40 Tempat Wisata di Makassar Sulawesi Selatan yang Sungguh Sangat Memukau

WisataMenarik.Com, 40 Tempat Wisata di Makassar Sulawesi Selatan yang Sungguh Sangat Memukau – Jika berbicara tentang destinasi wisata di Indonesia tentunya tidak akan pernah habis.  Salah satunya yaitu di Makassar, selain terkenal dengan kuliner khasnya yang menggoda perut, salah satu kota besar di provinsi Sulawesi Selatan ini juga mempunyai potensi tempat wisata yang menarik dan wajib untuk kamu kunjungi ketika liburan di Makassar.  Penasaran dengan Tempat Wisata di Makassar Sulawasi Selatan? Daripada penasaran, yuk simak ulasannya di bawah ini.

40 Tempat Wisata di Makassar Sulawesi Selatan yang Sungguh Sangat Memukau

Benteng fort rotterdam di makassar

Benteng fort rotterdam di makassar

Benteng fort rotterdam di Makassar

Sama halnya dengan setiap kota yang ada di dunia pasti memiliki tempat wisata sejarah yang menjadi destinasi favorit bagi wisatawan.  Benteng Rotterdam ini merupakan ikon Tempat Wisata di Makassar.  Bangunan peninggalan kolonial Belanda ini menyimpan berbagai benda peninggalan zaman penjajahan dulu, seperti alat pertanian, penggilingan padi, pakaian adat daerah dan masih banyak lainnya.

Bagi kamu yang ingin mengunjungi Benteng Rotterdam, tidak perlu takut jika tempat ini akan tutup karena tempat ini beroperrasi setiap harinya mulai dari pukul 08:00 – 18:00 WIT.  Lokasi tempat wisata ini terletak di Jl. Ujung Pandang, Bulo Gading, Ujung Pandang, Kota Makassar.  Untuk harganya, kamu bisa masuk secara gratis kok, kecuali jika kamu masuk ke museumnya, kamu akan dikenakan biaya Rp 7.500 per orang.

Gowa Discovery Park

Dengan luas 7.2 hektar, tempat wisata yang berisikan wahana, waterboom, taman burung dan area outbound ini tak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke Makassar.  Bagi kamu yang ingin mengunjungi Tempat Wisata di Makassar yang keren ini, cukup mengoceh kantong dengan tariff Rp 100.000 per orang untuk dapat mencoba semua wahana yang ada .

Gowa Discovery Park

Gowa Discovery Park

Tempat Wisata di Makassar ini berlokasi di Jalan Tumanurung, Benteng Somba Opu, Baraomboung, Kota Makassar.  Lokasinya berdekatan dengan Benteng Somba Opu.  Jam beroperasi Gowa Discovery Park dimulai pada pukul 08:00 – 17:00 WIT untuk setiap harinya.

Benteng Somba Opu

Tidak jauh dari Gowa Discovery Park, kamu bisa mengunjungi Benteng Somba Opu yang merupakan peninggalan sejarah zaman kolonial Belanda.  Di benteng ini kamu bisa melihat rumah adat tradisional Sulawesi Selatan, cocok bagi kamu yang ingin ber wisata sejarah dan budaya.  Lokasi benteng ini berada di Jl. Daeng Tata, Barombong, Gowa.  Jam operasional benteng dimulai dari pukul 08:00 – 19:00 dengan harga tiket masuk sebesar Rp 2.000 per orang.

Benteng Somba Opu

Benteng Somba Opu

Trans Studio Makassar

Sebagai ikon tempat wisata modern, Trans Studio juga bisa ditemukan di Makassar.  Di dalamnya terdapat 21 wahana yang bisa kamu nikmati bersama keluarga.  Selain itu, ada juga 4 zona permainan yang terdiri dari Studio Central. Cartoon City, Lost City dan Magic Corner.  Untuk masuk ke tempat ini, kamu hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp 100.000 pada hari biasa dan Rp 175.000 pada akhir pekan.  Jika ada event tertentu, biaya akan bertambah mencapai Rp 200.000.

