100 Destinasi Wisata di Kota Malang yang Wajib Dikunjungi Sebelum Kamu Tua

100 Destinasi Wisata di Kota Malang yang Wajib Dikunjungi Sebelum Kamu Tua

Kota malang adalah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Kota malang sendiri adalah  menjadi salah satu destinasi wisata terbaik dan populer yang ada di Indonesia. Jadi ketika berkunjung ke tempat wisata di kota Malang, kita dibuat seakan-akan tak pernah kehabisan tempat untuk menentukan destinasi wisata yang akan kita kunjungi. hal tersebut dikarenakan banyaknya ragam wisata di malang mulai dari wisata alam, wisata edukasi, wisata moderen, hingga wisata kuliner. Untuk itu kami akan merekomendasikan 100 Destinasi Wisata di Kota Malang yang bisa dijadikan destinasi liburan saat anda hendak mengunjungi kota malang.

Berikut ini adalah 100 Destinasi Wisata di Kota Malang yang layak anda masukan list destinasi, mulai dari wisata pantai, alam, candi hingga museum dan wisata buatan.

Tempat wisata Pantai dan Air Terjun di malang

  1. Pantai Balekambang
Pantai Balekambang

Pantai Balekambang

Jika di bali ada wisata tanah lotnya, maka di Malang juga memiliki Pantai Balekambang. Seperti halnya di Tanah Lot, di pantai Balekambang ini anda bisa menemukan pura yang terletak di tengah laut yang bernama Pura Amarta yang berdiri kokoh di atas batu karang raksasa. Tempat wisata di Malang ini terletak di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, kecamatan Batur, Kabupaten Malang, anda hanya perlu mengeluarkan Rp 15.000 untuk masuk di lokasi wisata ini.

  1. Pantai Ngliyep
Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep telah menjadi salah satu tempat wisata di Malang yang sudah populer sejak tahun 1980. Pantai ini memang memiliki pemandangan yang indah seperti adanya Karang Bolong yang berupa batu karang raksasa dimana terdapat lubang besar di bagian tengahnya. Selain itu, pantai ini juga memiliki pasir putih yang bersih dan lembut. Di Pantai ini anda juga bisa menemukan hutan lindung dengan suasana yang rindang serta sejuk. Lokasi pantai ini ada di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang.

  1. Pantai Tiga Warna
Pantai Tiga Warna Malang

Pantai Tiga Warna Malang

Pantai Tiga Warna namanya sebenarnya sudah tidak asing, pantai ini masih terjaga kebersihannya. Pantai ini juga masuk dalam kawasan rehabilitasi dan konservasi mangrove ini pun memiliki terumbu karang yang indah yang masih terjaga keasliannya. Dan pemerintah setempat juga memberlakukan atauran dimana Setiap pengunjung diharuskan membersihkan dan membawa sampah yang dibawa sendiri. Lokasi Pantai Tiga Warna ini sendiri ada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing, Kabupaten Malang. Biaya masuk pantai ini cukup murah anda hanya perlu membayar 15 ribu saja.

  1. Pantai Goa Cina
Pantai Goa Cina

Pantai Goa Cina

Pantai Goa Cina juga masuk sebagai 100 tempat wisata di malah yang sangat perlu anda kunjungi, pasalnya wisata pantai ini menawarkan pemandangan pasir putih yang bersih dan batu karang besar yang lokasinya hanya beberapa meter dari pantai. Pantai Goa china ini lokasinya Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang Jawa Timur. Untuk masuk di wisata ini, anda cukup mengeluarkan 4 ribu rupiah.

  1. Pantai sendang Biru
Pantai Sendang Biru Malang selatan

Pantai Sendang Biru Malang selatan

Nah kalau ini Pantai Sendang Biru, di pantai ini anda bisa menggunakan layanan penyewaan perahu untuk menyeberangi Pulau Sempu. Anda bisa berkeliling di perairan sekitar pantai  yang berpasir putih cantik. Disini juga sudah  difasilitasi dengan sarana rumah makan dan toilet. Tempat wisata di Malang ini terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan dimana harga tiket masuknya seharga 10 ribu rupiah saja.

  1. Pantai Bajul Mati

Pantai satu juga menjadi 100 tempat wisata di malang yang sangat kami rekomendasikan, pantai ini menjadi salah satu pantai yang dapat anda dikunjungi dengan mudah, saat anda menyusuri Jalan Lintas Selatan Pulau Jawa. Hal tersebut dikarenakan, pantai ini hanya berada beberapa meter saja dari tepi jalan raya. Dan tidak jauh dari pantai ini, ada sebuah jembatan yang menjadi tempat berburu bagi para fotografer. Pantai ini terdapat di Kecamatan Gedangan, malang. Dan untuk masuk anda perlu membayar 4 ribu rupiah saja.

  1. Waduk Solorejo

Waduk Selorejo masih jadi salah satu destinasi wisata yang bertema air, waduk ini adalah bendungan yang telah berdiri sejak tahun 1970 dan berada di ketinggian 600 mdpl. Dengan ketinggian seperti itu, maka tak heran jika lokasi di Waduk Selorejo ini menjadi sejuk dan segar. Dan juga, area di sekitar bendungan masih alami, dengan pepohonan yang masih rindang dan asri. Tempat wisata di Malang ini berlokasi di Desa Selorejo, Kecamatan Ngantang. Untuk tiket masuk anda cukup membayar 10 ribu rupiah saja.

