk wilayah yang masih sangat asri dengan kondisi pasir hingga air laut yang sangat bening. Hal ini dikarenakan pantai ini terbebas dari tangan-tangan jahil yang merusak biota laut atau melakukan proyek besar di sebagian spot. Anda bisa melihat berbagai batu granit dengan berbagai ukuran yang tersusun dengan estetika sangat menakjubkan. Bahkan, air laut di sekitar batu granit ini sangat bersih yang membuat anda bisa melihat kondisi di sekitar pantai.

Salah satu spot di wisata alam di Bangka Belitung ini terdapat puncak bukit dengan berbagai pohon yang cukup rindang. Anda akan menemukan kuilt yang digunakan sebagai tempat peribadatan oleh masyarakat sekitar. Bentuk dan arsitektur dari kuil ini juga disesuaikan dengan kultur yang dimiliki oleh masyarakat itu. Sehingga anda akan melihat kuil dengan bentuk atau desain bulat. Pantai ini terletak di Desa Rebo Kelurahan kenanga di wilayah Sungailiat.

  1. Panorama indah di Pantai Penyusuk

Wisata alam di Bangka Belitung lainnya masih menawarkan panorama indah dari pantai. Anda bisa mendapatkan suasana sore yang mengesankan di Pantai Penyusuk. Lokasi dari pantai ini terletak di bagian utara provinsi Bangka Belitung. Pantai ini menawarkan kondisi air laut yang cukup bersih dengan berbagai batu granit mengesankan. Bahkan, ada beberapa batu granit besar yang tersusun rapi sehingga bentuknya hampir menyerupai ceruk. Di bagian pesisir pantai terdapat beberapa pohon cukup rindang yang memubat seluruh panorama terlihat lebih menakjubkan. Lokasi pantai ini berada di Belinyu.

Karakter ombang yang berada di pantai ini cukup tenang dan sangat bersahabat bagi berbagai aktifitas. Hal ini yang membuat banyak wisatawan sangat senang melakukan beberapa aktifitas untuk melihat langsung biota laut di sekitar pantai. Sekitar pantai ini terdapat beberapa pulau kecil yang bisa dikunjungi. Anda bisa pergi ke pulau di sekitar pantai ini dengan menggunakan perahu nelayan sekitar. Biaya perahu ini sekitar 150ribu.

  1. Pantai Pasir Padi

Ini adalah salah satu pantai yang cukup dekat dari pusat kota Pangkalpinang. Jarak yang akan anda tempuh sekitar 7 km dari pusat kota. Bahkan, pada saat anda mendarat di bandara udara Pangkalpinang anda akan langsung disuguhi oleh pemandangan yang sangat indah dari Pantai Pasir Padi. Lokasi yang cukup dekat itu menjadikan pantai ini sangat dikenal oleh masyarakat sekitar. Hal ini bisa menjadi referensi bagi anda untuk mengunjungi pantai terdekat dari pusat kota. Apalagi sarana jalan utama menuju ke lokasi pantai ini juga cukup baik sehingga bisa menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Pantai ini berada di kecamatan Bukit Intan yang berdekatan dengan pusat kota Pangkalpinang.

Nama Pantai Pasir Padi memang dipengaruhi oleh struktur atau bentuk dari pasir yang ada di sekitar pantai. Anda akan menemui pasir dengan ukuran seperti bulir padi. Kondisi pasir yang sangat bersih menjadikan suasana di pantai terlihat lebih tenang. Untuk menikmati seluruh spot di pantai ini anda harus mengeluarkan biaya masuk sekitar 10 ribu per orang. Ada beberapa fasilitas umum juga yang bisa anda gunakan selama berada di dalam area pantai. Bahkan, di sekitar pantai juga terdapat hotel yang bisa digunakan sebagai tempat untuk menginap.