Trans Studio Makassar

Trans Studio Makassar

Lokasi Trans Studio Makassar berada di Jl. Metro Tj. Bunga No.28, Maccini Sombala, Tamalate.  Tempat ini beroperasi setiap hari dan buka mulai pukul 10:00 – 21;00 WIT.

Bugis Waterpark

Ingin wisata air di kota Makassar ? Kamu wajib datang ke Bugis Waterpark.  Denger-denger nih, tempat wisata ini menjadi wahana permainan air terbesar di Indonesia Timur loh. Dengan total 3 zona bermain dan 10 wahana air yang menari di dalamnya, kamu tak perlu ragu akan keseruan bermain air disini.

Bugis Waterpark

Bugis Waterpark

Lokasi tempat ini berada di Perumahan Bukit Baruga Antang, Jl. Sektor Mahamero No.1. Makassar, Antang, Manggala.  Jam operasional mulai dari pukul 09:00 – 18:00 untuk setiap hariya.  Jika kamu berencana ke Bugis Waterpark, kamu harus menyiapkan biaya sebesar Rp 120.000 untuk hari biasa dan Rp 180.000 untuk weekdays.

Pelabuhan Paotere

Pelabuhan Paotere

Pelabuhan Paotere

Selain menyediakan pemandangan menarik, pelabuhan Paotere juga memiiliki sejarah tersendiri untuk kota Makassar.  Kamu juga bisa menemukan kapal khas kota Makassar yaitu kapal Phinisi di sekitar pelabuhan ini.  Tempat ini berlokasi di Jl. Sabutung Baru, Ujung Tanah.  Kamu bisa mengunjungi Tempat Wisata di Makassar ini setiap hari dan tidak dipungut biaya apapun untuk tiket masuknya.

Dataran Tinggi Malino

Dataran Tinggi Malino

Dataran Tinggi Malino

Pemandangan khas pegunungan dengan hutan pinus dan batu kapur yang indah bisa kamu temukan di tempat wisata ini.  Letaknya yang berada di ketinggian 1050 mdpl membuat suhu udara di tempat ini tergolong dingin dan sejuk.  Kamu juga bisa menemukan Air Terjun Seribu Tangga dan Air Terjun Takapala yang tersembunyi di tempat ini.  Selain itu,kamu juga bisa menelusuri bunker peninggalan Jepang yang ada di Malino.  Pastikan juga kamu membawa oleh-oleh khas Malino seperti dodol ketan, buah markisa dan apel. Dataran Tinggi Malino berlokasi di Malino, Tinggimoncong, Gowa.  Untuk jam operasionalnnya bukan selama 24 jam dan harga tiket masuk gratis.

Danau Mawang

Danau Mawang terbilang masih asri dan hampir tidak tersentuh oleh banyak orang.  Jika kamu ingin mengunjungi tempat wisata yang menarik dan jauh dari keramaian, tempat ini cocok buat kamu.  Lokasi danau Mawang berada di Somba Opu, Gowa, kira-kira berjarak 15 KM ke arah tenggara dari kota Makassar.  Jam operasional tempat ini yaitu 24 jam setiap harinya, harga tiket masuknnya pun gratis bagi para pengunjung.

Danau Mawang

Danau Mawang

Vihara Girinaga

Vihara Girinaga merupakan salah satu peninggalan sejarah dari beberapa orang Tiongkok yang datang ke pesisir Makassar.  Kamu dapat mengunjungi vihara ini dan melihat peninggalan benda-benda bernuansa Dinasti Tang dan Dinasti Ming.  Lokasi Vihara ini di G. Salahutu II No.11, Lariang Bangi, Kec. Makassar.  Harga tiket masuk gratis, namun,  kamu tidak dapat berkunjung setiap hari karena vihara ini buka pada jadwal ibadah saja.

Vihara Girinaga makassar

Vihara Girinaga makassar

Pemandian Air Panas Lejja

Jika kamu ingin berendam sambil menikmati pemandangan indah di sekitar, kamu bisa mengunjungi pemandian Air Panas Lejja.  Kolam air panas ini mengandung 1.5 % belerang yang menyehatkan bagi tubuh kamu.  Kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 untuk hari biasa dan Rp 12.500 untuk weekdays.  Tempat ini berlokasi di Bulue, Mario Riawa, Soppeng Regency.