  1. Banyu Anjlok

Air terjun Banyu Anjlok ini mempunyai ketinggian sekitar 7 meter dimana alirannya secara langsung menuju ke laut lepas. Disini anda bisa berfoto di bawah air terjun, atau bersantai di tepian pantai. Disini, anda juga bisa berkemah dan, berkeliling pantai dengan perahu, atau pun menyelam. Banyu Anjlok berlokasi di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang. Untuk ke tempat ini anda hanya perlu merogoh kocek 5 ribu

  1. Pantai Kedung Celeng

Pantai Kedung Celeng juga menjadi 100 tempat wisata di malang yang perlu anda kunjungi. Pantai ini memiliki suasana pantai yang masih alami. Para pengunjung bisa menghabiskan waktu untuk menyelam hingga kedalaman 20 meter dari tepi pantai. Pantai ini berada di Jl Raya Banjarejo, Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Malang. Dan untuk masuk Pantai Kedung Celeng anda hanya perlu mengeluarkan 5 ribu rupiah.

  1. Coban Nirwana

Coban Nirwana memiliki 2 tingkat air terjun yang indah sesuai namanya. Di bagian bawah terdapat kolam yang bisa kamu pakai untuk berendam di dalamnya Ditambah air pada air terjun ini sangat jernih yang membuat kamu makin segar saja menikmati wisata disini. Lokasi wisata ini terletak di Desa Sumberbende, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, dan enaknya lagi anda tidak perlu membayar untuk masuk di wisata ini.

 

  1. Pantai Lenggoksono

Pantai yang satu ini juga kami rekomendasikan sebagai tempat wisata di malang yang harus anda kunjungi karena tempat ini cocok untuk anda yang hobi memancing, Pantai Lenggoksono dikenal sebagai pantai yang banyak udang, lobster, ikan dan cumi-cuminya. Pantai ini terletak di Dusun lenggoksono, Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang. Untuk masuk ke pantai ini anda cukup siapkan 5 ribu saja.

  1. Coban Pelangi

Coban Pelangi tentunya  menjadi destinasi wisata yang menyejukkan karena letaknya di ketinggian 1.300 mdpl. Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai hingga 110 meter. air terjun ini masih berlokasi di dekat Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Disini anda juga bisa berkuda dan berkemah. Wisata ini berlokasi di Desa Gubug Klalah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang.

  1. Pantai Selok

Pantai ini memiliki ciri khasnya sendiri yang berupa gugusan batu karang alami yang besar dan tertata rapi. Dan juga, pantai ini memiliki hamparan pasir yang cukup luas, di pantai ini cocok untuk anda melakukan sesi foto seperti pre-wedding. Pantai ini berlokasi di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang Jawa Timur.

  1. Coban Sewu

Air terjun ini juga harus anda masuk ke dalam 100 tempat wisata di malang, air terjun ini terletak di perbatasan Kabupaten Malang dan Lumajang. Di air terjun ini memiliki ketinggian hingga 180 meter dan memiliki aliran yang deras. Tempat wisata di Malang ini terletak di Dusun Jagalan, Desa Sidorenggo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang Jawa timur. Dan anda cukup mengeluarkan 5 ribu rupiah saja untuk masuk.

  1. Coban Gintung

Air terjun ini memiliki karena memiliki aliran air yang jernih. Daya tarik air terjun ini adalah kolam air dengan warna kebiru-biruan di bawah air terjun. anda juga bisa terjun dari atas menuju kolam air ini, tentu rasanya sangat segar. Untuk bisa datang ke tempat ini  kamu cukup membayar tiket masuk seharga 5 ribu saja.

  1. Pantai batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung adalah spot yang tepat bagi anda yang suka melihat sunset. Di sini, anda akan menemukan batu karang yang terbentuk seperti kolam air alami yang bisa anda pakai untuk bersantai. Pantai Batu Bengkung memiliki ombak yang besar dan berbahaya. Tempat wisata Malang ini berlokasi di Jalur Lintas Selatan, Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang dan tiket masuknya seharga 7 ribu lima ratus saja.

  1. Coban Jahe

Coban Jahe menjadi pilihan tempat wisata alam yang bisa anda kunjungi di Kota Malang. Coban Jahe sendiri memiliki nama lain Air Terjun Begawan, air terjun ini memiliki ketinggian hingga 45 meter yang membuatnya terlihat menjulang dan megah. Namun, karena alasan keamanan, pengunjung tak diperbolehkan untuk mandi di bawah air terjun. Coban Jahe wisata ini berada di Desa Pandansari Lor, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Untuk menikmati wisata Malang yang asri ini hanya perlu membayar 5 ribu.

  1. Coban Talun

Di sini anda bisa menemukan pemandangan alami yang sejuk dan air terjun yang indah serta pepohonan yang rindang. Saat ini Coban Talun juga sudah memiliki beberapa fasilitas penunjang yang disiapkan untuk membuat wisatawan lebih nyaman. Di Coban Talun juga terdapat taman bunga warna-warni yang cantik lho. Coban Talun sendiri  berada di Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu malang . Harga tiket masuknya senilai 10 ribu rupiah saja.

