Tempat Wisata di Jakarta Barat yang Tak Boleh Terlewatkan

WisataMenarik.com– Tempat Wisata di Jakarta Barat yang Tak Boleh Terlewatkan – Di Jakarta Barat ada beberapa tempat wisata yang menarik yang walaupun sebagian besar wilayahnya adalah pemukiman penduduk. Di sana juga terkenal dengan bangunan-bangunan dari peninggalan penjajahan Belanda. Meskipun begitu, kalian masih bisa menikmati tempat wisata di Jakarta Barat. Yang pasti, kalian tidak boleh melewatkannya karena inilah sisi-sisi menarik dari Jakarta Barat. Lalu, apa saja tempat-tempat wisata tersebut? Ada banyak sekali yang bisa kalian kunjungi. Di antaranya yang paling direkomendasikan adalah sebagai berikut.

Tempat Wisata di Jakarta Barat

  1. Chinatown (Glodok)

tempat wisata di jakarta baratTempat wisata di Jakarta Barat salah satunya adalah Chinatown. Di sini, kalian dapat melihat berbagai bangunan dengan arsitektur China bahkan suasana China. Tempat ini terkenal dengan wisata kulinernya. Selain itu, wisata belanja juga sangat ramai diminati wisatawan untuk berkunjung ke sini. Makanan yang tersedia dijual di toko-toko hingga gerobak, dari yang lezat hingga yang murah meriah. Namun harus hati-hati, banyak makanan yang mengandung babi. Kemudian, ada barang-barang bagus dengan kualitas murah yang bisa kalian beli di tempat ini seperti alat jahit, minuman, makanan, pernak-pernik, sayuran, DVD, barang elektronik, dll. Yang lebih unik lagi, para pedagang kebanyakan menggunakan sempoa untuk menghitung.

 

  1. Kota Tua Batavia

tempat wisata di jakarta baratAda banyak kota tua di Indonesia. Salah satunya adalah kota tua Batavia, yang merupakan peninggalan sejarah zaman dulu. Di abad 16, tempat ini merupakan tempat perdagangan Asia. Suasana di sini sangat menarik karena banyak peninggalan Belanda yang terbilang masih asli seperti sepeda onthel. Kalian bisa menyewanya atau sekedar berfoto-foto. Di akhir pekan, tempat ini sangat ramai dikunjungi wisatawan baik dalam negeri maupun mancanegara. Jadi, jika kalian ingin suasana yang lebih sepi, sebaiknya hindari berkunjung di akhir pekan. Banyak juga pedagang kali lima yang siap memanjakan makanan untuk para pengunjung.

 

  1. Museum Fatahillah (Museum Sejarah Jakarta)

tempat wisata di jakarta baratSebagai salah satu museum paling terkenal dan paling besar di Jakarta, Museum Fatahillah termasuk salah satu obyek wisata di Jakarta Barat paling tepat untuk kalian. Banyak sekali koleksi yang ada di dalam museum ini seperti patung, meriam, benda kebudayaan Betawi, prasasti, keramik, mebel antik, barang arkeologi, dan lain sebagainya. Ada banyak juga fasilitas yang tersedia seperti taman, ruang pertemuan, musholla, sinema, toko souvenir, kantin, dan juga perpustakaan. Untuk menghindari macet di jalan sekitar karena lalu lintas orang yang bekerja, sebaiknya berkunjung di akhir pekan.

 

  1. Jembatan Kota Intan

tempat wisata di jakarta baratTahukah kalian, apa jembatan satu-satunya peninggalan Belanda? Jawabannya adalah Jembatan Kota Intan. Itulah kenapa jembatan ini termasuk salah satu tempat wisata di Jakarta Barat yang wajib kalian kunjungi. Jembatan ini terbuat dari kayu dan besi. Dengan desain yang unik, jembatan ini sangat cocok untuk kalian yang suka berburu foto hits. Meskipun tidak sepopuler tempat wisata lainnya, jembatan ini menjadi saksi zaman penjajahan Belanda. Jadi, tak ada salahnya jika kalian menyempatkan waktu untuk berkunjung di tempat unik ini.

 

  1. Gereja Sion (Gereja Portugis)

tempat wisata di jakarta baratGereja yang dikenal dengan nama Gereja Poertugis ini aslinya bernama Gereja Sion. Sebagai gereja kuno, gereja ini juga masuk sebagai salah satu tempat obyek wisata di Jakarta Barat. Bangunannya megah dengan arsitektur kuno. Berlokasi di jl. Pangeran Jayakarta, gereja ini memiliki kapasitas lebih dari 1000 orang. Uniknya, gereja ini adalah bangunan tertua di Jakarta yang masih digunakan sampai sekarang. Bangunan-bangunan lain yang lebih tua kebanyakan sudah dialih fungsikan. Tertarik dengan gereja tertua di Indonesia ini? Jangan lupa mampir saat berkunjung ke Jakarta Barat.

 

  1. Masjid An-Nawier

tempat wisata di jakarta baratBeralih ke masjid, ada satu masjid yang juga termasuk tempat wisata yang populer di daerah Jakarta Barat, yaitu Masjid An-Nawier. Masjid ini dibangun pada tahun 1760 yang termasuk wisata sejarah dan religi karena memang banyak sekali cerita sejarah dan agama pada masjid ini. Faktanya, Masjid An-Nawier dulunya merupakan pusat penyebaran agama Islam. Bentuknya unik karena berpadu dengan budaya asing. Salah satu ciri paling menarik dari masjid ini adalah tidak adanya kubah masjid seperti masjid yang ada di Indonesia pada umumnya. Kapasitasnya juga sangat banyak, bisa menampung tak kurang dari 2000 orang. Selain untuk beribadah, banyak orang berkunjung sekedar ingin tahu sejarahnya atau hanya berfoto sebentar.

 

  1. Museum Wayang

tempat wisata di jakarta baratJika kalian adalah seorang budayawan atau pecinta wayang, tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi. Alamatnya ada di jl. Pintu Besar Utara no 27, Jakarta Barat. Berbagai koleksi wayang yang jumlahnya kurang lebih 6000 wayang bisa kalian temukan di museum ini. ada wayang mainan, topeng, wayang klitik, wayang kulit dan wayang golek. Koleksinya berasal dari wilayah-wilayah yang berbeda di seluruh Indonesia. Tak heran ini disebut sebagai tempat wisata di Jakarta Barat yang nilai kebudayaannya sangat tinggi.