Pemandian Air Panas Lejja

Pemandian Air Panas Lejja

Pegunungan Karst Ramang-Ramang

Pegunungan ini merupakan pegunungan batu terindah kedua di dunia setelah pegunungan di Yunnan, China loh guys.  Terbentuk dari batuan gamping dengan tebing cadas sejak ribuan tahun yang lalu menjadi tempat wisata ini wajib untuk kamu kunjungi.  Lokasi tempat pegunungan Ramang-Ramang berada yaitu di Maccini Baji, Lau, Bontonlempangan, Bontoa, Kabupaten Maros.  Tempat ini terbuka bagi umum selama 24 jam dan harga tiket masuk gratis.

Pegunungan Karst Ramang-Ramang

Pegunungan Karst Ramang-Ramang

Desa Wisata Lakkang

Selain menyediakan pemandangan alam yang indah, desa wisata Lakkang menyimpan sisa-sisa sejarah juga loh.  Dahulu di tempat ini dijadikan bunker peninggalan zaman penjajahan Jepang, sayangnya karena kondisi tanah yang tidak baik, terowongan di dalam bunker sudah tertutup tanah.  Namun, kamu masih bisa menikmati panorama menarik yang didapati disini.  Lokasinya berada di Pulau Lakkang, Tallo, kamu bisa menggunakan kapal motor untuk menuju ke desa ini. Tempat Wisata di Makassar yang ini wajib Kamu kunjungi.

Desa Wisata Lakkang

Desa Wisata Lakkang

Pantai Losari

Setiap daerah pasti memiliki ikon tempat wisata yang populer.  Nah, di Makassar, Pantai Losari seakan menjadi ikon populer sebagai tempat wisata bagi para pengunjung yang berlibur ke kota ini.  Bisa dikatakan pantai Losari menjadi Tempat Wisata di Makassar yang wajib bagi setiap wisatawan yang mampir ke Makassar.

Pantai Losari

Pantai Losari

Di pantai ini, kamu juga bisa memamcing, bermain sepeda air, berlayar dengan perahu dan masih banyak lagi.  Selain itu, kamu juga bisa menikmati  kuliner khas Makassar yang dijual di sekitar pantai sambil menikmati indahnya panorama yang diberikan.

Masid Terapung

Setelah bermain dan menikmati pemandangan di Pantai Losari, kamu bisa langsung melakukan ibadah di masjid terapung ini.  Masjid yang bernama Masjid Amirul Mukminin ini memberikaan pemandangan laut yang bisa kalian nikmati dengan cara yang berbeda.  Masjid ini terdiri dari 3 lantai, kamu bisa berkunjung ke masjid ini asalkan tidak mengganggu orang yang sedang beribadah saja ya.  Lokasinya masih seputaran pantai Lokasari kok dan biaya tiket masuknya gratis bagi para pengunjung.

Masid Terapung

Masid Terapung

Danau Tempe

Danau Tempe

Danau Tempe

Selain dapat menikmati pemandangan alam yang menarik, kamu juga bisa memancing di Danau Tempe.  Bahkan, Danau Tempe  menjadi penghasil ikan air tawar terbesar di Indonesia loh.  Ada beberapa spesies ikan air tawar yang tidak ada di belahan dunia lain, sehingga tempat wisata ini juga menjadi populer di mata dunia.  Lokasi tempat ini di Tempe, Belawa, Wajo.

Desa Wisata Ke’Te Kesu

Salah satu tempat wisata favorit yang dikunjungi wisatawan.  Tempat ini menyimpang banyak kebudayaan Toraja khas Sulawesi Selatan.  Kamu bisa menemukan rumah adat, cinderamata, makam khas yang unik dan masih banyak lagi.  Lokasi desa wisata Ke’Te Kesu berada di Kampung Bonoran, Desa Tikunna Malenong, Kecamatan Sanggalang, Toraja Utara.  Harga tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orangnya.