  1. Pantai Tamban

Pantai Tamban adalah salah satu dari 100 tempat wisata di malang yang harus Anda kunjungi, disini Anda bisa menyewa perahu nelayan untuk memancing di tengah laut, atau bisa juga menggunakan perahu untuk sekadar menikmati keindahan Pulau Sempu yang ada di seberang. Pantai ini berlokasi di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

  1. Pantai Pulaudoro

Pantai Pulodoro bisa juga menjadi alternatif untuk anda yang senang berpetualang karena di sana suasananya cenderung sepi dan sepi pengunjung. Namun untuk sampai ke obyek wisata ini, anda harus menempuh jarak yang cukup jauh yaitu sekitar 60 km dari pusat kota Pantai ini terletak di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang.

  1. Pantai Bantol

di tempat wisata ini masih bisa terbilang sebagai salah satu pantai yang masih sangat asri di kota Malang. Di sana anda bisa menikmati panorama keindahan khas pantai, seperti pasir pantai yang lembut dan juga ombak-ombak yang menabrak karang. Hanya saja, perlu anda ketahui, akses jalan menuju ke Pantai Bantol sangat buruk. Dan sulit  menemui tempat makan di sana. Pantai ini terletak  di dusun Sumberceleng, Desa Banjarejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang

  1. Pantai Kondang merak

Bagi anda yang menyukai obyek wisata bahari, Pantai Kondang Merak dapat menjadi tujuan tempat wisata di malang selanjutnya. Pantai ini terkenal dengan air laut yang jernih sehingga pada saat akhir pekan dan masa liburan banyak wisatawan yang kan memenuhi pantai ini. Pantai ini terletak di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Dan biaya masuknya 10 ribu rupiah.

  1. Pantai Licin

Pasir pantai licin dulunya berwarna putih namun sekarang berwarna hitam. Perubahan warna pada pasir ini terjadi karena letusan Gunung Semeru. Selain pemandangan dan pasir hitam yang memang menarik, di sana anda juga bisa menyaksikan air laut yang berwarna biru dengan pepohonan kelapa di sekitar pantai di tengah hembusan semilir angin. Dusun Licin terletak di Desa Lebakharjo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang

  1. Pantai Watu leter

Selanjutnya anda bisa ke Pantai Watu Leter yang ada di Malang. Di sana anda bisa menemukan keberadaan hutan mangrove yang keasriannya masih sangat terjaga. Keadaan ombak di Pantai Watu Leter ini juga cenderung tenang dan tidak tinggi sehingga para pengunjung bisa berenang, bermain air di lautnya atau bersnorkling untuk melihat pemandangan bawah air yang cantik pantai ini berlokasi di Dusun Rowotrate, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

  1. Pantai Banyu meneng

Pantai di Malang memang cukup beragam dan banyak, ada yang mempunyai ombak yang besar yang cocok untuk berselancar, ada yang ombaknya kecil dan tidak berbahaya. Seperti yang satu ini, yaitu Pantai Banyu Meneng. Selain berenang, pemandangan dari matahari terbenam di sana juga indah. Alamat : Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 – 19.00 )Tiket : Rp. 10.000/orang.

  1. Coban Ciblungan

Air terjun Coban Ciblungan terlihat unik dan berbeda dikarenakan seolah-olah mengelilingi kolam kecil yang berada di tengahnya. Para pengunjung yang datang kesana bisa mencoba untuk mandi atau bermain air di kolam tersebut, selain itu anda juga dapat menikmati pemandangan di sana sambil berfoto-foto. Coban Ciblungan terletak di jalan Raya Dampit-Lumajang, Purwoharjo, Kecamatan Ampelgading, Malang.

  1. Coban Jodo

Selain Coban Ciblungan, masih banyak lagi coban di Malang yang bisa anda datangi, salah satunya adalah Coban Jodo. Walaupun baru, obyek wisata ini sudah sering dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar kota di saat hari libur. kondisi wilayahnya juga masih sangat alami dan terjaga dengan baik, sehingga anda bisa menikmati suasana sejuk dan adem sambil berfoto-foto.. Coban Jodo sendiri  berlokasi di Dusun Bendolawang, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang.

Selain Coban dan Pantainya di Malang juga terdapat wisata sejarah seperti Candi – candi berikut ini adalah:

Beberapa Wisata Candi di Malang

  1. Candi Kidal

Obyek wisata sejarah sangat menarik, salah satunya adalah Candi Kidal yang dikenal juga sebagai candi peninggalan dari kerajaan Singasari yang dibangun untuk menghormati jasa Raja Anusapati yakni  raja kedua dari kerajaan Singasari yang pernah memerintah selama 20 tahun. Candi yang  dikenal sebagai tempat persemayan Raja Anusapati ini ditemukan  tahun 1925 oleh pemerintah Belanda. Candi ini terletak di Desa Rejokidal, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang

  1. Candi Jago

Selanjutnya anda bisa berkunjung wisata ke Candi Jago. Candi Jago ini adalah salah satu dari peninggalan kerajaan Singasari yang konon dibangun tahun 1268 hingga 1280 Masehi. Pembuatan candi ini dipersembahkan sebagai penghormatan kepada Raja Wisnuwardhana yang adalah raja keempat dari kerajaan Singasari. Candi ini bertempatan di Jalan Wisnuwardhana, Tumpang, Malang.

