Tempat Wisata di Jakarta Pusat yang Menarik Untuk Dikunjungi

WisataMenarik.com. Tempat Wisata di Jakarta Pusat yang Wajib Dikunjungi – Jakarta pusat merupakan pusat politik, perekonomian serta macet di Jakarta. Ada banyak sekali pusat perbelanjaan seperti mall di sana. Meskipun terkenal dengan kemacetannya, namun Jakarta Pusat juga memiliki banyak obyek wisata menarik. Untuk itu, sangat menyenangkan untuk bisa mengunjungi tempat wisata di Jakarta Pusat. Namun, apa saja yang bisa kalian kunjungi di sana? Berikut adalah beberapa tempat wisata yang membuat Jakarta Pusat menjadi tujuan menarik banyak wisatawan lokal maupun mancanegara.

Tempat Wisata Di Jakarta Pusat

  1. Monumen Nasional

tempat wisata di jakarta pusatMonumen Nasional atau lebih dikenal dengan sebutan Monas merupakan ikon kota Jakarta serta sebagai salah satu tempat rekreasi paling populer di Jakarta Pusat. Monas merupakan tugu yang tingginya lebih dari 130 meter yang memiliki lidah api yang terbuat dari emas di ujungnya. Lokasinya ada di Lapangan Medan Merdeka di Jakarta Pusat. Ada berbagai aktifitas yang bisa kalian lakukan di sini seperti menikmati pemandangan di puncak Monas, melihat relief-relief sejarah Indonesia, mengunjungi museum diorama, dan berpiknik ataupun bersepeda di area sekitarnya. Di acara-acara besar seperti tahun baru, Monas selalu menjadi tempat terbaik untuk merayakannya.

 

  1. Gereja Katedral

tempat wisata di jakarta pusat

Gereja Katedral atau gereja Santa Maria Di Angkat ke Surga ini merupakan salah satu gereja katolik yang cukup menarik untuk dikunjungi. Gereja ini berlokasi di jl. Katedral nomor 7B. Gereja yang diresmikan pada tahun 1910 dengan desain bergaya Eropa ini bisa dikunjungi oleh siapa saja termasuk wisatawan, rombongan sekolahan, dan lain-lain. Gereja ini terawat dengan sangat baik sehingga selalu bersih dan asri. Ada museum di dalamnya yang disebut Museum Katedral. Terdapat orgel pipa klasik dengan 15 register dan 1000 pipa, piala dan kasula dari Paus Yohanes Paulus II dan juga ada relikui orang-orang kudus (santo/santa), dan masih banyak lainnya. Museum ini dinobatkan sebagai museum terbaik yang pernah ada di Jakarta sebagai kategori cagar budaya Indonesia. Yang pasti, Gereja Katedral termasuk salah satu tujuan tempat wisata di Jakarta Pusat yang paling menarik untuk semua orang. (img src: id.wikipedia.org)

 

 

  1. Pasar Baru

Tempat Wisata Di Jakarta PusatMeskipun diberi nama Pasar Baru, pasar ini sudah ada sejak 1820. Pasar Baru adalah salah satu pusat perbelanjaan tertua di Jakarta. Tak heran jika banyak sekali wisatawan baik mancanegara maupun dalam negeri yang berburu oleh-oleh di tempat ini. Toko-toko yang ada di Pasar Baru memiliki bangunan ala Eropa serta China. Barang-barang yang diperjualbelikan antara lain seperti perlengkapan salon, batik, jam tangan, kacamata, kain, peralatan olahraga, sepatu, pakaian, jasa penjahitan dan masih banyak lainnya. Pilihan yang sangat banyak dan harganya yang tergolong murah benar-benar memanjakan para wisatawan yang suka berbelanja.

 

  1. Museum Nasional (Museum Gajah)

Tempat Wisata Di Jakarta PusatMuseum Nasional atau yang sering juga disebut Museum Gajah karena memiliki ikon patung gajah ini adalah museum yang terletak di Jl. Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Patung gajah yang menjadi ikon ini terbuat dari perunggu dan merupakan pemberian Raja Thailand. Diletakkan di depan museum, patung gajah ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Sebagai salah satu tempat wisata di Jakarta Barat, museum ini menawarkan kultur, edukasi dan juga rekreasi. Koleksi yang ada di museum ini ada banyak sekali termasuk peninggalan sejarah seperti tengkorak manusia purba, wayang kulit, perhiasan kuno, alat musik tradisional, patung, tekstil, barang-barang perunggu, keramik, prasasti, dan masih banyak lagi. Koleksinya berjumlah lebih dari 140 ribu barang.

 

  1. Masjid Istiqlal

Tempat Wisata Di Jakarta PusatSiapa yang tak tahu Masjid Istiqlal? Masjid terbesar di Asia Tenggara ini lokasinya di Jakarta Pusat dan merupakan wisata religi khususnya bagi umat yang beragama Islam. Masjid ini bisa menampung lebih dari 2 ribu jamaah. Salah satu ciri dari masjid ini adalah menara yang tingginya mencapai 90 meter serta kubah yang lebarnya 45 meter. Bukan hanya wisatawan lokal, banyak sekali wisatawan mancanegara yang berdatangan untuk beribadah atau sekedar ingin tahu tentang masjid terbesar Asia Tenggara ini. Presiden Indonesia juga sering mengikuti kegiatan keagamaan di masjid ini. Selain sebagai tempat wisata religi di Jakarta Pusat, yang pasti Masjid Istiqlal merupakan salah satu kebanggaan Indonesia dan umat Islam di seluruh dunia.

 

  1. Museum Sumpah Pemuda

Tempat Wisata Di Jakarta PusatSelanjutnya adalah Museum Sumpah Pemuda yang alamatnya ada di jl. Kramat Raya no 106. Museum ini memiliki berbagai macam koleksi benda serta foto yang ada kaitannya dengan Sumpah Pemuda, salah satu peristiwa paling bersejarah bagi bangsa Indonesia pada tahun 1928. Jumlah koleksi yang ada di museum ini kurang lebih sekitar 3.000 barang. Jika kalian penasaran dengan bukti-bukti sejarah Indonesia khususnya Sumpah Pemuda, maka silahkan saja kunjungi museum ini. Dengan ribuan koleksinya, museum ini sangat pas untuk wisata sejarah di Jakarta Barat.

 

  1. Taman Ismail Marzuki

Tempat Wisata Di Jakarta PusatTaman ini merupakan wadah seni & budaya yang ada di Jakarta. Lokasinya ada di jl. Cikini Raya. Taman ini memiliki berbagai fasilitas seperti 6 teater modern, bioskop, galeri, gedung arsip, serta balai pameran. Ada juga Planetarium di tempat ini sebagai wisata pendidikan yang berhubungan dengan planet dan benda-benda di luar angkasa. Kemudian, ada juga Kesenian Jakarta sebagai sekolah seni. Berbagai acara pentas seni bisa kalian lihat di sini seperti film, lukisan, musik, tari, drama, puisi, dan wayang. Yang pasti, Taman Ismail Marzuki merupakan salah satu tempat wisata di Jakarta Pusat yang wajib dikunjungi.