Desa Wisata Ke’Te Kesu

Desa Wisata Ke’Te Kesu

Kawasan Adat Ammatoa

Kawasan Adat Ammatoa

Kawasan Adat Ammatoa

Tempat wisata ini sebenarnya adalah desa tempat tinggal suku Kajang.  Desa ini memiliki peraturan yang unik dan dikelola orang suku Kajang.  Mereka tidak memperbolehkan wisatawan masuk menggunakan sandal/sepatu loh.  Namun di sisi lain, kekayaan adat di tempat ini bisa diacungi jempol.  Lokasi ini berada di Ammatoa, Kajang, Bulukumba.

Pusat Kerajinan Perahu Phinisi

Pusat kerajinan phinisi

Pusat kerajinan phinisi

Disini kamu bisa melihat bagaimana pekerja membuat kapal khas Sulawesi Selatan secara manual yang diturunkan dari nenek moyang mereka dahulu.   Dengan ketrampilan yang unik dan menarik di pesisir pantai, kamu juga bisa melihat pemandangan pantai yang indah dan menarik.  Lokasi tempat ini berada di Tana Beru, Bontobahari, Bulukumba.

Taman Nasional Bantimurung

Jika kamu ingin melihat 250 jenis kupu-kupu yang ada di dunia, kamu bisa mengunjungi Taman Nasional Bantimurung.  Selain itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan bukit kapur, air terjun dan gua yang ada di tempat ini.  Kamu juga bisa mempelajari tentang perkembangbiakan kupu-kupu dari  ulat menjadi kupu-kupu.  Lokasi Taman Nasional Bantimurung terletak di kabupaten Maros atau sekitar 45 km dari pusat kota Makassar.  Harga tiket masuk sebesar Rp 20.000 per orang.

Taman Nasional Bantimurung

Taman Nasional Bantimurung

Taman Laut Taka Bonerate

Bagi kamu yang menyukai kegiatan menyelam dan snorkeling, tempat wisata ini wajib kamu kunjungi.  Pemandangan bawah laut yang indah disertai kehidupan ekosistem laut yang unik tersedia di Taman Laut Taka Bonerate.  Lokasi tempat wisata ini berada di kota Benteng, Kepulauan Selayar.  Biaya yang dikenakan yaitu sebesar Rp 25.000 untuk wisatawan domestic dan Rp 60.000 untuk wisatawan mancanegara.  Jika kamu tidak membawa peralatan menyelam, kamu bisa menyewanya di tempat ini seharga Rp 250.000.

Taman Laut Taka Bonerate

Taman Laut Taka Bonerate

Tanjung Bira

Tempat wisata ini terkenal dengan pasir putihnya yang lembut dan airnya yang jernih bahkan berwarna biru yang tentunya akan memanjakan mata kamu ketika sampai di Tanjung Bira.  Kamu juga bisa melakukan aktivitas snorkeling disini.  Lokasi Tanjung Bira tergolong cukup jauh yaitu sekitar 200 km dari kota Makassar, namun pemandangan yang diberikan juga tidak kalah aduhai jika kamu sudah sampai di tempat ini.  Harga tiket masuk ke Tanjung Bira adalah Rp 5.000 per orang, jika kamu lupa untuk membawa alat snorkeling, kamu bisa menyewanya dengan harga Rp 30.000.  Selain itu, kamu juga bisa menyewa sepeda motor untuk berkeliling kawasan Tanjung Bira dengan harga Rp 65.000.

Tanjung Bira

Tanjung Bira

Pulau Kodingareng Keke

Salah satu surga tersembunyi lainnya yang bisa kamu kunjungi ketika berlibur ke Makassar yaitu Pulai Kodingareng Keke.  Lokasinya berjarak 14 km dari Pantai Losari.   Dengan hamburan pasir putih yang berada di pesisir pantai ditambah dengan warna jernih biru tosca dari airnya cocok bagi kamu untuk melepas penat di tempat ini.  Untuk bisa sampai di pulau Kodingareng Keke, kamu perlu menyewa sebuah perahu motor yang berada di dermaga Kayu Bangkoa yang terletak di depan Benteng Rotterdam.  Biaya menyewanya seharga Rp 500.000 kapasitas 10 orang.