  1. Candi Badut

Obyek wisata sejarah selanjutnya yakni Candi Badut, sebuah peninggalan dari kerajaan Kanjuruhan yang berlokasi di tengah-tengah pemukiman. Supaya anda bisa menuju ke tempat ini, anda harus melewati gang berukuran kecil. Nah disana anda bisa melihat keberadaan candi yang masih terjaga sampai sekarang. Hanya saja, bangunan yang kini bisa disaksikan bukanlah bangunan candi yang utuh. Candi badut terletak di jalan Candi 5D, Desa Karangbesuki, Kecamatan Dau, Kota Malang.

  1. Candi Singosari

Candi Singasari yang dikenal sebagai candi peninggalan Kerajaan Singasari di Malang ini letaknya Tak jauh dari sini, disana  bisa kita  temukan dua arca Dwapala yang berfungsi sebagai patung penjaga gerbang.. Lokasi wisata candi ini ada di Desa Candi Renggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Nah, selain Candi juga tentunya masih ada wisata lain di Mlang yang sarat akan Edukasi, yang juga masuk sebagai 100 tempat wisata di malang yang sayanguntuk dilewatkan.

Beberapa Wisata Museum yang ada di Malang

  1. Museum Malang Tempoe Doeloe

Bagi anda pecinta sejarah, Museum Malang Tempo Doeloe ini adalah tempat yang wajib anda kunjungi. Di tempat wisata yang bersejarah ini anda bisa memperoleh kesempatan untuk mempelajari sejarah Kota Malang secara runtut. Setidaknya ada 3 area yang masing-masing memiliki koleksi di zaman yang berbeda. Museum ini berlokasi di jalan Gajahmada, Kidung Dalam, Klojen, Kota Malang.

  1. Museum Brawijaya

Museum berikutnya adalah Museum Brawijaya, tempat ini menjadi tempat menarik untuk menyaksikan beragam koleksi peralatan militer, karena peralatan militer yang ditampilkan di museum ini juga beragam jenis, bentuk dan ukuran. Dan Disini pun memperlihatkan peninggalan masa kejayaan Kerajaan Majapahit. Lokasi Museum ini berada di jalan ijen Nomor 2A, Gading Kasri, Kecamatan Klojen, Kota Malang dan tiket masuknya pun murah hanya 3000 rupiah saja.

  1. Museum Angkut

Museum Angkut juga menjadi salah satu destinasi 100 tempat wisata di malang Di museum ini anda bisa melihat koleksi berbagai macam transportasi dari berbagai zaman. Dan disini anda juga bisa melihat area yang dibentuk dengan suasana dari berbagai benua di dunia. Museum ini letaknya tidak jauh dari Kota Malang. terletak di Jalan Terusan Sultan Agung Nomor 2, Ngaglik, Kecamatan Batu, Kota Batu.

  1. Museum Tubuh

Museum Tubuh menjadi wisata edukatif bagi anak-anak sekolah agar mengenal bagian-bagian tubuh. Ada 7 area yang bisa dikunjungi yaitu cadaver, teeth zone, eyes zone, heart zone, become a doctor, medichal check up gratis dan 3D cinema. Museum Tubuh berada di Jl. Kartika Nomor 2, Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu. Untuk masuk ke Museum Tubuh kamu harus bayar Rp 42.000 untuk tiket masuknya.

  1. Museum Topeng (D’Topeng)

Museum Topeng (D’Topeng) yang masih menjadi bagian dari Museum Angkut ini mempunyai koleksi topeng dari berbagai penjuru tempat di Indonesia yang totalnya mencapai lebih dari 2.000 topeng. Selain koleksinya yang unik, di sana pengunjung bisa melihat koleksi lainnya seperti Al-Quran yang berusia 400 tahun, keris, patung pewayangan, dan sebagainya. Museum ini berada di jalan Terusan Sultan Agung Nomor 2, Kota Batu Malang. Dengan 25 ribu anda sudah bisa menikmati koleksi benda – benda di museum ini.

  1. Museum Musik Indonesia

Museum yang dikenal sebagai museum musik pertama serta  satu-satunya di Indonesia ini, di dalamnya terdapat berbagai koleksi yang menjelaskan bagaimana sejarah perkembangan musik di Indonesia dan dunia. Ada total koleksinya sekitar lebih dari 17 ribu di Museum Musik Indonesia ini. anda bisa lihat piringan hitam dari berbagai musisi, CD, VCD, kaset ataupun dokumentasi lainnya museum ini beralamat di jalan Nusakambangan Nomor 19, Kecamatan Klojen, Kota Malang

  1. Museum Kesehatan Jiwa dr. Radjiman Wediodiningrat

Museum Kesehatan Jiwa dr. Radjiman Wediodiningrat dikenal sebagai museum rumah kesehatan jiwa satu-satunya di Indonesia. Disana . Anda bisa melihat betapa kejamnya perlakuan yang harus diterima oleh para penderita gangguan jiwa di masa lampau. Museum RSJ Dr. Rajiman Wediodiningrat terletak di jalan Jenderal Ahmad Yani, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang.

Dan berikut ini adalah

Taman Wisata Alam di Malang

  1. Taman Dolan Batu

Anda juga jangan lewatkan 1 dari 100 tempat wisata di malang yang satu ini, karena tempat ini bisa anda manfaatkan untuk mengajak anak – anak untuk bermain berbagai jenis permainan tradisional. Selain bermain, disini juga bisa belajar memasak menggunakan peralatan masak tradisional ala Jawa. Menyenangkan bukan? Taman Dolan Batu ini terletak Jalan Raya Pandanrejo Nomor 308, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu Malang.

