Tempat Wisata di Jakarta Selatan Terpopuler

Tempat Wisata di Jakarta Selatan Terpopuler – Jakarta adalah ibukota Indonesia yang dikenal dengan keramaiannya. Namun, bukan berarti kalian tidak bisa menikmati wisata di ibukota. Salah satu tempat di Jakarta yang memiliki banyak wisata adalah Jakarta Selatan. Untuk itu, sangat menarik untuk mengunjungi tempat wisata di Jakarta Selatan.

Lalu, apa saja wisata yang bisa kita kunjungi di sana? Itu tergantung wisata apa yang kalian inginkan. Jika bingung, kalian bisa menjelajahi beberapa pilihan wisata terbaik di sana seperti berikut ini.

Tempat Wisata Di Jakarta Selatan yang Paling Populer

  1. Kebun Binatang Ragunan

tempat wisata di jakarta selatanTempat wisata Jakarta Selatan yang pertama adalah kebun binatang Ragunan. Ini adalah kebun binatang paling terkenal di Jakarta. Itulah kenapa tempat ini selalu ramai pengunjung apalagi pada akhir pekan. Ini juga merupakan kebun binatang tertua di Indonesia.

Banyak sekali jenis hewan yang bisa kalian lihat di sana seperti burung, mamalia, reptile dan lain sebagainya.

Uniknya, meskipun sangat populer, bisa dikatakan Ragunan adalah kebun binatang termurah se-dunia. Bahkan, tiket masuknya lebih murah dari pada kebun binatang di Surabaya dan Bandung yang terkenal dengan murahnya.

 

  1. Taman Anggrek Ragunan

tempat wisata di jakarta selatanMasih di Ragunan, ada taman anggrek yang juga sangat cantik dan perlu kalian kunjungi. Ini merupakan salah satu tempat wisata terbaik di Jakarta Selatan karena keindahannya. Tempat ini adalah tempat budidaya tanaman anggrek dengan luas mencapai 5 hektar.

Sejak pertama kali didirikan tahun 1973, taman ini menjadi wisata yang sangat ramai setiap akhir pekan. Ada setidaknya 5000 spesies tanaman anggrek yang bisa kalian temukan di sini. Selain menikmati indahnya tanaman anggrek, kalian juga bisa belajar mengenai tanaman anggrek seperti cara budidaya anggrek. Ini juga termasuk wisata ibukota dengan tiket yang bersahabat di kantong.

 

  1. Setu Babakan

tempat wisata di jakarta selatanMungkin kalian belum terlalu mengenal wisata yang satu ini. Wisata ini terletak di Srengseng Sawah yang mana merupakan danau buatan dengan luas 30 hektar. Tempat ini juga sering disebut Danau Babakan.

Selain sebagai tempat wisata, danau ini juga digunakan untuk pelestarian budaya asli Betawi. Jadi, kalian bisa melihat ornament-ornamen yang benar-benar asli dari Betawi, kuliner khas Betawi, kesenian khas Betawi, galeri batik dari Betawi, dan lain sebagainya.

Kemudian, ada juga sarana edukasi anak-anak. Kalian juga bisa menikmati wisata air seperti bermain perahu air, memancing ikan, dan lain-lain. Kuliner-kuliner khas Betawi diantaranya adalah arum manis, ketoprak, tahu gejrot, toge goreng, soto Betawi, gado-gado, kerak telor, dll.

 

  1. Museum Satria Mandala

tempat wisata di jakarta selatanJika kalian ingin tempat wisata di Jakarta Selatan yang berkaitan dengan sejarah, maka Museum Satria Mandala bisa menjadi pilihan menarik. Museum ini berada di jl. Gatot Subroto. Ada banyak sekali koleksi senjata perang yang bisa kalian temukan seperti bambu runcing, senapan, meriam, rudal, pesawat tempur, tank, dan lain sebagainya.

Ada juga koleksi diorama dengan cerita uniknya masing-masing serta benda-benda bersejarah seperti mobil yang ada bekas tembakan. Kebanyakan, wisata museum ini dikunjungi oleh sekolah-sekolah dasar atau anak-anak kecil khususnya laki-laki yang memang umumnya menyukai koleksi-koleksi senjata perang seperti itu.

 

  1. Museum Reksa Artha

tempat wisata di jakarta selatanMungkin museum ini tidak sepopuler Museum Satria Mandala. Namun, ini juga merupakan salah satu tempat wisata top di Jakarta Selatan. Meskipun kurang populer, museum ini sangat menarik karena ada sarana pembuat uang jaman dulu yaitu reksa yang artinya menjaga dan artha yang artinya uang.

Lokasinya di Cilandak dan mesin uang koleksinya masih terawat sangat baik, begitu juga mesin yang digunakan mencetak Rupiah untuk pertama kalinya.

Jika penasaran, kalian bisa langsung mengunjungi museum ini di jl. Lebak Bulus nomor 1. Banyak hal yang bisa kalian ketahui dan pelajari di sana.

 

  1. Museum Layang-layang

tempat wisata di jakarta selatanJakarta Selatan memang memiliki beberapa museum. Museum Layang-layang adalah salah satunya. Namun, tidak seperti 2 museum sebelumnya yang dimiliki pemerintah, museum ini dimiliki perorangan. Ukurannya tidak terlalu besar, tapi koleksinya sangat banyak dan tentu saja menarik.

Ada berbagai jenis layangan dari yang kecil, besar, tradisional, layangan olahraga, modifikasi, layangan dari wilayah-wilayah terpencil, layangan luar negeri, hingga layangan juara festival. Ada juga layangan unik yang bisa mengeluarkan suara musik saat diterbangkan karena dipasang alat musik tiup. Bahkan layangan unik tersebut panjangnya mencapai 250 meter. Jika kalian pecinta layangan, maka kalian harus kunjungi lokasinya.

 

  1. Kemang Food Festival

tempat wisata di jakarta selatanJika kalian ingin berburu kuliner, tempat ini adalah surga bagi para pecinta kuliner di ibukota. Lokasinya di jl. Kemang Raya. Sayangnya, tempat ini paling sering membuat kemacetan karena terlalu banyak pengunjung yang antri. Tempat ini buka mulai jam 5 sore sampai tengah malam. Yang pasti, ini adalah salah satu tempat wisata di Jakarta Selatan yang jangan sampai kalian lewatkan.