Pulau Kodingareng Keke

Pulau Kodingareng Keke

Pantai Akkarena

Pantai ini terkenal dengan spot sunset terindah di Makassar loh guys.  Selain itu, kamu juga bisa memancing di area khusus yang telah disediakan.  Di pantai ini juga terdapat dermaga sepanjang 150 meter yang menjadi daya tarik utama pantai ini ketika akan menyaksikan pemandangan sunset.  Lokasi Pantai Akkarena berada di Komplek Tanjung Bunga Kav. 3-5, Jl. Metro Tanjung Bunga, Tanjung Merdeka, Tamalete, Kota Makassar.

Pantai akkarena makassar

Pantai akkarena makassar

Gunung Bulusaurung

Jika kamu hobi mendaki, kamu bisa mencoba untuk mendaki gunung Bulusaraung yang letaknya di dalam kawasan Taman Nasional Bantimurung.  Setelah mencapai puncak, pemandangan pegunungan batu kapur dan lembah-lembah dengan struktur elegan muncul di hadapan mata kamu.  Jalur gunung ini tidak terlalu berat juga, sehingga cocok juga bagi kamu yang belum pernah mendaki.  Lokasi gunung ini terletak di Kabupaten Maros – Kabupaten Pangkep.

 Gunung Bulusaurung

Gunung Bulusaurung

Pantai Appalarang

Pantai Appalarang

Pantai Appalarang

Pantai satu ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Makassar.  Kamu bisa menikmati pemandangan lautan luas dihiasi dengan tebing karang yang memanjang sepanjang pesisir pantai di tempat ini.  Selain itu, kamu juga bisa melakukan aktivitas snorkeling di pantai Appalarang.  Lokasi pantai Appalarang terletak di Desa Ara, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba yang berjarak sekitar 200 km dari kota Makassar.

Celebes Canyon

Celebes Canyon

Celebes Canyon

Sekilas mirip dengan objek wisata Grand Canyon di Amerika Serikat, kamu bisa menikmati pemandangan eksotis yang ada di Kabupaten Barru ini.  Sembari melepas penat sambil menikmati aliran air yang jernih dan sejuk, kamu juga bisa menikmati pemandangan sawang dan ladang yang hijau.  Untuk sampai ke Celebes Canyon, kamu bisa langsung menuju ke desa Libureng, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupate Barru.

Air Terjun Lengang

Nah, kalau tempat wisata yang satu ini biasanya disebut dengan infinity pool alami.  Airnya yang bening dan sejuk dapat menyegarkan pikiranmu, belum lagi ditambah hamparan hutan yang hijau yang menambah indahnya pemandangan alam di Air Terjun Lengang.  Selain itu, air terjun yang mempunyai dua tingkat ini bisa menjadi tempat untuk mengambil foto yang menarik.  Untuk bisa sampai ke lokasi ini, kamu harus menuju ke Bontomanai, Desa Laiya, Kecamatang Cendrana, Kabupaten Maros.

Air Terjun Lengang

Air Terjun Lengang

Air Terjun Batulappa

Selain tempat wisata Air Terjun Lengang, kamu juga bisa mengunjungi Air Terjun Batulappa yang tak kalah unik dan menarik.  Air terjun bertingkat tujuh ini memiliki undakan-undakan di bagian tengahnya, sehingga kamu dapat mengabadikan fotomu diantara tingkatan air terjun Batulappa.  Lokasi Air Terjun Batulappa berada di Batulappa, Desa Tompo, Kabupaten Barru.