  1. Taman Selecta

Taman Selecta juga menjadi wisata favorit di Malang dan sekitarnya, hal tersebut karena taman ini sudah ada sejak tahun 1930. Dan Taman Selecta ini memiliki fasilitas yang semakin lengkap. Disini tersedia kolam renang dan taman bunga yang luas berwarna warni yang memanjakan mata. Taman Selecta  sendiri berada di Jalan Raya Selecta, Desa Tulungrejo, Bumiaji, Kota Bau Malang.

  1. Taman Kelinci

Di taman ini anda wajib membawa putra putri anda, anda bisa berkunjung ke Taman kelinci di Malang. Suasana Taman Kelinci ini seperti yang ada di film-film fantasi, laykanya hobbit banyak rumah-rumah mungil yang biasa dipakai tempat tinggak mereka. Di taman ini anda dan anak anda bisa bermain dengan kelinci-kelinci yang berkeliaran di lokasi ini. Taman Kelinci ini berlokasi di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang.

  1. Taman Wisata Wendit

Taman Wisata ini memang dikenal sebagai pemandian yang memiliki nilai sejarah yang tinggi. Pemandian ini sudah ada sejak Kerajaan Majapahit. Tempat wisata Wendit di Malang ini berada di jalan Raya Wendit Timur, Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis

  1. Kebun The Wonosari

Untuk anda yang menyukai kesejukan kota Malang sepertinya Kebun Teh Wonosari akan menjadi tempat wisata yang sangat cocok anda kunjungi. Kebun teh ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda tahun 1910. Kebun teh ini berada di ketinggian sekitar 950-1250 mdpl yang membuat udaranya dingin dan tenang. Tempat wisata di Malang ini tepatnya di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari.

  1. Taman Rekreasi Tlogomas

Taman Rekreasi Tlogomas tidak pernah sepi pengunjung. Makanya kami rekomendasikan sebagai salah 1 dari 100 tempat wisata di Malang. Di taman tersebut anda bisa menemukan kolam renang yang ditujukan untuk orang dewasa atau pun anak-anak. Dan para pengunjung juga bisa melihat beragam miniatur bangunan keajaiban dunia seperti candi, serta bangunan terkenal dunia  taman ini beralamat  di jalan  Baiduri Pandan Nomor 17, Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

  1. Hutan Pinus Ledok Londo

Hutan Pinus Ledok Ombo. Di sana anda bisa menemukan suasana hijau yang dipenuhi dengan pepohonan pinus. Dengan banyaknya pohon-pohon di sana, membuat suasana tempat ini menjadi sejuk. Tidak hanya itu saja, para pengunjung juga bisa mampir ke kafe yang suasananya alami di tengah-tengah hutan pinus. Hutan pinus Ledok Londo beralamat di Desa Poncokusumo, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang.

  1. Taman Langit Gunung Banyak

Obyek wisata Taman Langit Gunung ini. menyajikan pemandangan kota Malang dari ketinggian. Bagi anda yang datang dengan pasangan anda, pemandangan malam hari di tempat ini bisa menjadi pemandangan yang  romantis sekali di hiasi dengan gemerlap lampu-lampu perkotaan yang cantik dan elok. Untuk menikmati pemandangan tersebut anda hanya butuh mengunjungi Jalan Gunung Banyak, Songgokerto, Kecamatan Batu malang.

  1. Taman Merbabu

Di taman kota ini anda dapat bersantai karena.Pada saat sore hari di taman ini  banyak pengunjung yang datang, mulai dari anak-anak hingga para lansia. Fasilitas yang disediakan di taman ini juga cukup lengkap. Anda bisa menemui keberadaan ayunan, jogging track, lapangan futsal, dan banyak lagi. Selain itu di sekitaran sana ada banyak pedagang kaki lima. Jika anda tertarik anda bisa mengunjungi taman merbabu di jalan Merbabu, Oro-Oro Dowo, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

  1. Mata Air sumber Sirah

Tempat wisata di Malang yang satu ini memang pantas dijadikan sebgai list dari 100 tempat wisata di malang. Karena tempat ini sangat cocok bagi anda para penggemar instagram. Sebba tempat wisata ini memiliki banyak spot foto yang instagramable. Di tempat ini, anda akan mendapati keberadaan sumber mata air yang alami dan sangat jernih. Tempat wisata di Malang yang satu ini berada di Desa Sumberjaya, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang.

  1. Sumber Krabyakan

Tempat wisata di Malang ini juga cocok untuk anda yang ingin berlibur bersama keluarga. Karena Di sini anda bisa menemukan kolam air dari sumber yang alami dengan pemandangan hamparan sawah di sekitarnya. Disana anda bisa berenang di kolam atau bermain sepeda air dan  juga ada warung makan, fasilitas terapi ikan, bahkan mandi bola. Lokasi wisata ini berlokasi di Desa Sumber Ngepoh, Kecamatan Lawang, Kabupaten Lawang.

  1. Pemandian kalireco

Dan bagi anda yang ingin berendam menikmati air segar alami, anda bisa mengunjungi Pemandian Kalireco. Air di pemandian ini sangat jernih dan bersih. Jadi jagalah kebersihan ketika hendak berendam di kolam air supaya tidak menganggu wisatawan lainnya. Asyiknya lagi anda tidak perlu membayar untuk masuk ke tempat wisata di Malang ini. Pemandian Kalireco sendiri terletak di Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang.

