5 Tempat Wisata Menarik Di Dataran Tinggi Dieng Yang Harus Kamu Kunjungi

Tempat Wisata Menarik Dataran Tinggi Dieng – Dieng adalah salah satu destinasi wisata yang terbaik di Indonesia, karena destinasi wisata tersebut terdapat beberapa objek wisata yang menarik dikunjungi, salah satunya adalah objek wisata alam Bukit Sikunir Dieng, Kawah Sikidang Dieng, Wisata Gardu Pandang Dieng, Batu Ratapan Angin dan berbagai objek wisata lainnya yang sayang untuk dilewatkan.

Selain itu ada beberapa objek wisata menarik lainnya seperti Telaga Dieng yang memiliki keindahan alam yang tiada duanya. Nah, karena itu kamu bisa mencoba beberapa objek wisata yang ada di tempat ini.

Di kawasan Dieng ada beberapa dataran tinggi yang memiliki keindahan yang menawan, kawasan dataran tinggi ini yang termasuk ke dalam 2 kabupaten adalah Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo Jawa Tengah. Dieng adalah kawasan vulkanik yang masih aktif dan juga terdapat gunung api raksasa yang mempunyai beberapa kepundan kawah, hal tersebutlah yang menyebabkan di wilayah Dieng masih terdapat beberapa fenomena alam vulkanis yang menakjubkan.

Berikut ini adalah 5 tempat wisata di daratan dataran tinggi Dieng yang menarik untuk dikunjungi :

Wisata Alam Bukit Sikunir Dieng

wisata menarik bukit sikunir dieng

Bukit Sikunir Dieng

Jika kamu ingin lihat awan dari atas, mungkin tempat ini sangat tepat untuk kamu kunjungi, dimana kamu bisa menikmati keindahan awan yang menggumpal dan matahari terbit. Objek wisata ini sangat jarang sekali sepi dan selalu ramai oleh para pengunjung mancanegara ataupun lokal.

Jika kamu ingin menikmati sunrise waktu terbaik adalah sekitar pada bulan Juli sampai Agustus, di mana di bulan itu adalah musim kemarau sehingga langit akan tampak lebih indah, bersih dan tidak ada hujan.

Namun jika kamu ingin menikmati sunrise atau matahari terbit, kamu harus datang ke pos pengamatan Bukit Sikunir Dieng ini  pada jam 04.00 pagi atau waktu Fajar. Biasanya para wisatawan akan menginap di penginapan  hotel atau homestay yang terdapat di kawasan Dieng Plateau.

Wisata Pendakian Gunung Prau Dieng

wisata menarik gunung prau dieng

Gunung Prau Dieng

Untuk kamu yang hobi mendaki gunung, obyek wisata ini pasti cocok untuk kamu yakni Gunung Prau Dieng. Gunung Prau ini adalah sebuah wisata yang dikhususkan untuk kamu yang sangat hobby mendaki gunung atau pecinta alam.  Mendaki di gunung ini kamu harus menyiapkan fisik dan mental supaya nantinya kamu tidak mengalami kejadian yang tidak diinginkan.

Jalur pendakian bisa ditempuh dari Kendal dan dari kawasan Dieng, puncak Gunung Prau ini memiliki ketinggian 2565 mdpl. Ketinggian tersebut lumayan pendek dibandingkan gunung-gunung lainnya seperti Gunung Sindoro,  Merapi, Sumbing dan lain-lain.

bukit teletubbies dieng

Bukit Teletubbies Dieng

Salah satu spot yang indah pada jalur pendakian Gunung Prau ialah Bukit Teletubbies, dimana bukit ini mempunyai hamparan padang rumput yang sangat hijau.

Wisata Gardu Pandang Dieng

wisata menarik gardu pandang dieng

Gardu Pandang Dieng

Di objek wisata ini kamu bisa menikmati keindahan alam Dieng, di tempat ini kamu bisa melihat matahari terbit atau yang lebih dikenal sunrise. Gardu pandang ini mempunyai ketinggian sekitar 1700 MDPL, dari objek wisata ini kamu bisa melihat pemandangan Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro serta hamparan lahan pertanian.

Wisata Kawah Sikidang Di Dieng

wisata menarik kawang sikidang dieng

Kawah Sikidang Dieng

Wisata Kawah Sikidang ini merupakan salah satu tempat wisata favorit, luas kawah ini kurang lebih sekitar 200 meter. Para pengunjung bisa dengan jelas melihat gumpalan-gumpalan asap yang keluar dari kawah, namun kamu harus berhati-hati karena sama seperti kawah lainnya, di kawah tersebut mengandung kadar belerang yang tinggi.

Wisata Alam Batu Ratapan Angin Di Dieng

wisata menarik batu ratapan angin dieng

Batu Ratapan Angin Dieng

wisata batu ratapan angin dieng

Batu Ratapan Angin Dieng

Terakhir dari 5 tempat wisata di dataran tinggi Dieng yang menarik untuk dikunjungi dan tidak boleh dilewatkan ialah Batu Ratapan Angin. Objek wisata ini merupakan lokasi favorit para pengunjung di wisata Dieng, karena di tempat tersebut kamu bisa melihat Telaga Pengilon dan Telaga Warna dari ketinggian.  Namun kamu harus memiliki tenaga yang ekstra untuk menuju obyek wisata alam Batu Ratapan Angin karena ketinggiannya yang tergolong cukup tinggi.

Nah itulah 5 Tempat Wisata Di Dataran Tinggi Dieng Yang Harus Kamu Kunjungi. Semoga bermanfaat dan selamat berwisata.