Air Terjun Batulappa

Air Terjun Batulappa

Bendungan Kampili

Sekilas, bendungan Kampili mirip dengan bendungan lain pada umumnya.  Namun, yang membedakannya adalah ketika kamu turun ke bagian dasar bendungan, pemandangan yang indah layaknya miniatur Grand Canyon menghiasi bendungan Kampili.  Di bagian bawahnya, terdapat formasi deretan bebatuan yang memiliki bentuk yang sangat unik.  Lokasi Bendungan Kampili berada di Desa Kampili, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa.

bendungan kampili sulawesi selatan

bendungan kampili sulawesi selatan

Danau Tanralili

Letaknya berada di kaki Gunung Bawakaraeng, danau yang tersembunyi ini memiliki pemandangan sejuta keindahan alam yang terpapar di sekitarnya.  Tanralili mempunyai makna tidak dapat ditundukkan, ya memang untuk mencapai danau ini kamu harus berusaha ekstra berjalan kaki sebelum mencapai danau Tanralili.  Lokasi danau ini berada di Dusun Lengkese, Desa Manimbahoi, Kecamatan Parigi, Kabupaten Gowa.  Untuk biaya masuknya hanya Rp 2.000 per orang.

Danau Tanralili

Danau Tanralili

Museum Balla Lompoa

Di museum ini, kamu bisa mempelajari tentang Kerajaan Gowa yang berdiri sejak abad ke-13 dan merupakan kerajaan paling berkuasa di Sulawesi Selatan.  Sejarah dan peninggalan tentang kerajaan Gowa tersimpan rapi di museum Balla Lampoa.  Selain dapat mengetahui tentang sejarah kerajaan Gowa, kamu juga bisa mengenakan kostum khas bangsawan Gowa loh.  Lokasi dari museum ini berada di Jl. Sultan Hasanuddin No. 48, Kelurahan Sungguminasa, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa.  Jam operasional museum dimulai dari pukul 08:00 – 16:00 WIT untuk hari Senin – Kamis, sedangkan untuk Jumat mulai dari pukul 08:00 – 11:00 WIT.  Biaya masuk gratis bagi para pengunjung.

Museum Balla Lompoa

Museum Balla Lompoa

Puncak Lima Jari

Pemandangan indah dari ketinggian lainnya yang menjadi rekomendasi ketika kamu berlibur ke Makassar adalah Puncak Lima Jari.  Dengan ketinggian 150 mdpl, kamu hanya perlu berjalan santai untuk mencapai Puncak Lima Jari.  Di bagian puncaknya, mata kamu akan dimanjakan dengan panorama pegunungan yang sangat menarik.  Selain itu, bagian puncak juga memiliki spot 5 jari yang unik untuk menambah foto liburanmu.  Puncak Lima Jari berlokasi di Dusun Mico, Desa Pattimpa, Kecamatan Ponroe, Kabupaten Bone.

Puncak Lima Jari

Puncak Lima Jari

Hutan Pinus Malino

Berjarak kurang lebih sekitar 90 km dari kota Makassar, Hutan Pinus Malino terletak di ketinggian 1.500 mdpl.  Dengan suhu yang rendah, tentunya kamu dapat menikmati indahnya pegunungan berlatar hutan pinus yang terstruktur dengan rapih.  Kamu juga bisa menemui bunga edelweiss yang menghiasi tempat wisata ini.  Lokasi Hutan Pinus Malino berada di Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa.

Hutan Pinus Malino

Hutan Pinus Malino

Pulau Samalona

Lokasinya yang berdekatan dengan Pantai Losari membuat Pulau Samalona bisa menjadi destinasi wisata bagi kamu yang ingin berlibur ke Makassar.  Di sisi lain, kamu juga dapat menikmati indahnya ekosistem biota laut yang ada di Pulau Samalona.  Pulau ini merupakan surganya terumbu karang loh guys, oleh karena itu, pulau ini cukup terkenal di dunia.  Kamu juga bisa menyelam dan snorkeling untuk menikmati indahnya pemandangan bawah laut.

Pulau Samalona

Pulau Samalona

Pulau Lae-Lae

Pulau ini juga lokasinya berdekatan dengan Pantai Losari.  Asal kamu tahu, Pulau Lae-Lae merupakan tempat untuk menikmati sunset yang paling populer di Makassar loh. Oleh karena itu, setiap sore hari, para penikmat sunset selalu menyempatkan diri untuk menikmati keindahan sunset di Dermaga Kayu Bangkoa.  Untuk sampai ke pulau ini, kamu harus naik speedboat di dermaga Kayu Bangkoa yang letaknya tak jauh dari pantai Losari seharga Rp 15.000 per orang.  Kamu juga bisa menginap di pulau Lae-Lae, untuk biaya menginap merogoh kocek Rp 50.000 per malamnya.