  1. Wisata Petik Apel

Apel adalah salah satu buah khas malang, jadi sangat penting memasukan tempat ini sebgai salah satu dari 100 tempat wisata di malang. Di Wisata Petik Apel ini anda bisa memetik apel langsung dari pohonnya. Disini juga suasananya masih sangat asri dan udaranya sejuk. Dan juga Selain mmetik apel, anda juga bisa melakukan kegiatan flying fox, ATV, outbond dan lain-lain. Tempat wisata ini terletak di Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 24, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu Malang .

Nah bagi anda yang ingin mengunjungi tempat wisata buatan seperti waterpark, outbound atau taman bermain lainnya. Berikut ini adalah

Macam-macam Taman bermain di Malang

  1. Jatim Park 1

Ini salah satu destinasi dari 100 tempat wisata di malang, di Jatim park ini terdapat Berbagai wahana permainan, dan Jatim Park 1 selalu menjadi pilihan tepat untuk anda liburan bersama keluarga di Malang. Sekitar 53 wahana permainan bisa dimainkan bersama keluarga anda. Lokasi Jatim Park 1 ini berada di Jalan Kartika, Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu malang.  Harga tiketnya adalah sekitar 60 ribu rupiah.

  1. Jatim Park 2

Jatim Park 2 ini menyediakan berbagai objek wisata yang dibagi menjadi 3 area. Yaitu ada area museum satwa, area secret zoo, dan area eco green park. Anda bisa berinteraksi langsung dengan hewan-hewan koleksi tersebut di Jatim Park 2 ini. Jatim Park sendiri Terletak di Jalan oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu malang. Harga tiket masuknya adalah 72 ribu.

  1. Wisata Paralayang

Tempat wisata yang cocok bagi anda yang memiliki  jiwa petualang, bisa mencoba pengalaman paralayang di tempat wisata Malang dan sekitarnya yaitu di Gunung Banyak. Di tempat ini, anda bisa menikmati keindahan seluruh Kota Malang dan Batu dari ketinggianWisata ini berlokasi di jalan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu malang. Harga tiket masuknya senilai Rp 10.000, dan untuk paralayang, dikenakan biaya Rp 350.000 – Rp 500.000.

  1. Batu Night Spectacular

Batu Night spectaculer ini juga menjadi salah satu daftar 100 tempat wisata di malang yang harus kunjungi. Tempat ini menyediakan beragam wahana permainan yang membuat anda akan betah Di BNS terdapat banyak wahana seperti rumah kaca, ice skatin, sepeda angin, galeri hantu, magic bouncem rodeo dan banyak lagi. adapun Lampion Garden yang cocok dijadikan spot foto. BNS ini Terletak di Jalan Hayam Wuruk Nomor 1, Oro-Oro Ombo, Kota Batu Malang.

  1. Predator Fun Park

Predator Fun Park menyediakan wahana edukasi dan permainan yang menyenangkan. Disini anda dan buah hati anda bisa mendapat pengetahuan tentang beragam jenis buaya yang ada di berbagai belahan dunia. Ditempat ini tersedia beragam permainan seperti waterboom, croco train, galeri buaya, yang mana. Tempat wisata ini terletak di Jl. Raya Tlengkung, Nomor 315, Junrejo, Kota Batu. Malang. Untuk biayanya anda butuh kocek sbesar 30 ribu rupiah.

  1. Rimba Raya Bee Farm

Bagi kamu yang ingin berwisata edukasi dengan anak-anak tempa ini sangatlah direkomendasikan untuk liburan. Tempat wisata Malang untuk keluarga ini, anda dapat mempelajari cara pengembangbiakan lebah. Dan  juga bisa memanen madu asli langsung dari sarangnyaTempat wisata ini terletak di jalan Dr. Wahidin Nomor 8, Lawang, Malang. Dan tempat wisata ini gratis.

  1. Hawaii Waterpark

Hawaii Waterpark Malang memang dikenal sebagai salah satu wahana hiburan air yang terbesar di Jawa Timur. anda bisa menemukan 2 wahana utama, yaitu Hawai Waterhouse dan Waikiki Beach di Hawaii Waterpark. Tempat wisata air ini terletak di perumahaan Graha Kencana Raya, Jalan Raya Karanglo, Malang. Harga tiket masuk wisata ini dihari biasa adalah 75 ribu dan di akhir pekan atau hari libur adalah 100 ribu.

  1. Sengkaling

Taman Sengkaling termasuk taman yang sudah lama ada.. Di tempat wisata ini, anda bisa menemukan keberadaan telaga buatan yang berukuran sangat luas. Lokasi wisata di Malang ini terletak di Jalan Raya Mulyoagung Nomor 188, Mulyoagung Malang  Harga tiketnya adalah 25 ribu saja.

  1. Brawijaya Edupark

Brawijaya Edupark adalah hasil rebrandring dari Taman Wisata Senaputra yang sempat terkenal di masanya sekitar tahun 1980 -1990-an. beberapa fasilitas atau wahana yang sudah disediakan pihak pengelola, yakni ada kolam renang yang lengkap dengan seluncuran, taman bermain, serta kafe yang nyaman. Tempat ini berlokasi di Jalan Kahuripan Nomor 1, Kecamatan Klojen, Kota Malang

  1. Batu Wonderland Waterpark

Satu lagi taman Air yang pastinya cocok untuk dijadikan tempat liburan keluarga, dan ditambah lagi fasilitasnya juga tergolong lengkap. Taman wisata yang terletak di jalan imam Bonjol Bawah Nomor 9, Temas, Kecamatan Batu, malang ini buka setiap hari mulaipukul 9. Dengan biaya masuk sekitar 10 hingga 20 ribu rupiah.

Pastinya banyak sekali 100 tempat wisata yang perlu dikunjungi, tak hanya tempat bermain tapi juga spot umum seperti perkampungan urikunik yang bisa anda kunjungi di malang dan berikut adalah

  1. MalangNight Paradise

Di tempat ini anda dapat menjumpai bermacam-macam wahana hiburan yang sangat menarik, mulai dari Taman Dinosaurus, Taman Lampion, Dragon Rides, Twister Robotic, dan lain-laintempat ini terletak di Jalan raha Kencana Raya Nomor 66, Balearjosari, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.. dan buka tiap hari sejak pukul 18.00 – 23.00. denga biaya sekitar 25 ribu.

Tempat Wisata perkampungan umum di Malang Jawa Timur

  1. Kampung Tridi

Kampung tridi adalah daerah perkampungan yang dipenuhi dengan lukisan-lukisan 3 dimensi yang berkonsep dan cantik. Kampong ini terletak di jalan Temenggungan Ledok, Kesatrian, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Tiket masuk 3000/orang.

  1. Alun-Alun Tugu

Bujkan hanya perkapunga atau taman bermainnya, tapi tempat umum seperti alun-alun Tugu juga perlu anda kujungi. Di sana anda bisa duduk-duduk santai di bangku yang telah disediakan atau jogging santai di jogging trek yang tersedia di sekeliling alun-alun  Beralamat di  Kiduldalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang, dan taman ini buka 24 jam

  1. Kampung Biru Arema

Kampong ini sangat unik, karena sesuai namanya kampong biru, karena rumah disana dihiasi oleh dominan warna biru. Jika anda tertarik ke kampong ini silahkan  kunjungi Kiduldalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang

  1. Kampung Sapi Adventure

Kalau yang satu ini memang sangat cocok untuk dijadikan tempat wisata, kampong ini terletak di jalan  Makam, Beji, Kota Batu, Malang buka tiap hari dengan biaya 10 ribu hingga 20 ribu.

  1. Cafe Sawah Desa Wisata Pujon Selatan

Café satu ini sangat layak masuk daftar 100 tempat wisata di mlang yang harus dikunjungi. Dan tempatnya sangat  terletak di Desa Wisata Pujon Kidul, Pujon Kidul, PUjon, Malang. Dan buka tiap hari.

  1. Budug asu

Tempat ini lokasinya yang ada di lereng gunung, Bukit Budug Asu ini mempunyai suasana yang menyejukan dan menentramkan. Namun sayangnya akses transportasi untuk menuju ke tempat wisata ini masih sangat terbatas.. Bukit ini terletak di Agrowisata Kebun Teh Wonosari, Lawang, Kabupaten Malang.

  1. Ranu Kumbolo

Ranu (danau) ini mempunyai ketinggian hingga 2.389 mdpl dengan suhu udara yang sangat dingin. Maka dari itu anda sangat disarankan untuk membawa jaket dan pakaian hangat.. Ranu ini beralamat di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, malang.

  1. Kampung keramik dinoyo

Bagi anda yang menyukai seni tembikar dan keramik wajib mengunjungi kampong keramik ini. karena kualitas produk keramiknya  tidak perlu dipertanyakan lagi. Berlokasi di jalan MT Haryono XIII Nomor 450, Dinoyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang

Selain itu semua pastinya masih banyak lagi beberapa tempat wisata yang menjadi 100 tempat wisata di mslang yang perlu dikunjungi seperti:

  1. Air Terjun Sumber Pitu Pujon

Air terjun ini sangat indah bak surge tersembunyi di Malang, terletak Desa Pujon Kidul, Pujon, Malang. Anda bisa menikati keindahan air terjun disini

  1. Pantai Mbehi dan Teluk Bidadari

Lagi – lagi Malang memang tak kehilangan dengan destimasi pesona pantainya. Panta ini terletalk di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang yang dibuka 24 jam.

  1. Wisata Tubing Wringinanom

Di tempat wisata ini cocok untuk yang berjiwa petualangan, dimana disi bisa melakukan tubing bersama, berlokasi di Kegiatan yang memanfaatkan aliran Sungai tempat ini terletak di Desa Wringinanom, Poncokusumo, Malang

  1. Pasar Burung dan Bunga Splendid

Di tempat ini anda bisa puas berbelanja berbagai macam burung dan aneka Bunga yang indah dengan harga beragam, terletak di Jalan Brawijaya, Kelurahan Kauman, Kecamatan Klojen, Kota Malang anda bisa berbelanja Bungan dan burung.

  1. Masjid Tiban Turen

Selain untuk ibadah ternyata masjid yang dikelola oleh salah satu pesantren ini juga dring dijadikan sebgai tempat obyek wisata, terletak di Desa Sananrejo, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang.

  1. Mata Air Sumber Sirah

Di tempat ini anda bisa rileksasi karena capek, Tempat wisata di Malang ini berada di Desa Sumberjaya, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang. Yang  mana Tiket masuknya hanya seribu rupiah saja.