Pulau Lae-Lae

Pulau Lae-Lae

Kebun Teh Malino

Kebun Teh Malino

Kebun Teh Malino

Selain hutan pinus dan pegunungan Malino yang terkenal, kamu juga harus mengunjungi kebun teh Malino yang terletak di kawasan wisata Malino.  Sejenak menghilangkan kepenatan aktivitas seharian, tempat ini cocok bagi kamu untuk menikmaati panorama hamparan hijau kebun teh serta hiasan pohon pinus yang menambah daya tarik dari kebun teh Malino.  Kamu bisa mengunjungi kebun teh Malino yang berlokasi di Malino, Kabupaten Gowa, harga tiket masuk gratis loh.

Masjid Muhammad Cheng Hoo

Masjid Muhammad Cheng Hoo

Masjid Muhammad Cheng Hoo

Masji Muhammad Chen Hoo merupakan objek wisata religi yang ada di Makassar.  Selain itu, masjid ini juga merupakan perwujudan kekayaan budaya yang ada di Makassar.  Dengan memadukan kebudayaan asli Makassar dengan corak Islami dengan balutan kebudayaan Tionghoa, kamu dapat melihat perpaduan tersebut ketika mengunjungi Masjid Muhammad Cheng Hoo ini.  Masjid Muhammad Cheng Hoo berlokasi di Jl. Danau Tj. Bunga, Maccini Sombala, Tamalate, Kota Makassar.  Harga tiket masuk gratis bagi pengunjung Masjid ini.

Jalan Somba Opu

Jalan Somba Opu

Jalan Somba Opu

Sekilas, tempat ini mirip dengan Malioboro di Yogyakarta.  Tempat ini dikenal sebagai pusat oleh-oleh khas Makassar.  Dengan berjalan kaki, kamu dapat menikmati suasana kota sembari memilih oleh-oleh khas Makassar seperti miniatur kapal Phinisi hingga minyak gosok cap tawon asli Makassar yang tersedia di sepanjang Jalan Somba Opu.  Pasar yang tersedia di jalan Somba Opu beroperasi mulai dari pagi hari sampai malam hari.  Jadi kamu bisa pergi berkunjung kapan saja sesuka kamu, asal jangan sampai kehabisan oleh-oleh ya.

Wisata Kuliner Sop Konro Karebosi

Wisata Kuliner Sop Konro Karebosi

Wisata Kuliner Sop Konro Karebosi

Belum lengkap jika kamu berkunjung ke Makassar tanpa mencoba wisata kuliner yang ada di Makassar.  Tempat makan Sop Konro Karebosi bisa menjadi tujuan wisata kuliner kamu di Makassar.  Tempat makan yang populer di Makasaar ini menyediakan berbagai menu khas Makassar yang hanya ada di Makassar seperti sop konro, konro bakar, sop kikil dan sop campur.  Perpaduan daging iga dan bumbu kacang ditambah sop yang kaya akan rempah bisa membuat kamu terpuaskan secara jasmani.  Lokasi tempat makan ini berada di Jl. Gunung Lompobattang no.41.  Jangan kaget jika antrian di rumah makan ini cukup panjang ya guys.

Warung Coto Cagak

Warung Coto Cagak

Warung Coto Cagak

Wisata kuliner selanjutnya yang bisa kamu kunjungi di Makassar yaitu Warung Coto Cagak.  Rumah makan ini cukup populer dengan kuliner khas Makassar yaitu Coto Makassar.  Lokasi Warung Coto Cagak juga terbilang cukup strategis dan harganya sangat terjangkau.  Penasaran kan bagaimana rasanyaa menikmati coto Makassar di tempat asalnya ? kamu bisa langsung mengunjungi Warung Coto Cagak yang berlokasi di Jl. Cagak no.27, kota Makassar.