  1. Sumber Maron

kegiatan menyusuri aliran sungai disini dapat menjadi alternatif yang menarik bagi para wisatawan yang berkunjung. Berlokasi di Taman Wisata Sumber Maron, Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang

  1. Coban Rais

Di tempat ini selain air terjunnya ada ayunan yang ada di ketinggian, beserta hammock bertingkat yang bisa di gunakan.tempat ini terletak di Oro-Oro Ombo, Kehutanan, Kecamatan Batu, Kota Batu

  1. Coban Tundo

Air terjun tiga tingkat ini berada di  Desa Tambaksari, Kecamatan Sumbermanjing, Kabupaten Malang

  1. Pantai Batu Bengkung

Pantai nan unik ini dapat ditemukan di Jalan Jalur Lintas Selatan  Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang

  1. Pantai Selok

Jika anda ingin menikmati keindahan salah satu dari 100 tempat wisata di malang yang indah, mak berkunjunglah ke Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.

  1. Pasar Apung Nusantara

Para pengunjung tempat ini bisa berkesempatan untuk berkeliling area pasar apung dengan menyewa perahu. Beralamat di Jalan Abdul Gani Atas, Ngaglik, Kecamatan Batu, Kota Batu malang.

  1. Kampung Warna-warni Jodipan

Kampong warna – warni ini sudah cukup terkenal. Dengan hanya membayar 2000 rupiah perorang anda sudah bisa melihat keindahan kampong yang beralamat di  Kelurahan Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang

  1. Coban Talun

Jika anda ingin melihat keindahan coban Talun anda hanya perlu menuju Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu

  1. Pemandian Air Panas Cangar

Lagi-lagi pemandian air panas di malang, cukup 5.500 / orang bisa menikmati air hangat dan berendanm. Tempat ini terletak di Desa Tulung Rejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu

  1. Eco Green Park

Yang menyukai alam hijau jangan lupa mengunjungi tempat ini yang beralamat di  jalan Oro-Oro Ombo Nomor 9A, Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu malang.

  1. Taman Safari Prigen

Yang ingin melihat fauna bersama anak – anak cocok mengunjungi tempat ini, tempat ini terletak di Dusun Jatiarjo, Prigen

  1. Omah Kayu

Tempat ini sangat cocok untuk anda yang menyukai foto- foto, karena memiliki view yang indah. Untuk ketempat ini hanya perlu mengeluarkan kocek 5000 rupiah saja.

  1. Air Terjun Coban Rondo

Wisata air terjun ini memang sudah populer. Yang mana disekitaran ai terjun ini anda bisa menaiki kuda dan ke taman labirin. Wah indah sekali ya.

  1. Pantai Tamban

Pantai ini terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, tak heran jika pantai ini masuk list 100 tempat wisata di malang yang patut dikunjungi. Tempat ini buka selama 24 jam.

  1. Wisma Tumapel

Anda yang menyukai cerita – cerita mistis ada bagusnya sempatkan diri anda untuk berkunjung ke Wisma Tumapel yang terletak di  Jalan. Tumapel Nomor 1, Kab. Malang.

  1. Coban Papat

Untuk berkunjung ke tempat ini anda hanya perlu mergoh kocek 10 ribu rupiah saja. Tempat ini terletak di Desa Pujon Kidul, Pujon, Kabupaten Malang

  1. Pantai Pulodoro

Pantai ini terletak di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang dan untuk ke tempat ini anda bisa kapan saja. Karena memang buka 24 jam

  1. Pantai Bantol

Sama sepertoi pantai – pantai lain di malang pantai yang terletak di  Dusun Sumberceleng, Desa Banjarejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang ini buka 24 jam

  1. Pemandian Sumber Jenon

Pemandian ini terletak di Desa Gunung Ronggo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang. Dengan biaya masuk 5 ribu saja.

  1. Inggil Museum Resto

Ini menjadi restoran unik yang masuk sebagai daftar 100 tempat wisata di malang karena unik banyak yang penasaran, jika anda tertarik segera berkunjung ke jalan Gajah Mada Nomor 4, Kidul Dalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang

  1. Padepokan Asmorobangun

Yang satu ini wajib dimasukan ke dalam list tempat wisata di malang wajib dikunjungi . Karena Jika anda ingin berwisata dan melihat mengenai sejarah malang maka Padepokan Asmorobangun bisa menjadi destinasi wisata yang cocok bagi anda yang ingin melihat budaya khas Malang. Terletak di Dusun Kedongmonggo, Desa Karangpandan, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang. Tempat ini buka setiap hari.

  1. Rafting Pujon

Jika anda suka bermain arung jeram, maka anda harus ke tempat ini yang berlokasi di Jalan  Brigjen Abdul Manan Wijaya, Lebak Sari, Ngroto, Pujon, Malang. Yang mana untuk menikamti wahana disini anda perlu mengeluarkan kocek sebesar 150 ribu rupiah.

  1. Malang Night Paradise

Jika sudah malam dan berada di Malang maka anda tak perlu khawatir mencari tempat rekreasi, karena anda hanya perlu ke dekat pusat kota yang berada di jalan Graha Kencana Raya Nomor 66, Balearjosari, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Disana banyak sekali hal – hal menarik yang dapat kita jumpai.

  1. Goa Coban Perawan

Goa yang berada di Dusun Bajul Mati, Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang ini akan membawa kita untuk menyusuri goa yang memang masih sangat alami.

Nah itulah tempat-tempat wisata di malang yang kami rangkum, untuk anda kunjungi.